Peluang usaha

10 Pekerjaan Bidang E-Commerce yang Menyediakan Peluang Kerja Besar

Peluang Kerja Kantoran Bergaji Besar di Perusahaan E-Commerce

Selain memudahkan proses jual-beli, e-commerce juga telah menciptakan peluang kerja baru. Bukan hanya peluang menjadi penjual barang secara online, tapi juga peluang pekerjaan bidang e-commerce  atau kerja kantoran bergaji besar di perusahaan, seperti Tokopedia yang telah menyerap lebih dari 3.000 tenaga kerja.

Secara sederhana, e-commerce atau electronic commerce adalah sistem perdagangan barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, web/blog, televisi, atau jaringan komputer lainnya. Online shopping dan home shopping adalah contoh e-commerce yang paling populer di Indonesia.

Sistem perdagangan secara elektronik ini telah menciptakan jenis-jenis pekerjaan baru yang diperkirakan akan mengalami pertumbuhan tinggi antara 11-22 persen untuk lima tahun ke depan. Sehingga menciptakan peluang kerja lebih banyak dan bisa membantu mengatasi masalah pengangguran.

10 Pekerjaan Bidang E-Commerce dengan Pertumbuhan Tinggi

pekerjaan ecommerce

Tertarik kerja di perusahaan e-commerce?  Cek dulu daftar pekerjaan ini yang mungkin cocok untuk kalian:

1. Pengembang aplikasi software

Pekerjaannya adalah merancang aplikasi komputer untuk konsumen dan membuat basis data yang kompleks. Tahu kan kalau perusahaan e-commerce seperti Tokopedia, dan Bukalapak butuh aplikasi toko online untuk jualan?

Nah, aplikasi toko online semacam itu dibuat oleh para pengembang aplikasi (application developer). Soal bayaran jangan tanya, pengembang aplikasi termasuk orang-orang yang punya penghasilan tinggi di dunia, bahkan jika mereka freelance sekalipun.

Beberapa pengembang aplikasi software membuat program yang digunakan orang melalui Internet dan di dalam intranet perusahaan. Untuk tahun 2019-2024, pekerjaan pengembang aplikasi software diperkirakan akan tumbuh sekitar 22 persen.

2. Analis riset pasar dan spesialis pemasaran

Kedua jenis pekerjaan ini biasanya bertugas mempelajari kondisi pasar untuk memeriksa potensi penjualan suatu produk atau layanan. Perusahaan butuh informasi analisa riset pasar untuk bisa menjual barang yang tepat pada orang yang tepat.

Dengan kata lain, mereka membantu perusahaan untuk memahami produk apa yang diinginkan orang, siapa yang akan membelinya, dan berapa kisaran harganya. Perusahaan bisa bangkrut kalau selalu jual barang yang salah ke orang yang salah.

Pertumbuhan untuk jenis pekerjaan analisis riset pasar dan spesialis pemasaran ini diperkirakan sebesar 20 persen pada tahun 2019-2024.

3. Pengembang website (web developer)

Bekerja merancang dan membuat situs web, serta bertanggung jawab atas tampilan situs web. Perusahaan e-commerce tentu membutuhkan website untuk promosi produk dagangan mereka. Dan pengembang website bisa membuatkan website profesional untuk mereka.

Pengembang web juga bertanggung jawab atas aspek teknis situs web, seperti kinerja dan kapasitasnya. Kedua aspek itu adalah ukuran kecepatan situs web dan seberapa banyak lalu lintas yang dapat ditangani situs web.

Jenis pekerjaan yang kira-kira sama dengan pengembang aplikasi software. Tapi, pekerjaan sebagai pengembang web diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sekitar 16 persen pada tahun 2019-2024.

4. Pegawai bagian packing (pengemas barang)

Tugas utama bagian packing tentu saja adalah mengemas berbagai produk dengan tangan. Mereka bisa juga memberi label pada karton, memeriksa barang-barang cacat, dan menyimpan catatan barang-barang yang dikemas.

Perusahaan besar yang menjual produk dalam partai besar biasanya butuh pegawai khusus di bagian packing atau pengemasan produk. Bahkan jika perusahaan itu menggunakan mesin packing, tetap saja butuh tenaga manusia untuk memastikan mesin bekerja dengan baik.

Teknologi mesin packing yang digunakan perusahaan besar memang semakin canggih, tapi tenaga kerja manusia untuk bagian packing tetap dibutuhkan. Karena itu, pekerjaan ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 16 persen pada tahun 2019-2024.

