Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Pecinta Lingkungan

Green Jobs: 9 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Pecinta Lingkungan

Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Pecinta Lingkungan – Daftar pekerjaan impian bergaji tinggi bagi para pecinta lingkungan dengan keahlian dan latar belakang pendidikan berbeda.

Pilihan karir tepat bagi yang ingin menyelamatkan planet bumi sekaligus mencari nafkah saat melakukannya

Pekerjaan ini umumnya diperkirakan akan naik antara 6 sampai 12 persen. Bahkan bisa lebih dari itu akibat fenomena global warming yang mempengaruhi bumi. Artinya, ada banyak peluang kerja bagi para pecinta lingkungan.

Dilansir dari thebalance.com, inilah 9 pekerjaan impian bergaji tinggi untuk orang-orang yang ingin menyelamatkan lingkungan:

Baca juga5 Jenis Pilihan Pekerjaan Bergaji Besar untuk Kaum Wanita

9 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Pecinta Lingkungan

Indonesia butuh banyak tenaga ahli di bidang green jobs untuk menyelamatkan lingkungan alam Indonesia.

1. Petani Urban (Urban Farmer)

Gaya hidup ramah lingkungan (green living) makin populer di perkotaan. Banyak orang kota yang ingin bercocok tanam di lahan mereka sendiri, tapi terkendala masalah tempat. Di sinilah peran petani urban dibutuhkan.

Petani urban membantu orang kota memanfaatkan lahan yang ada semaksimal mungkin untuk bisa digunakan bercocok tanam. Seperti di lahan tak terpakai, halaman belakang, atap rumah, atau balkon apartemen.

Loading...

Mungkin anda sudah tahu tentang vertical garden atau kebun hidroponik di halaman rumah? Beberapa proyek apartemen dan kondominium bahkan mempekerjakan petani urban untuk menarik pembeli potensial.

Akan lebih mudah mendapat pekerjaan formal atau mendapat tawaran proyek jika petani urban memiliki setidaknya gelar sarjana di bidang pertanian.

2. Perencana Perkotaan (Urban Planner)

Perencana Perkotaan memiliki peran penting di kota-kota dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi. Mereka bekerja di bidang tata kota, meyusun rencana penggunaan lahan untuk perumahan, ruang hijau, perkantoran, dll.

Mayoritas tenaga ahli Perencana Perkotaan bekerja untuk pemerintah daerah. Untuk itu, tingkat pendidikan minimal yang dibutuhkan adalah gelar master.

3. Ilmuwan lingkungan (Environmental Scientist)

Ilmuwan Lingkungan bekerja untuk instansi pemerintah, perusahaan konsultan, atau perusahaan swasta.

Ilmuwan Lingkungan menggunakan pengetahuan tentang ilmu alam untuk memberi informasi kebijakan yang bertujuan melindungi manusia, hewan, dan lingkungan.

Gelar sarjana dibutuhkan untuk profesi ini. Ilmuwan Lingkungan bekerja di ruang kantor dan laboratorium, tapi sering kali harus ke lapangan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

4. Insinyur Lingkungan (Environmental Engineer)

Insinyur Lingkungan merupakan salah satu pekerjaan bergaji tinggi untuk pecinta lingkungan. Bekerja pada proyek pengurangan polusi udara dan air, program daur ulang, atau kebijakan kesehatan masyarakat.

Dalam upayanya melindungi lingkungan, Insinyur Lingkungan memberi saran kepada pemerintah dan perusahaan swasta tentang cara terbaik untuk meminimalkan dampak lingkungan dari proyek-proyek mereka.

Tingkat pendidikan minimal yang dibutuhkan untuk jadi Insinyur Lingkungan adalah gelar sarjana.

5. Ilmuwan Konservasi (Conservation Scientist)

Ilmuwan Konservasi bekerja dengan pemerintah dan pemilik tanah untuk meningkatkan pemanfaatan lahan tanpa menimbulkan dampak buruk terhadap tanah dan air.

Ilmuwan Konservasi mengumpulkan dan menganalisis data untuk membantu mengelola taman dan hutan sehingga bisa melindungi lingkungan.

Biasanya, anda butuh gelar sarjana di bidang terkait untuk bisa bekerja sebagai ilmuwan konservasi.

6. Ahli Hidrologi (Hydrologist)

Ahli hidrologi bisa bekerja untuk instansi pemerintah atau perusahaan swasta. Mereka bertugas mempelajari ketersediaan dan kualitas air, mengumpulkan data untuk merumuskan rencana peningkatan sumber daya air.

Ahli hidrologi bekerja di kantor dan lapangan. Tapi mereka lebih sering berada di kawasan danau, sungai, dan sumber air untuk mengumpulkan data.

Tingkat pendidikan minimal yang dibutuhkan adalah gelar sarjana di bidang hidrologi.

7. Geoscientist

Geoscientists umumnya bekerja sama dengan para ilmuwan lingkungan, meski deskripsi pekerjaan mereka berbeda. Geoscientist mempelajari komposisi bumi, sejarah bumi, dan sumber daya alam bumi.

Seperti halnya ilmuwan lingkungan, geoscientist juga bekerja di kantor, laboratorium, dan di lapangan. Mereka sering melakukan perjalanan ke banyak tempat, ke iklim panas dan dingin untuk mengumpulkan data.

Tingkat pendidikan minimal yang dibutuhkan adalah gelar sarjana, tapi lebih tinggi lebih baik.

8. Pengacara Lingkungan (Environmental Lawyer)

Pengacara Lingkungan disebut juga sebagai advokat hukum lingkungan, tugasnya adalah memberi saran kepada klien tentang masalah yang terkait dengan kualitas lingkungan, udara dan air, limbah berbahaya, dan banyak lagi.

Profesi  Pengacara Lingkungan diprediksi akan terus tumbuh karena adanya fenomena perubahan iklim yang mempengaruhi bumi. Gelar Doktor atau Profesional dibutuhkan untuk jadi seorang Pengacara Lingkungan.

9. Chief Sustainability Officer (CSO)

Karir yang relatif baru ini adalah tumpuan perusahaan dalam upaya pelestarian lingkungan. Karena perusahaan perlu memantau dampak baik atau buruk yang dibuat proyek mereka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

CSO makin dibutuhkan sekarang ini, karena makin banyak perusahaan (terutama perkebunan dan pabrik besar) yang ingin meningkatkan kinerja mereka dan membuat bisnis mereka jadi lebih ramah lingkungan.

Di Amerika, gaji tahunan yang didapat Chief Sustainability Officer rata-rata adalah US$100.000 (sekitar 1,4 miliar rupiah). Sedangkan tingkat pendidikan minimal yang dibutuhkan adalah gelar sarjana (bachelor’s degree).

Ingin tahu lebih banyak tentang CSO? Baca kisah Anisa Handayani yang bekerja sebagai Sustainability Officer di Departemen Environmental, Sustainability, dan Corporate Social Responsibility (CSR) di Asian Agri.

Itulah pekerjaan bergaji tinggi untuk pecinta lingkungan. Daftar pekerjaan disusun sesuai potensi gaji yang bisa diperoleh, dari yang paling kecil hingga yang paling tinggi.

Pekerjaan apa yang paling sesuai dengan minat anda?


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *