Pekerjaan Bergaji Tinggi

Cara Mendapatkan 9 Pekerjaan Bergaji Tinggi (Puluhan Juta per Bulan)

Artikel ini memuat daftar pekerjaan bergaji tinggi yang menawarkan lowongan besar bagi para pencari kerja di tahun-tahun mendatang. Termasuk juga info pendidikan yang harus anda tempuh untuk mendapatkannya.

Gelar dan level pendidikan memang penting untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi. Karenanya orang rela menghabiskan waktu belasan tahun dan uang ratusan juta demi pendidikan yang baik.

Tapi tak semua karier ditentukan oleh gelar dari universitas. Di bidang tertentu, orang tetap bisa dapat gaji tinggi dengan modal belajar otodidak. Baca tuntas artikel ini untuk lebih jelasnya.

9 Pekerjaan Bergaji Tinggi dengan Tingkat Pertumbuhan Cepat

Pekerjaan Bergaji Tinggi

1. Manajer Keuangan

Tugas utama manajer keuangan adalah mengembangkan strategi untuk memastikan kesehatan keuangan perusahaan dalam jangka panjang.

Manajer keuangan merupakan pekerjaan bergaji tinggi yang dibutuhkan oleh berbagai organisasi, terutama bank dan perusahaan asuransi.

Berdasarkan Occupational Outlook 2016-2026 manajer keuangan diproyeksi akan tumbuh sebesar 19 persen, atau bertambah 108.400 pekerjaan.

Cara menjadi Manajer Keuangan:

Loading...

Terkadang cukup memiliki gelar sarjana di bidang keuangan, akuntansi, atau di jurusan yang terkait. Tapi beberapa perusahaan besar memberikan preferensi lebih kepada kandidat dengan gelar MBA.

2. Aktuaris

Aktuaris adalah karier menjanjikan untuk ahli matematika. Pekerjaan aktuaris adalah menggunakan matematika dan statistik untuk menilai risiko dan meminimalkan biaya.

Profesi aktuaris mungkin tampak membosankan, tapi sebenarnya, banyak aktuaris mengaku puas dengan pekerjaan mereka.

Aktuaris adalah pekerjaan bergaji tinggi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan asuransi, keuangan, dan perusahaan properti.

Lowongan profesi aktuaris sangat terbuka lebar di Indonesia karena jumlahnya masih sedikit. Bahkan banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang belum punya aktuaris.

Cara menjadi Aktuaris:

Harus memiliki gelar sarjana di bidang matematika, statistik, atau ilmu aktuaria. Kemudian, jalani uji sertifikasi. Sebagai pendukung, perlu mengambil kursus bahasa pemrograman, dan database.

Gelar aktuaris di Indonesia diberikan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) setelah mengikuti ujian. Pada level multinasional, biasanya aktuaris perlu mendapat sertifikat dari Casualty Actuarial Society, atau The Society of Actuaries.

3. Dokter gigi

Saya yakin anda semua sudah tahu tugas utama dokter gigi, yaitu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan yang terkait dengan gigi dan gusi.

Cara menjadi Dokter Gigi:

Fokus belajar IPA sejak SMA, memiliki gelar sarjana dan belajar di sekolah kedokteran terakreditasi. Kemudian mengikuti ujian untuk mendapatkan izin praktik.

4. Ahli Obstetri dan Ginekologi

Pekerjaan Bergaji Tinggi

Tugas ginekologi adalah menyediakan konseling dan pengobatan untuk kesehatan reproduksi pasien perempuan.

Ahli obstetri merawat perempuan sebelum dan selama kehamilan, serta pada masa melahirkan bayi.

Cara menjadi Ahli Obstetri dan Ginekologi:

Harus memiliki gelar sarjana, lulus sekolah kedokteran, ikut setidaknya empat tahun masa magang dan residensi, serta mendapat lisensi dalam spesialisasi mereka.

5. Anestesiolog

Spesialis yang bertugas di ruang operasi bukan hanya dokter dan perawat. Ada pula anestesiolog yang bertugas memberikan anestesi selama prosedur medis, serta memantau tanda-tanda vital pasien.

Berdasarkan Occupational Outlook 2016-2026, profesi anestesiolog diproyeksi akan naik 15 persen atau bertambah 106.500 pekerjaan. Sejalan dengan perkembangan industri medis.

