Peluang usahaTekno

8 Pekerjaan Bidang IT Bergaji Besar untuk Milenial

Pekerjaan Jurusan IT yang Paling Banyak Diminati dan Bergaji Tinggi

Peluang pekerjaan jurusan IT (Information Technology) sangat besar, akan terus berkembang di masa depan, dan menawarkan gaji yang terbilang sangat tinggi. Gelar universitas bukan syarat utama untuk mayoritas pekerjaan bidang IT, apabila mampu menunjukkan keahlian dan karya saat melamar kerja.

Maksudnya menunjukkan keahlian dan karya? Daripada menunjukkan ijazah atau sertifikat, lebih baik tunjukkan teknologi (seperti alat atau aplikasi) yang pernah kalian buat sendiri. Jelaskan pula proses pembuatan dan kelebihan dari teknologi yang kalian buat itu.

Di dunia teknologi informasi sekarang, perusahaan akan lebih mempertimbangkan hasil kerja nyata dibandingkan secarik kertas ijazah atau sertifikat. Karena pekerja ahli teknologi informasi masih terbilang sedikit sedangkan peluang kerja sangat besar.

Pekerjaan bidang IT berperan penting di hampir setiap model bisnis modern dan dalam keseharian manusia modern. Mereka bekerja keras di balik email, telepon, media sosial dan teknologi lain yang kalian gunakan. Oleh sebab itu pekerjaan jurusan IT bergaji besar.

Kalian mungkin sudah paham sepenting apa pekerja teknologi informasi itu. Sekarang, mari kita bahas apa saja pekerjaan bidang IT yang paling top dan harus dipertimbangkan oleh kalian.

8 Pekerjaan Jurusan IT Bergaji Besar untuk Milenial

1. Arsitek cloud (cloud architect)

Pekerjaan Bidang Teknologi Informasi
Image : pxhere.com

Jangan artikan cloud architect secara harfiah, karena artinya bukan “arsitek awan” atau “orang yang mengatur awan di langit”. Arsitek cloud adalah salah satu pekerjaan bidang IT dengan bayaran tertinggi.

Anda mungkin pernah mendengar istilah komputasi cloud atau ruang penyimpanan cloud. Ruang penyimpanan yang ada di ether memang tidak dapat disentuh secara harfiah, tapi tetap butuh arsitek untuk mengaturnya. Itulah tugas arsitek cloud (cloud architect).

Apa kalian punya data yang disimpan di cloud seperti email atau layanan Google Drive dan Dropbox? Kalau iya, berarti tanpa kalian sadari, kalian menggunakan jasa arsitek cloud untuk mengelola data milik kalian yang tersimpan di cloud.

2. Pemodel Data (Data Modeler)

Pekerjaan Bidang IT
Image : simplilearn.com

Pekerjaan utama data modeler adalah membuat desain data dan mendefinisikan hubungan antara bidang data. Meski jenis karier ini tidak populer, tapi data modeler masuk dalam daftar pekerjaan bidang IT dengan bayaran paling tinggi karena tanggung jawabnya yang besar.

Seiring dengan meningkatnya ketergantungan perusahaan pada komputer, maka tugas data modeler menjadi lebih kompleks. Pemodelannya harus bekerja dengan sempurna karena data perusahaan mana pun sangat penting.

Kalian butuh gelar sarjana dalam ilmu komputer, matematika atau IT, serta memiliki pengalaman di tempat kerja untuk berkarier sebagai data modeler di perusahaan besar. Kalau berhubungan dengan data memang banyak syaratnya.

3. Konsultan TI

Pekerjaan Bidang IT
Image : idr-inc.com

Konsultan Teknologi Informasi (IT consultant) masuk dalam daftar Pekerjaan Terbaik di Amerika. Meski teknologi telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, tapi masih ada saja yang tidak paham jenis pekerjaan ini.

Konsultan IT bertugas mengevaluasi sistem dan melakukan penelitian. Semua orang dari startup lokal hingga perusahaan tekno global butuh jasa konsultan IT untuk membantu menemukan cara efisien menjalankan komputer dengan lebih baik.

Untuk menjadi konsultan IT butuh gelar sarjana dalam ilmu komputer. Tapi gelar ini bukan syarat utama, kalau kalian punya keahlian dan pengalaman yang mumpuni di bidang ilmu komputer. Konsultan IT yang memiliki spesialisasi dalam kategori khusus lebih dicari oleh perusahaan.

