Internet

12 Pantai Terindah di Maluku, Pesona Wisata Indonesia Timur yang Menakjubkan

Pantai Terindah di Maluku – Meski belum terlalu, tetapi keindahan pantai-pantai di Maluku juga tidak kalah bagusnya dibanding pantai-pantai di Bali. Pantai-pantai di Maluku ini masih asri dan elok dengan nuansa alamnya yang masih bersih.

Belum banyak juga orang yang belum mengetahui surga kecil ini karena lokasinya yang mungkin tidak terlalu familiar. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengunjungi pantai terindah di Maluku ini, simak penjelasan berikut ini!

Daftar Pantai Terindah di Maluku yang Wajib Anda Kunjungi

1. Pantai Liang/Hunimua

pantai terindah di maluku - pantai liang

Pantai Liang/Hunimua adalah pantai terindah di Maluku yang merupakan salah satu wisata yang wajib dikunjungi. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih dan air laut yang benar-benar jernih.

Pantai Liang ini sebenarnya memiliki nama Pantai Hanimua. Penamaan Pantai Liang ini mungkin karena Hanimua bertempat di Desa Liang, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah sehingga lebih terkenal dengan Pantai Liang.

Anda bisa menikmati pemandangan yang mengesankan, Anda bisa melihat laut sembari menatap pulau-pulau di seberang sana. Bahkan, keindahan pantai ini pernah dinobatkan sebagai ‘pantai terindah’ oleh PBB pada tahun 1991.

2. Pantai Ora

Pantai Terindah di Maluku - Pantai Ora
Pantai Terindah di Maluku – Pantai Ora via Spotourism.id

Pantai ini menawarkan laut yang begitu jernih dan biru terang sehingga membuat pantai ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Kalau Anda ke sana, akan ada banyak penginapan yang bisa Anda temui di tepian pantai. Di sini, wisatawan benar-benar akan dimanjakan oleh fasilitas dan pesona alamnya.

3. Pantai Jikumerasa

pantai terindah di maluku - pantai jikumerasa
Pantai jikumerasa via Sportourism.id

Dekat dengan Pantai Liang, ada Pantai Jikumerasa yang berlokasi di Desa Jikumerasa, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru.

Loading...

Pantai ini juga merupakan salah satu primadona bagi orang-orang sekitar. Pesona alam di Pantai Jikumerasa ini membuatnya terlihat seperti lukisan saja.

Apalagi kalau Anda bersantai hingga senja hari, Anda bisa melihat sunset yang begitu menawan. Bukit-bukit kecil yang mengelilingi daerah pantai akan terlihat seperti siluet yang sangat indah.

4. Pantai Pasir Panjang/Ngurbloat

pantai terindah di maluku - pantai ngurbloat
Pantai ngurbloat via Pegipegi.com

Ingin mendapat pengalaman traveling yang mengesankan? Cobalah ke pantai tercantik di Maluku yang bernama Pantai Ngurbloat ini.

Pantai Ngurbloat atau Pantai Pasir Panjang mempunyai garis pantai yakni sekitar 5 kilometer. Wajar jika akhirnya banyak orang yang menyebutnya dengan Pantai Pasir Panjang. Bahkan, National Geographic memberi julukan pantai ini sebagai pantai terluas di Asia. Gokil!

Dengan keindahannya, pantai ini memiliki pasir putih yang amat lembut dan air laut yang biru jernih dengan gelombang yang cukup tenang. Banyak juga pohon kelapa di sekeliling pantai yang membuat pemandangan semakin sempurna.

Bagi yang ingin singgah ke sini, Anda bisa mengunjunginya di Desa Ngilngof, bagian barat Pulau Kei.

5. Pantai Pintu Kota

pantai terindah di maluku - pantai pintu kota
Pantai Pintu Kota via Jaringan Kota Pusaka Indonesia

Ciri khas dari pantai ini karena adanya tebing yang menjorok ke aah laut. Di tengah tebing, ada lubang besar yang bentuknya mirip sebuah gerbang. Dari sinilah mungkin akhirnya nama pantai ini muncul sebagai Pantai Pintu Kota.

Pantai Pintu Kota mempunyai pasir putih kecoklatan, dilengkapi dengan batu karang dan batu-batuan. Air lautnya juga jernih da nada beberapa spot yang cocok untuk menyelam atau snorkeling. Lokasi pantai ini berada di Dusun Airlow, Kecamatan Nusaniwe.

6. Pantai Natsepa

pantai terindah di maluku - pantai natsepa
Pantai Natsepa via PiknikAsik

Sebelum sampai ke Pantai Natsepa, Anda sebagai pengunjung akan disambut hangat oleh rerimbunan pohon yang rindang di sepanjang pesisir pantai. Pasirnya bersih dan air lautnya juga jernih, membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini.

Pengelola Pantai Natsepa juga menyediakan perahu untuk pengunjung yang ingin memancing ke laut dan berkeliling menikmati pesona pantai tercantik di Maluku ini. Anda bisa bersantai-santai sambil menikmati nuansa indah di pantai ini.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Ambon yakni sekitar 18 Km saja, tepatnya di Desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah.

7. Pantai Sopapei

pantai terindah di maluku - pantai sopapei
Pantai Sopapei via IndonesiaKaya.com

Pantai Sopapei Pantai Sopapei adalah pantai yang terletak di Desa Suli Bawah dan jaraknya dekat dengan Pantai Natsepa.

Lokasi pantai ini tak jauh dari Pantai Natsepa, berada di Desa Suli Bawah. Di Pantai Sopapei ini, Anda bisa menikmati pasir putih dengan air laut yang begitu jernih. Selain itu, garis pantai ini juga cukup panjang membentang dari ujung ke ujung.

Banyak warga sekitar yang menggunakan pantai ini untuk berlibur, memancing dan berenang karena gelombang ombaknya cukup tenang. Pantai Sopapei ini juga disebut dengan Pantai Suli oleh warga setempat.

8. Pantai Ngurtafur

pantai terindah di maluku - pantai ngurtafur
Pantai Ngurtafur via Backpacker Jakarta

Sungguh, di pantai ini Anda akan disuguhkan pasir putih yang sangat bersih memanjang ke arah maritim sepanjang 2 kilometer dan lebar 7 meter.

Anda bisa menikmati daratan yang sangat bersahabat dengan laut biru yang jernih.

9. Pantai Namalatu

pantai terindah di maluku - pantai namalutu
Pantai Namalutu via Banten.co

Nama dari Numalatu sendiri mungkin berasal dari dua suku kata ‘Nama’ yang artinya nama dan ‘Latu’ yang artinya Raja. Keren ya?

Pantai ini memiliki pecahan kecil batu karang yang warnanya putih dan batu karang yang membuat pantai ini semakin cantik saja.

Warna air lautnya juga memiliki gradasi yang cukup unik dari putih transparan, hijau mudah sampai biru yang menghasilkan keelokan tersendiri bagi setiap jiwa yang memandang.

Pantai Namlatu ini berlokasi di Desa Latuhalat, 14 km jarak tempuhnya dari pusat Kota Ambon ke arah Utara. Kalau Anda sudah di Pantai Namlatu, cobalah nikmati sensasi alam di pantai ini sembari menikmati hamparan angina sepoi dari Laut Banda.

10. Pantai Santai

pantai terindah di maluku - pantai santai
Pantai Santai via Indonesia-tourism.com

Seperti namanya, pantai ini dipercaya sebagai tempat yang pas untuk melepas penat, lelah dan bersantai ria. Anda bisa datang ke Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon, Maluku untuk menikmati pesona pantai ini.

Pantai Santai juga mempunyai ciri khas dengan pasir putih kecoklatan, air laut yang jernih dan cukup dangkal. Ada juga spot indah untuk diving dan snorkeling bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan bawah air.

Pengelola Pantai Santai menyediakan operator diving yang siap melayani pengunjung. Karena guide penyelam tidak selalu siap sedia setiap saat, maka bagi Anda yang ingin melakukan diving atau snorkeling disarankan untuk membuat janji dengan sang operator beberapa hari sebelum Anda melakukan kegiatan diving ataupun Snorkeling.

11. Pantai Nanseri

pantai terindah di maluku - pantai nanseri
Pantai Nanseri via Latuheru

Pantai terindah di Maluku yang satu ini memiliki pasir putih kecoklatan yang amat menawan. Pantai Nanseri juga dikelilingi batu karang di tepiannya yang membuat suasana alam semakin terasa.

Anda juga bisa menikmati pesona terumbu karang berwarna-warni di dalam laut, berenang, memancing atau hanya sekadar duduk manis menikmati pepohonan kelapa yang ada di sepesisir pantai.

Kalau Anda ingin mampir, Anda bisa mengunjungi pantai ini di Desa Kilang, Provinsi Maluku.

12. Pantai Desa Hukurila

pantai terindah di maluku - pantai hukurila
Pantai Hukurila via Paemrisleunufna02.worpress.com

Pantai Hukurila atau Pantai Desa Hukurila berada di Desa Hukurila, 15 Km ke arah selatan dari pusat Kota Ambon, Maluku.

Pantai ini terkenal karena keindahan alam dan panorama bawah laut yang begitu menakjubkan. Goa bawah laut menjadi hunian bagi satwa air seperti ikan-ikan kecil, kelinci laut, kuda laut dan makhluk air lainnya.

Untuk terumbu karangnya sendiri, Anda bisa menyaksikan kondisinya masih terjaga dengan sangat baik. Hal ini tentu saja sangat cocok untuk wisatawan yang suka diving atau snorkeling.

Sementara itu, Pantai Hukurila juga menyuguhkan pasir hitam keabu-abuan yang dikelilingi oleh batu karang di sekitarnya. Berhubung pantai indah ini berhadapan langsung dengan Laut Banda timur, Anda jadi bisa menikmati pemandangan sunrise di pagi hari.

Baca juga :

Terlepas dari jaraknya yang cukup jauh dari Pulau Jawa, nyatanya masih banyak surga yang tersembunyi di Indonesia bagian timur. Pesona wisata yang masih belum banyak diketahui itu seperti pulau, pantai, kuliner dan wisata alam lainnya.

Sekiranya, beberapa pantai terindah di Maluku tadi bisa memberikan wawasan yang lebih luas kepada Anda mengenai potensi wisata alam yang ada di Indonesia.

Kalau Anda berkunjung ke salah satu pantai di atas, saran kami yaitu untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak ekosistem yang ada.

Happy travelling!



Loading...

Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

One Comment

  1. indonesia timur emang gak ada habisnya kalau masalah destinasi wisata..
    Pantai Ngurtafur keren banget… bisa dibilang pantai unik juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *