Ulasan Bisnis

Pebisnis Pemula Harus Hindari Kesalahan Ini

Ada beberapa kesalahan yang sering diabaikan oleh pebisnis pemula yaitu “Ingin Cepat”. Karena dengan adanya keinginan cepat, biasanya kita akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Pebisnis pemula yang ingin cepat rekrut karyawan

Karena merasa diri pengusaha, kita biasanya ingin cepat mempunyai karyawan. Bisnis baru buka, sudah ingin memberi tugas atau punya bawahan yang untuk diperintah. Menggaji karyawan dan mensejahterakan karyawan. Begitu kira-kira dalihnya. Tapi sayang, Ini bisa jadi blunder terbesar dalam bisnis.

Baca : Cara Merekrut Karyawan Yang Tepat Dan Bagus

Dimana letak kesalahannya?

  1. Bisnis itu masalah pemikiran pemilik bisnis itu sendiri, Jika owner atau pemiliknya belum tau seluk beluk bisnis di lapangan dan langsung mempekerjakan karyawan, kita akan mudah dibohongi karyawan.
  2. Bisnis masih baru buka, otomatis kondisi bisnis belum stabil. Cash Flownya belum jelas, penjualan pun belum jelas. Jadi darimana kita mau gaji karyawan?. Sedang yang namanya gaji adalah hal yang pasti.

Solusinya : saat pertama buka bisnis, mau tidak mau kita harus terjun langsung dalam bisnis tersebut. Jika perlu kita terjun langsung ke lapangan. Bisnis kuliner misalnya. Saat pertama buka kita harus terjun langsung. Bahkan urusan kurir bisa kita tangani sendiri.

Hal itu bertujuan agar kita paham dan tau betul seluk beluk bisnisnya kita itu bagaimana. Sehingga ketika nanti akan melakukan sistemasi akan mudah, karena sudah pernah merasakan.

Saran untuk pebisnis pemula, Hilangkan rasa malu dan gengsi. Jangan pernah gengsi untuk terjun langsung ke bisnis sendiri. ingat! diawal bisnis Anda adalah karyawan terbaik dalam bisnis Anda.

Pebisnis pemula yang ingin langsung sistemasi

Kalau bisnis baru buka, misalnya buka baru 2 bulan dan ingin untuk sistemasi. Sistemasi adalah bisnis berjalan sendiri dengan tidak tergantung pada pemilik bisnis itu sendiri.

Loading...

Bisa dipastikan bisnis yang baru buka 2 bulan, omset dan cashflow belum stabil. Kalaupun ada, mungkin sedikit sekali, mungkin bisa ngaku-ngaku stabil. Alhasil, saat bari buka bisnis, kita masi cari pola, belum saatnya kita melakukan sistemasi. karena itu sama saja kita sistemasi kegagalan.

Pebisnis pemula yang ingin langsung buka cabang

Ini yang sering terjadi. Merasa bisnisnya sudah sukses membuka satu outlet yang dimilikinya, seringkali Pebisnis pemula terburu-buru untuk buka cabang baru. Sekali napas bagus, dan membawa citra bisnisnya. Seolah-olah sudah berkembang bisnis yang dijalaninya.

Speed is killing. Endurance is something.

Kecepatan itu membunuh, daya tahan atau kesabaran adalah segalanya. Ingat, segala sesuatu yang diraih dengan cepat, akan berakhir dengan cepat. Mungkin luarnya terlihat besar, namun dalamnya keropos. hati-hati!

Baca juga : 4 Sosok Penghancur Bisnis Anda, Waspadalah!

Demikianlah pantangan bagi pengusaha pemula dalam menjalani bisnis yang baru buka. Semoga bermanfaat dan Salam sukses!!



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

One Comment

  1. Bisnis tuh yang susah tekadnya . hahahaha bismillah dah kang .. tak coba hahah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button