Cara menjadi Anestesiolog:

Persiapan karier perlu dilakukan sejak dini dengan cara fokus belajar biologi dan kimia di SMA, lanjut ke sekolah medis, serta menjalani magang dan residensi.

Anestesiolog bisa dikategorikan pekerjaan bergaji tinggi, namun harus menyelesaikan empat tahun kuliah, empat tahun sekolah kedokteran, satu tahun magang, dan tiga-empat tahun residensi.

Selain itu ada juga tambahan training anestesi jantung, atau critical care medicine.

Baca juga8 Pekerjaan di Bidang Sains untuk yang Mau Mengubah Dunia

6. Perawat Praktisi Lanjutan (Advanced Practice Registered Nurse)

Perawat praktisi lanjutan yang terdaftar terdiri dari perawat ahli anestesi, bidan perawat, dan praktisi perawat.

Biasanya mereka memiliki tugas yang sama seperti dokter perawatan primer (bisa dengan atau tanpa pengawasan dokter).

Occupational Outlook 2016-2026 menyebut bahwa pekerjaan ini tumbuh 31 persen, atau bertambah 64.000 pekerjaan.

Cara menjadi Perawat praktisi Lanjutan:

Harus memiliki gelar master di bidang masing-masing, berpartisipasi dalam magang, dan memiliki sertifikat atau lisensi izin praktik.

7. Petroleum Engineer

Pekerjaan Bergaji Tinggi

Tugas insinyur perminyakan (petroleum engineer) adalah merancang dan menyempurnakan metode pengambilan minyak dan gas dari bumi.

Sudah jelas ini pekerjaan bergaji tinggi, sebab mereka bekerja untuk perusahaan minyak dan gas.

Perusahaan minyak terbesar di Indonesia di antaranya adalah: Pertamina, Chevron Pacific Indonesia, CNOOC SES LTD, Conoco Philips Indonesia Ltd, PHE ONWJ, Mobil Cepu Ltd, Total E&P Indonesie.

Cara menjadi Petroleum Engineer:

Punya gelar sarjana di bidang perminyakan, mekanik, sipil, atau teknik kimia. Gelar master di bidang ini bisa didapat dari program kuliah lima tahun.

8. Software Developer atau Aplikasi Developer

Pekerjaan utama dari pengembang software atau pengembang aplikasi adalah membuat, menyempurnakan dan men-debug aplikasi atau perangkat lunak berbasis web.

Occupational Outlook 2016-2026 memperkirakan pertumbuhan 24 persen untuk karier ini.

Karena perkembangan teknologi yang maju pesat membuat pengembang software atau pengembang aplikasi makin banyak dibutuhkan.

Cara menjadi Software Developer atau Aplikasi Developer:

Banyak perusahaan memberi kesempatan kepada kandidat ahli tanpa gelar. Tapi kandidat yang memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer akan lebih diuntungkan.

9. Ilmuwan Riset Komputer dan Informasi

Spesialisasi di bidang ini termasuk ilmu data dan robotika. Pekerjaannya adalah menggunakan perangkat lunak komputer untuk memecahkan masalah rumit.

Mereka menciptakan dan memperbaiki alat-alat, serta mengawasi proyek penelitian terutama di bidang kedokteran dan bisnis.

Cara menjadi Ilmuwan Riset Komputer dan Informasi:

Perlu memiliki pendidikan di bidang ilmu komputer. Gelar sarjana biasanya sudah bisa mendapatkan pekerjaan, tapi memiliki gelar master lebih menguntungkan.

Penutup:

Mayoritas karier bergaji tinggi adalah tenaga medis yang membutuhkan proses pendidikan lama, training intensif bertahun-tahun, dan resiko kerja tinggi.

Maka tenaga medis memang layak sebagai salah satu pekerjaan bergaji tinggi setiap bulannya.

Tapi gelar pendidikan tak selalu menjamin kemajuan karier. Contoh bidang teknologi. Perusahaan menilai keterampilan dan hasil kerja lebih penting dibanding selembar kertas pernyataan (sertifikat atau ijazah).

Baca8 Pertanyaan yang Perlu Dijawab Sebelum Memilih Karier dan Pekerjaan

Jadi yang ingin jadi web developer, atau insinyur software profesional jangan berkecil hati jika tak memiliki gelar dari universitas. Karena yang penting adalah keahlian dan pengalaman.

Banyak yang mampu jadi web developer atau insinyur software di perusahaan besar setelah belajar secara otodidak, atau ikut kursus coding gratis secara online.


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *