pelaku phising iphone

Hati – hati !! Pelaku Phising Menyasar Pengguna iPhone

Kejahatan siber memang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, kali ini pelaku phising menyasar pengguna iPhone sebagai korbannya.

Para pengguna seringkali tertipu melalui isi email yang masuk, sebagian dari mereka kurang teliti membaca email tersebut.

Dalam sebuah laporan terbaru ArsTechnica, phising yang sekarang kerap terjadi menngincar para pengguna iPhone yang memiliki alamat e-mail yang terhubung dengan layanan iCloud Apple.

Isi email yang dikirimkan tersebut berisi tautan ke situs Apple palsu yang sebenarnya jebakan yang sudah dipersiapkan pelaku.

Pelaku phising juga menambahkan keterangan pada pengguna untuk melakukan panggilan telepon ke nomor yang tidak dikenal.

Disaat pihak ArsTechnica mencoba menghubungi nomor tersebut, ada seseorang yang mengaku sebagai sebagai Lance Roger from Apple Care. Karena merasa curiga, akhirnya sambungan telephone tersebut ditutup.

Seperti yang dilansir Engadget (31/7/2018), para pelaku phising biasanya bertanya tentang sesuatu yang bersifat privat kepada korbannya (pengguna iPhone) seperti data pribadi Apple ID dan password.

Pihak Apple sudah mendeteksi aksi penipuan pelaku phising

Tidah beberapa lama setelah kejadian itu, pihak Apple mendeteksi aksi penipuan dari pelaku phising tersebut. Semua situs terkait saat ini sudah ditandai oleh Apple maupun Google.

Loading...

Apple juga menyarankan untuk mengabaikan email dengan modus tersebut. Bagi pengguna juga diharapkan untuk lebih berhati – hati untuk memberikan informasi data pribadi, terutama ID apple dan pasword.

Sebuah kasus serupa juga dialami oleh Felix Krause, seorang pengembang iOS. Dia menemukan sejumlah serangan phising yang memanfaatkan menu pop-up untuk mendapatkan password Apple ID para korbannya.

Baca jugaGoogle Menambahkan Kapasitas Drive 2 Giga dan 2 Fitur Keamanan Email Phising


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *