Tekno

7 Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot, Termasuk Profesi Kamu?

Perkembangan teknologi dari hari ke hari memang semakin meningkat dengan pesat. Meski demikian, hal tersebut ternyata juga ada sisi buruknya, khususnya bagi orang-orang dengen pekerjaan yang bisa digantikan oleh robot ini.

Apalagi, kehadiran teknologi canggih seperti artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan membuat segala sesuatu menjadi mudah.

Meskipun di satu sisi kehadiran teknologi tersebut dapat memudahkan kehidupan manusia, di sisi lain hal tersebut dapatĀ  memunculkan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai sektor industri.

Baca juga: Bahaya, Beberapa Pekerjaan Terancam Hilang Karena AI dan Robot

Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot

Seperti dikutip dari DigitalTrends, setidaknya ada 7 profesi atau pekerjaan yang berpotensi besar bisa digantikan robot. Apa saja jenis pekerjaan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Analis Keuangan

Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot
Sumber: jobhero.com

Sejumlah pekerjaan yang sifatnya repetisi atau pengulangan memang memiliki potensi yang lebih besar untuk dapat digantikan oleh robot di masa mendatang. Salah satu profesi tersebut adalah analisis keuangan.

Dengan semakin canggihnya kecerdasan buatan dewasa ini, bisa dikembangkan untuk membaca pola dan mengambil langkah strategi perdagangan yang bisa lebih cepat dan akurat dibandingkan manusia.

2. Sopir

Sumber: uber.com

Bahkan sopir pun bisa jadi terancam dengan semakin canggihnya teknologi di masa kini dan mendatang.

Bila teknologi self driving atau mobil otonom semakin dikembangkan dan suskes berjalan, bukan tidak mungkin banyak sopir yang kehilangan pekerjaan mereka.

Saat ini, beberapa perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Uber pun sedang berupaya untuk mengembangkan teknologi ini untuk diwujudkan di masa mendatang.

3. Telemarketing dan Asisten Customer Service

Sumber: forbes.com

Ancaman terhadap profesi sudah mulai terlihat jelas saat ini dengan semakin maraknya perusahaan yang memanfaatkan keberadaan chatbot.

Dengan teknologi ini, robot dapat menjawab pertanyaan atau memberi saran secara otomatis dan akurat kepada para pelanggan.

4. Pegawai Administrasi

Sumber: wlrfm.com

Profesi ini termasuk pekerjaan yang bersifat repetisi, sehingga memiliki potensi untuk digantikan oleh robot yang lebih canggih. Dengan data perusahaan yang semakin bertambah banyak, profesi ini menjadi tidak terlalu relevan lagi bagi manusia.

Apalagi, robot bisa memiliki kemampuan yang lebih, cepat, dan tepat untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data. Selain itu, robot juga tidak mungkin mengalami salah dalam pengetikan.

Baca juga: 7 Robot Futuristik Canggih yang Bisa Membantu Pekerjaan Rumah

5. Buruh atau Beberapa Pekerjaan Kasar Lainnya

Sumber: zdnet.com

Jenis profesi ini juga memiliki potensi yang sangat besar dapat digeser oleh keberadaan robot dengan teknologi canggih seperti saat ini. Ini seperti yang terlihat di gudang e-commerce besar dunia Amazon yang menggunakan robot untuk mengangkut barang-barang.

Robot yang dikembangkan oleh Kiva Systems itu sendiri dapat bergerak dan mencari pesanan barang dari konsumen yang berada di gudang. Kemudian robot tersebut akan memberikannya barang pesanan ke pekerja manusia untuk ditindaklanjuti.

Dengan penggunaan robot canggih seperti ini, tentu akan terasa lebih efisien karena dapat bekerja sepanjang hari.

6. Tenaga Kesehatan

Sumber: roboticsbusinessreview.com

Dengan menggunakan algoritma khusus, sebuah robot dapat digunakan untuk memeriksa pasien, mendiagnosis penyakitnya, dan memberikan rekomendasi yang tepat.

Dengan semakin canggihnya AI, juga bisa saja menggantikan profesi apoteker untuk meracik obat-obat tertentu.

Bahkan yang terbaru, ada sebuah robot yang dikembangkan untuk dapat melakukan operasi jarak jauh dengan cara dikontrol oleh tenaga ahli dari jarak jauh.

7. Chef atau Koki

Sumber: time.com

Saat ini, beberapa robot yang bisa memasak mulai bermunculan. Salah satu contohnya adalah robot bernama Chef Watson yang dikembangkan oleh IBM. Robot canggih tersebut memiliki kemampuan untuk memasak makanan berdasarkan resep yang telah disediakan.

Selain itu, ada pula robot Flippy, hasil pengembangan dari Miso Robotics, yang dapat membuat burger.

Nah, itulah beberapa pekerjaan yang bisa saja digantikan oleh robot. Selain 7 profesi di atas, tentu masih ada banyak lagi pekerjaan yang dapat terancam oleh robot seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini.

Pergeseran peran tersebut mungkin tidak akan langsung terjadi secara masif pada saat ini, apalagi di Indonesia. Namun, semakin pesatnya teknologi saat ini bukan tidak mungkin hal tersebut akan terjadi dalam beberapa tahun mendatang.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close