5. Pekerja tangan atau petugas pengangkutan

Mereka adalah pegawai yang bertugas mengangkut barang, stok, menggerakkan material, memindahkan material ke dan dari area penyimpanan dan produksi, memuat dok, truk pengantar, kapal, dan kontainer.

Tugas spesifik memang bisa bervariasi, ada pegawai yang bekerja di gudang, ada pula pegawai yang mengambil produk dari ruang penyimpanan, lalu memindahkan ke area pemuatan produk untuk dikirim. Pegawai lain memuat dan menurunkan muatan dari sebuah truk.

Ini adalah jenis pekerjaan Bidang E-Commerce yang sangat penting, gajinya cukup bagus, dan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sebesar 16 persen pada tahun 2019-2024.

6. Jasa pengiriman atau sopir truk

Perusahaan kecil atau UMKM mungkin menggunakan jasa ekspedisi seperti POS untuk mengirim barang pesanan. Tapi perusahaan besar yang menjual barang dalam partai besar biasanya punya pegawai pengirim barang khusus.

Contoh yang paling umum: perusahaan material bangunan yang mempekerjakan pengemudi truk khusus untuk mengirim material bangunan ke lokasi pengiriman. Mungkin anda sering melihat truk pengangkut pasir melintas di jalan raya atau jalan tol.

Pengiriman barang biasanya dilakukan sesuai jadwal yang ditetapkan. Semakin banyak jual beli online terjadi, maka jasa pengiriman akan semakin dibutuhkan. Untuk tahun 2019-2024, pekerjaan jasa pengiriman diperkirakan akan tumbuh sebesar 16 persen.

7. Manajer umum dan manajer operasional

Tentunya manajer yang bekerja di perusahaan e-commerce. Tugas mereka adalah mengawasi operasional yang terlalu beragam dan umum untuk diklasifikasikan ke dalam satu bidang manajemen atau administrasi.

Manajer umum dan operasional bekerja membuat jadwal staf, menugaskan pekerjaan, dan memastikan proyek selesai. Juga merumuskan kebijakan, mengelola operasi sehari-hari, dan merencanakan penggunaan material dan sumber daya manusia.

Pertumbuhan sebesar 15 persen diproyeksikan akan terjadi pada tahun 2019-2024 untuk jenis pekerjaan sebagai manajer umum dan manajer operasional di bidang e-commerce.

8. Panitera pengiriman dan penerimaan

Yaitu pegawai yang bertugas mencatat pengiriman dan penerimaan produk. Mereka juga melacak lalu lintas pengiriman produk untuk memastikan produk pesanan tiba di tempat yang tepat dalam keadaan baik dan sesuai jadwal.

Panitera dapat memindai barcode dengan perangkat genggam atau menggunakan pemindai RFID (alat identifikasi dengan frekuensi radio) untuk melacak inventaris.

Panitera juga harus memastikan bahwa pengiriman pesanan diproses dengan benar di sistem komputer perusahaan mereka.

Pekerjaan panitera pengiriman dan penerimaan diperkirakan akan tumbuh sebesar 14 persen pada tahun 2019-2024.

9. Pegawai pengurus pesanan

Sebutan untuk jenis pekerjaan ini mungkin berbeda di tiap perusahaan atau wilayah, tapi yang jelas, tugas mereka khusus menerima pesanan dari pelanggan dan memproses pembayaran. Karena pekerjaan di bidang e-commerce, tentu penerimaan pesanan ini dilakukan melalui internet atau telepon.

Pegawai pesanan juga biasanya menjawab pertanyaan tentang harga dan pengiriman. Pegawai pesanan dapat memasukkan informasi pelanggan, seperti alamat dan metode pembayaran, ke dalam sistem entri pesanan.

Peluang kerja sebagai pengurus pesanan seperti ini diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sebesar 13 persen pada tahun 2019-2024.

10. Perwakilan layanan pelanggan (customer service)

Tugas dari customer service adalah berinteraksi dengan pelanggan untuk memproses pesanan, memberikan informasi tentang produk dan layanan organisasi, serta menangani keluhan pelanggan.

Seorang customer service harus ramah dan sabar menangani berbagai permintaan pelanggan, walaupun banyak pelanggan yang sering bikin kesel hati. Jadi ingat Blibli.com yang mengusung strategi bisnis Layanan Pelanggan #1 (Customer Satisfaction First).

Pekerjaan customer service di bidang e-commerce diperkirakan akan tumbuh sebesar 11 persen untuk tahun 2019-2024.

Catatan:

Statistik pertumbuhan pekerjaan ini didapat dari Emsi. Statistik mewakili pekerjaan bidang e-commerce untuk lima tahun berikutnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close