Internet

Pantai Tiga Warna, Pantai Cantik yang Menggunakan Sistem Reservasi

Kabupaten Malang adalah kabupaten terluas yang ada di Provinsi Jawa Timur. Ada banyak tempat wisata alam yang terdapat disini, mulai dari gunung, pantai dan air terjun. Salah satu pantai yang paling menarik yaitu Pantai Tiga Warna, pantai yang terkenal di kalangan para traveller.

Terdengar aneh jika ketika kita ingin ke suatu pantai, namun kita harus booking atau reservasi terlebih dahulu. Namun, itulah yang terjadi pada pantai tiga warna, hal ini dianggap semakin menarik untuk dieksplorasi oleh para traveller. Pengelola membatasi pengunjung maksimal 100 orangg dalam sehari.

Sebelum masuk ke wilayah pantai, maka pengunung harus membuat perjanjian dengan membawa kembali sampah atau bungkus makanan yang tadinya dibawa ke pantai. Pantai tiga warna termasuk di wilayah konservasi dan dijadikan tempat reksreasi dan wisata, bukan hanya untuk mencari keuntungan, namun dimanfaatkan untuk edukasi.

Pantai yang diberi nama tiga warna ini karena pantai ini mempunyai 3 warna yang berbeda sesuai dengan kedalaman air lautnya. Kebanyakan pengunjung melihat hanya dua warna saja, namun jika anda beruntung maka anda bisa melihat 3 perbedaan warna dengan mata telanjang yakin wana merah, hijau dan biru.

Pantai Tiga Warna, Wisata Pantai Tiga Warna, Tempat Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna via Instagram @patmorita626

Fasilitas yang Ada di Pantai Tiga Warna

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola sudah dirasa cukup memadahi. Sama seperti fasilitas yang ada di pantai pada umumnya. Pantai ini menyediakan seperti area parkir yang luas, fasilitas kamar mandi, toilet dan kamar ganti yang dibangun cukup baik. Jika anda hobi berkemah, anda juga bisa berkemah di area camping ground.

Apabila anda menyukai kegiatan snorkling, anda bisa juga snorkling di sekitar pantai, jika anda tidak membawa alat snorkling anda, atau tidak mempunyai alat snorkling, maka disekitar pantai akan anda temui banyak penyewaan alat snorkling serta berbagai penunjang wisata yang lainnya, sehingga anda akan merasa nyaman.

Keindahan Pantai Tiga Warna

Pantai yang berlokasi di Desa Tambak Rejo, wilayah konservasi Sendang Biru, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pihak pengelola yang menjaga ketat pantai ini, menjadikan pantai ini benar-benar terjaga kelestariannya dan masih benar-benar asri dengan tidak adanya sampah disekitar kawasan ini.

Pantai Tiga Warna, Wisata Pantai Tiga Warna, Keindahan Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna via Instagram @huda2333

Pasir putih yang lembut, air laut yang benar-benar jernih, terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya dan dikelilingi oleh hutan lindung. Dengan garis pantainya yang panjang, membuat pantai ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai atau sekedar bermain air

Baca Juga : Teluk Bidadari, Keindahan Kolam Air Alami yang Unik di Malang Selatan

Hunting Foto di Pantai Tiga Warna

Pantai yang indah, cocok dijadikan latar belakang foto anda. Anda jangan lupa untuk membawa perlengkapan fotografi, agar tidak terlewatkan momen indah ketika berada di kawasan ini. Bagi anda yang ingin berfoto di bawah air, anda tinggal membawa kamera anti air

. Pasti anda akan menyukai foto ketika berada di bawah air

Pantai Tiga Warna, Wisata Pantai Tiga Warna, Tempat Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna via Instagram @dindatrisakti

Akses Jalan Menuju Pantai Tiga Warna

Jika anda perjalanan dari Kota Malang, perjalanan bisa memakan waktu urang lebih 2 jam setengah. Ada dua pilihan rute menuju Pantai Tiga Warna, yang paling sering digunakan adalah rute menuju pantai goa cina. Pertama, dari Kota Malang, anda harus menuju daerah Gadang. Ikuti arah menuju ke Pantai Sendang Biru.

Setelah anda berjalan kurang lebih 2 jam, anda akan menemukan pesimpangan menuju Pantai Goa Cina atau Pantai Sendang Biru. Lalu anda ambil jalur menuju Pantai Goa Cina, kemudian lurus saja sekitar 2 kilometer sampai menemukan persimpangan jalan.

Ambil arah kiri menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Lalu anda akan masuk ke sebuah perkampungan warna dan ambil jalur menuju Pantai Clungup Mangrove Conversation. Letaknya adalah sebelum bank BRI.

Rute untuk menuju Pantai Tiga Warna masih belum selesai. Dari daerah pintu gerbang clungup mangsorve conversation, anda akan melihat pintu masuk menuju Pantai Tiga Warna. Agar sampai ke pintu gerbang Panti Tiga Warna, anda harus berjalan melalui kawasan hutan mangrove dan Pantai Clungup terlebih dahulu.

Apabila anda menggunakan sepeda motor, anda bisa saja melalui jalan sempit tersebut. Namun, jika anda menggunakan mobil, maka anda harus parkir sekitar 1 kilometer jauhnya sebelum anda masuk ke hutan mangrove. Nanti anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Tiga Warna

Biaya masuk Pantai Tiga Warna dikenakan tarif Rp. 300.000,- per rombongannya dengan perincian Rp. 100.000,- untuk menyewa guide, Rp. 150.000,- untuk sewa lahan dan tenda, dan Rp. 50.000,- untuk tiket masuk 10 orang.

Disini anda harus menjaga kebersihan, jika anda meninggalkan sampah aka anda akan dikenaan denda per item sampahnya. Untuk jam buka Pantai Tiga Warna adalah 24 jam penuh, namun anda harus tetap reservasi terlebih dahulu

Tips Berlibur di Pantai Tiga Warna

  • Kenakan pakaian tipis dan menyerap keringat, karena pada siang hari suhu sekitar pantai akan sangat panas
  • Bawalah kamera anti air
  • Memakai alas kaki yang nyaman, karena anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 45 menit
  • Bawalah topi, kacamata hitam agar tidak terkena terik matahari
  • Mamakai sunblok agar kulit anda terlindungi dari jahatnya sinar matahari
  • Membawa makanan secukupnya saja, karena disekitar pantai banyak warung kecil yang menjual makanan.

Demikianlah artikel singkat mengenai Pantai Tiga Warna. Disini anda harus menjaga kebersihan dan jangan sampai merusak fasilitas yang sudah ada di pantai tersebut. Anda dapat menerapkan beberapa tips diatas agar liburan terasa nyaman.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close