Peluang usaha

Peluang Bisnis Menjelang Pilkada yang dapat Anda Manfaatkan

Peluang bisnis menjelang pilkada – Sekarang ini suhu persaingan politik di berbagai tempat di Indonesia sedang hangat, dan bahkan di beberapa daerah sudah memanas. Sebenarnya dari tahun 2015 akhir hingga tahun 2018 mendatang pilkada serentak di seluruh Indonesia di lakukan. Baik pilkada kabupaten/kota ataupun provinsi dilakukan secara bersamaan, termasuk di daerah saya sendiri juga akan dilakukan Februari 2017 mendatang.

Nah saat ini adalah saat dimana sedang dilakukan kampanye. Kampanye dilakukan untuk mencari dukungan dari masyarakat sebanyak banyaknya. Tujuannya adalah untuk mencapai kemenangan. Nah jika anda jeli, anda dapat melihat disini ada peluang bisnis menjelang pilkada yang dapat anda lakukan.

Sebenarnya, disitulah banyak sekali terjadi hal yang saling membutuhkan dan dibutuhkan. Bahkan ada pihak lain yang menggunakan kesempatan ini dengan cara buruk untuk kesenangan sendiri. Apalagi bagi mereka para tim sukses yang melakukan black campaign, padahal dari si calon kepala daerah itu sendiri sudah mengatakan untuk tidak boleh melakukan hal ini. Ini tentu saja tidak sesuai dengan aturan, dan bahkan bisa membahayakan si calon itu sendiri.

Maka dari itu, usahakan untuk tidak menggunakan untuk keuntungan pribadi saja. Melainkan anda mengambil kesempatan dari sini, mereka yang lain pun mendapatkan keuntungan serupa. Jadi harus terjadi timbal balik kerja sama yang tidak menimbulkan kerugian salah satu pihak.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai peluang bisnis menjelang pilkada yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan banyak keuntungan. Namun beberapa hal di bawah ini tentunya adalah bisnis yang baik dan saling menguntungkan.

Peluang bisnis menjelang Pilkada

Mungkin anda sendiri sudah begitu hafal dengan bisnis dadakan satu ini. Namun karena dadakan, banyak yang juga belum memanfaatkannya dengan baik. Banyak yang mengatakan bahwa hal ini tidak begitu menjadikan profit keuntungan bagi kita. Namun sebenarnya walaupun hal ini berlangsung secara singkat paling cuma 3 bulanan, namun ini memberikan dampak yang besar bagi sebagian usaha, maka tentunya sangat menguntungkan.

Mulai sekarang, anda jangan menggunakan kesempatan ini hanya untuk melihat mereka para politisi bersaing di panggungnya masing masing. Namun jadikan peluang bisnis menjelang pilkada ini menjadi salah satu hal yang mampu digunakan untuk mendulang uang dengan banyak.

1. Menjadi pendukung salah satu politisi

Peluang bisnis menjelang Pilkada

Loading...

 

Asalkan anda bukan petugas yang tergabung dalam pilkada, dan juga bukan sebagai PNS, maka anda berhak menjadi pendukung salah satu pihak. Karena anda itu boleh netral dan boleh memihak. Jadi anda boleh-boleh saja menjadi salah satu tim sukses pilkadanya.

Namun dalam menjadi pendukung, anda tidak bisa menjadi tim pendukung begitu saja. Melainkan anda harus membantu tugas mereka dalam menjadikan dirinya menang. Diantaranya ikut memasang iklan spanduk, ikut membantu menyebarkan selebaran. Atau bahkan jika memungkinkan dengan melakukan door to door untuk mengenalkan pasangan calon kepala daerah. Namun biasanya disini ini terjadi black campaign dengan mengandalkan politik uang.

Maksudnya saat pendukung melakukan door to door untuk melakukan pengenalan kepada masyarakat, kadang dengan memberikan uang. Ini sebenarnya dilarang. Jika anda menjadi tim sukses dan disuruh melakukan hal ini, jangan mau. Atau kalau perlu, laporkan saja kepada pengawas pemilu untuk menindaklanjuti hal ini. Karena hal ini sangat erah hubungannya dengan pelayanan yang akan anda terima.

Ya betul, karena politisi yang suka memberikan uang saat sedang kampanye, itu bisa jadi ia calon koruptor. Karena bagaimana mungkin ia mengeluarkan uang milyaran bahkan ratusan milyar tapi saat mendapatkan gaji nantinya tidak sampai segitu.

Maka dari itu, usahakan kalau anda menjadi timses, kalau disuruh untuk melakukan hal semacam itu jangalah mau. Kalau anda sendiri sih mendapatkan bayaran mungkin berkisar antara 10-50 ribu per orang yang diberi tahu, namun jangan sampai anda juga disuruh untuk membagikan uang kepada orang banyak dalam hal ini.

Peluang bisnis dadakan yang menguntungkan

Ini adalah peluang bisnis menjelang pilkada yang dapat dibilang begitu menguntungkan. Karena tetangga saya juga melakukan hal seperti ini sambil membagikan selebaran berisi visi misi calon kepala daerah, foto stiker, dan juga kalender mini. Dan dia juga mendatkan uang dari hasil ini yang tidak sedikit.

Namun bagi anda yang ingin menjadi tim sukses seperti ini. Usahakan tidak punya kesibukan lain yang benar benar menganggu. Karena nantinya akan kesusahan saat disuruh untuk kumpul di acara acara tertentu. Kan kalau anda tidak datang, nanti malah bisa dipecat. Hahaha

Pilkada seperti ini juga identik dengan partai politik. Namun sekarang ini, partai politik itu hanya menjadi sarana untuk bisa menjadi calon kepala daerah saja. Bukan karena memang dukungan yang berat terhadap parpol sehingga ia diangkat menjadi calon.

Jadi jika anda sudah dikenal baik oleh salah satu parpol tertentu, maka untuk menjadi tim pendukung ini akan sangat mudah. Dan anda pun akan mendapatkan upah yang lumayan untuk ini.

2. Usaha konveksi

Peluang bisnis menjelang Pilkada

Jasa konveksi juga menjadi salah satu bisnis yang begitu menguntungkan menjelang pilkada. Bagaimana tidak, usaha ini bahkan menjadi salah satu usaha yang paling banyak dibutuhkan dalam hal ini. Walau bisa dibilang bahwa ini adalah jasa yang paling umum, namun anda tetap mendapatkan bagian untuk hal ini. Karena kebutuhan juga banyak. Jadi walaupun yang menjual jasa itu banyak, namun karena jumlah kebutuhan yang banyak maka bisa dipastikan usaha ini tetap akan laris.

Biasanya si calon kepala daerah akan membutuhkan kaos partai dengan logo wajahnya untuk dipampang dalam kaos. Maka sebisa mungkin anda bisa membuat yang semurah mungkin tapi kualitas bagus. Biasanya mereka memberi modal yang tak banyak namun harus membuat dalam jumlah yang sangat banyak. Misal mereka memberi modal 15 juta, dan anda harus membuat hingga 1000 kaos.

Tentu anda harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik. Misalnya dengan memilih bahan kaos polosan yang murah tapi kuat. Usahakan yang tidak terlalu tipis. Karena kebanyakan kaos seperti ini tipis banget. Dan untuk pencetakan gambarnya usahakan dibuat seawet mungkin, jangan yang mudah pecah pecah atau terkelupas.

Ini adalah trik tersendiri. Karena jika anda mampu membuat produk yang berkualitas, maka untuk selanjutnya pasti banyak yang memesannya.

Namun jika anda tidak punya modal untuk membuka usaha konveksi, maka anda pun tidak harus punya usaha sendiri. Dengan bekerja di sana juga sudah untung. Karena saat saat seperti ini kebutuhan karyawan juga akan naik, jadi untuk menjadi karyawan sementara juga anda akan diterima.

Usaha konveksi memiliki prospek cerah di masa depan

Bahkan usaha ini akan terus cerah kedepannya. Jadi jika anda memang punya modal yang cukup banyak, usahakan bukalah usaha konveksi. Usaha ini memang cukup cerah prospeknya kedepan. Walau tidak lagi menjelang pilkada, biasanya banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk suatu organisasi, grup, komunitas atau bahkan untuk keluarga juga sering membutuhkan hal ini untuk membuat pakaian seragam.

Bahkan sekarang anak anak sekolah justru lebih tinggi permintaanya untuk ini daripada orang lain. Karena mereka biasa memesan untuk membuat kaos seragam sekelas, kaos sepak bola dan sebagainya.

Namun biasanya, usaha ini tidak terdapat secara merata. Karena banyak yang mengira untuk memulai usaha ini membutuhkan modal yang begitu besar. Jadi jika anda lihat, untuk daerah daerah kecil seperti desa desa, mungkin sangat jarang yang membuka usaha ini. Mungkin 5 kecamatan hanya ada 1, itupun kalau ada.