4. Pengembang aplikasi seluler (Mobile application developer)

Pekerjaan Bidang Teknologi Informasi
Image : icoderzsolutions.com

Di zaman ini penggunaan smartphone telah melebihi penggunaan komputer pribadi. Saya sendiri sebagai blogger, melihat bahwa rata-rata 90% pengunjung blog saya adalah pengguna aplikasi seluler. Hanya sedikit yang menggunakan komputer untuk browsing.

Jadi tidak heran kalau sekarang pelaku bisnis pun mengandalkan aplikasi seluler untuk mengembangkan bisnis mereka. Dari aplikasi mesin pencari, aplikasi sosial media, aplikasi toko online, hingga berbagai jenis aplikasi hiburan pun bertebaran di smartphone.

Dan di situlah peran pengembang aplikasi seluler. Mereka menggunakan bahasa pengkodean untuk membuat aplikasi seluler secanggih mungkin sehingga bisa menarik banyak pengguna smartphone.

Sebenarnya, anda bisa belajar mengembangkan aplikasi seluler dengan ikut kursus koding online gratis. Tapi kalau ingin berkarier di perusahaan sebagai pengembang aplikasi profesional, anda butuh gelar sarjana dalam teknik software, ilmu komputer, atau semacamnya.

5. Pengembang web (web developer)

Pekerjaan Bidang Teknologi Informasi
Image : alvar-extra.a-blast.org

Pengembang web kini memiliki peran penting di semua bidang bisnis. Karena kini, perusahaan butuh website untuk menyampaikan informasi perusahaan, promosi produk, komunikasi dengan pelanggan, hingga membangun imej perusahaan.

Pada dasarnya tugas web developer adalah membuat halaman web, aplikasi web, dan konten web. Tapi mereka juga harus paham baik tentang sistem operasi, cara mengoptimalkan situs untuk teknologi seluler, serta mahir dalam bahasa pemrograman, seperti HTML dan Javascript.

Banyak pengembang web yang belajar otodidak, membuat website, kemudian menggunakan website mereka sebagai portofolio untuk mendapatkan posisi di perusahaan. Jadi yang diutamakan adalah keahlian, meski memang gelar sarjana bisa memuluskan karier kalian.

6. Insinyur perangkat lunak (Software engineer)

Pekerjaan Bidang IT
Image : pxhere.com

Mirip dengan pekerjaan pengembang aplikasi seluler, tapi bedanya pekerjaan ini membuat software untuk dijalankan di perangkat seluler dan komputer. Anda yang aktif menggunakan komputer dan smartphone pasti paham perbedaan antara aplikasi dengan software.

Insinyur perangkat lunak berada di belakang semua program yang kita jalankan di perangkat seluler dan komputer. Dari software sederhana seperti photo viewer hingga software video game. Sehingga ada banyak peluang untuk menjadi insinyur perangkat lunak.

Seperti mayoritas pekerjaan bidang IT, tugas insinyur perangkat lunak bisa dipelajari secara otodidak. Tapi untuk mendapat pekerjaan bagus di perusahaan besar, anda butuh gelar sarjana dalam bidang rekayasa perangkat lunak atau bidang terkait.

7. Peneliti forensik komputer (Computer forensic investigator)

Pekerjaan Bidang Teknologi Informasi

Boleh juga disebut sebagai “detektif kejahatan komputer”, meski itu bukan istilah resminya. Karena tugas computer forensic investigators adalah mencari, mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi dari sistem komputer, yang sering digunakan untuk bukti persidangan.

Kalian yang aktif menggunakan internet pasti paham kenapa pekerjaan ini perlu ada. Dengan maraknya virus, malware, ransomware, hoax, dan berbagai jenis kejahatan di bidang IT, maka peran computer forensic investigators semakin dibutuhkan.

Untuk menjadi seorang computer forensic investigators kalian memerlukan gelar dalam bidang forensik komputer, keamanan informasi, atau keamanan cyber. Sertifikasi dari dewan penguji komputer juga bisa membantu karier kalian sebagai computer forensic investigators.

Penutup:

Semakin banyak orang yang menggunakan teknologi berarti kebutuhan akan teknologi semakin tinggi, dan itu artinya, orang-orang yang ahli teknologi (membuat atau mempebaiki) akan semakin dibutuhkan.

Sekarang memang gelar universitas tidak jadi keharusan untuk mendapat pekerjaan bidang IT di Indonesia, tapi nanti saat persaingan kerja makin ketat, kalian harus mengandalkan gelar universitas dan pengalaman kerja yang mumpuni untuk dapat pekerjaan yang bagus.

Karena itu, mulailah belajar teknologi informasi dengan serius sejak sekarang. Kuliah, kursus, aktif berkarya, dan pengalaman kerja sebanyak-banyaknya akan sangat membantu dalam kemajuan karir kalian di masa depan.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close