Jadi jika anda membuka usaha ini, sebenarnya dari segi persaingan tidak sulit, apalagi saat memasarkan sekarang sudah sangat mudah. Anda tinggal menggunakan iklan di internet, maka akan terjadi pembelian.

Jadi mulai sekarang, anda dapat memikirkan kembali untuk membuka usaha konveksi ini. Yang penting anda perlu mengikuti tips berikut:

  • A. Memiliki sikap selalu ingin belajar, berkreasi, pekerja keras dan tekun
  • B. Mulai membeli peralatan secara terbatas dahulu
  • C. Manfaatkan lahan yang ada
  • D. Berikan harga sesuai tingkat kesulitan
  • E. Jual beragam jenis pakaian seperti kaos, topi, celana hingga kaos kaki

Dengan menjankan hal diatas, maka usaha konveksi yang akan anda bangun itu dapat berjalan dengan baik. Ya walaupun ini adalah peluang bisnis menjelang pilkada, namun jika dikerjakan secara profesional, maka saat kapanpun tetap akan mendapatkan pembeli.

Baca : Menjual Desain Kaos Peluang Usaha Tanpa Modal di Internet

3. Jasa percetakan

Siapa yang tidak kenal dengan usaha satu ini. Ini adalah salah satu peluang bisnis menjelang pilkada yang begitu menguntungkan dan begitu dibutuhkan saat itu juga. Biasanya yang dibutuhkan dalam hal ini adalah selebaran, spanduk, flyer, stiker calon pasangan, kalender, dan hal lainnya. Bahkan berbagai pendapat dari mereka yang memang menjalankan usaha percetakan, saat menjelang pilkada mereka dapat meraup untung hingga 5 kali lipat.

Ini bukanlah salah satu peluang bisnis menjelang pilkada saja, melainkan bisa anda gunakan kapan saja. Karena percetakaan ini mencakup banyak bidang seperti:

  • A. Percetakan mug
  • B. Sablon
  • C. Poster
  • D. Brosur
  • E. Percetakan buku
  • F. Undangan perkawinan atau khitanan
  • G. Kalender kantor, amplop, stofmap
  • H. Formulir resmi perkantoran

Jadi anda tak hanya mendapatkan banjir pembeli saat menjelang pilkada saja. Tapi anda akan mendapatkan banyak pesanan kapanpun juga. Ya ini memang sama halnya dengan bisnis konveksi.

Baca : Tips Memulai Bisnis Percetakan dengan Omset Menjanjikan

4. Penyedia transport

Jasa transport juga tak kalah penting untuk dibutuhkan dalam hal ini. Maka dari itu, jika anda memang menyediakan jasa ini, usahakan untuk menawarkan jasa transport anda kepada para calon kepala daerah.

Kebutuhan hal ini dibutuhkan bukan hanya dipakai oleh mereka saja, melainkan untuk dipakai oleh masa yang mendukung mereka. Saat melakukan kampanye dengan pawai besar besaran, mereka biasanya akan membutuhkan banyak transportasi seperti mobil terbuka dalam jumlah banyak.

Bahkan kalau anda tak hanya memiliki mobil pribadi yang sedang nganggur atau pun motor, maka anda bisa menyewakan kepada mereka. Jadi tak perlu harus memiliki bus ataupun helikopter untuk bisa memulai jasa penyewaan alat transportasi, namun anda bisa menggunakan kendaraan yang anda punyai.

Usahakan anda bernegoisasi terlebih dahulu dengan mereka dahulu. Jadi tidak akan terjadi masalah di akhir akhir nanti. Karena kebanyakan mereka yang tidak melakukan nogosiasi terlebih dahulu, mereka akan mendapatkan bayaran yang bisa dibilang tidak sesuai dengan harapan. Bukan untung yang didapat malah rugi yang didapat. Jadi usahakan untuk melakukan nogoisasi terlebih dahulu atau usahakan mereka mau membayar di awal, dan mau memberikan asuransi. Jadi mungkin mengalami kecelakaan atau di rusak masa maka anda akan mendapatkan ganti rugi.

5. Pembuatan kerajinan tangan khusus

Berbagai kerajinan tangan seperti pernak pernik, cinderamata, atau barang lainnya yang berisikan nama atau gambar calon pasangan ini biasanya akan meningkat permintaannya saat saat menjelang pilkada.

Anda bisa menawarkan hal ini kepada mereka untuk membuatkan barang barang semacam ini. Misalnya gelang, miniatur gitar, boneka kayu dari si calon, dan sebagainya. Jika anda memang sudah terkenal, maka akan mendapatkan tawaran untuk membuat kerajinan semacam ini tanpa perlu anda yang menawarkan diri.

Peluang bisnis menjelang pilkada ini nantinya akan ngetrend di Indonesia. Bahkan untuk pemilu di Amerika sendiri, si Trump membeli kerajinan tangan berupa miniatur gitar yang sangat banyak. Bahkan salah satu pembuatnya adalah dari Indonesia. Jadi bisa dipastikan ini akan menjadi usaha yang menguntungkan kedepannya.

Bahkan untuk acara lain juga akan laris, jadi tidak harus saat saat menjelang pilkada semacam ini. Apalagi jika dijual di berbagai daerah tempat wisata. Atau jika memungkinkan anda bisa mengekspornya. Karena market luar negeri justru banyak yang berminat terhadap berbagai kerajinan unik seperti ini.

6. Jualan buku khusus

Anda dapat menjual berbagai jenis buku yang berkaitan dengan sejarah tokoh atau biografi tokoh. Anda dapat menjualnya di toko online dan di toko oflline. Apalagi kalau anda sudah menjadi salah seorang penulis terkenal, maka hal ini akan sangat laris tentunya.

Perlu anda tahu, bahwa di Indonesia ini, buku menjadi top 5 terlaris yang dijual secara online. Bahkan pernah menduduki peringkat 3 terlaris. Jadi minat baca masyarakat Indonesia terhadap buku ini sangat tinggi. Jadi jika anda memanfaatkan peluang bisnis menjelang pilkada satu ini, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Selain itu hal ini bisa menjadi salah satu ajang untuk menunjukan kepada semua orang mengenai karya tulis anda.

Bahkan untuk menjangkau lebih banyak, anda perlu membuat buku elektronik atau bisa dibilang dengan nama ebook. Ebook ini sangat penting peranannya bagi mereka yang suka membaca melalui media digital seperti smartphone atau tablet. Jadi jangkauan pembeli juga lebih banyak.

7. Tim sukses secret

Ini biasanya dibuat oleh calon kepala daerah yang bekerja di balik layar dan jarang diketahui oleh orang banyak. Ini adalah tim sukses khusus yang dibentuk dengan bertujuan untuk membuat mereka bisa memenangkan persaingan. Jadi ini berbeda dengan tim pendukung seperti pada nomor 1 diatas. Bedanya untuk tim scret ini akan memberikan jangkauan lebih banyak, dan justru banyak orang yang tidak tahu siapa dibalik semua itu. Tahu tahu kalau sudah memenangkan pilkada.

Ini bisa bekerja secara online maupun offline, namun biasanya hal ini dilakukan secara online. Misalnya dengan memberikan efek penasaran kepada banyak orang mengenai calon tersebut.

Untuk menjadi seperti ini tidak mudah, maka dari itu, anda bisa mendapatkan bayaran yang setimpal dengan kesulitan yang dihadapi. Hingga milyaran rupiah biasanya. Biasanya orang seperti ini adalah orang yang sudah memiliki keahlian khusus dalam mempromosikan.

Biasanya yang dibutuhkan adalah untuk membuat trending topik di twitter, memberikan pemahaman kepada banyak orang melalui sosial media dan sebagainya.

Dan juga ini bertugas untuk membuat suatu iklan video, gambar, dan sebagainya dengan memasukan unsur psikologi. Sehingga hal ini mampu memberikan efek bagi yang melihatnya. Jadi timses scret ini juga bisa berupa bagian dari tim production.

Mungkin anda sudah mengenal adryan fitra. Salah satu orang yang yang sukses besar dalam kemenangan pemilu obama dan jokowi. Jadi ya bisa dibilang ini tugasnya ini seperti mereka.

Sebenarnya ada berbagai hal lain mengenai peluang bisnis menjelang pilkada ini. Misalnya

  • Group musik
  • Sewa tempat
  • Event organizer
  • Dll

Namun ke 7 hal diatas menurut saya sudah cukup untuk menjadi referensi tentang peluang bisnis menjelang pilkada. Jika anda mau memanfaatkan hal ini, maka anda akan mendapatkan dengan uang tambahan.

Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih juga atas kunjungan anda semuanya.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *