Peluang usaha

10 Peluang Bisnis Skala Rumah Tangga yang Paling Menjanjikan

Di zaman yang serba padat penduduk ini, semakin banyak orang yang berusaha untuk mencari pekerjaan di berbagai perusahaan, namun yang didapat hanyalah kekosongan belaka, alias selalu ditolak saat mencari kerja.

Namun bagi kalian yang dapat memanfaatkan setiap peluang yang muncul di depan Anda, maka kalian bisa mendapatkan banyak masukan berupa uang tanpa perlu bekerja untuk orang lain, malahan bisa memiliki banyak karyawan. Tapi tentunya Anda harus punya ide dan pandai pandai dalam membuat sesuatu yang disukai oleh masyarakat atau membuat sesuatu yang sedang ngetrend.

Sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis skala rumah tangga yang bisa Anda tekuni dan kembangkan untuk menjadi suatu usaha yang berpotensi menghasilkan sesuatu yang memang digemari oleh masyarakat. Dan dari sinilah banyak keuntungan yang bisa kita raih apabila mampu membuat sesuatu yang baru.

10 contoh peluang bisnis skala rumah tangga yang bisa Anda tekun

Nah di bawah ini ada beberapa peluang usaha yang bisa dimulai dari diri Anda sendiri, jika sudah menampakkan hasil yang lumayan, baru kalian bisa ajak orang lan untuk bergabung bersama Anda. Dengan adanya peluang bisnis skala rumah tangga ini, saya harapkan Anda tidak kesulitan lagi dalam mencari ide. Jadi tinggal take action saja yang dimulai dari niat.

1. Pembuat tahu bulat

Tahu bulat mungkin saat ini sedang agak naik reputasinya, jadi bagi kamu yang ingin mencoba hal baru kamu bisa menjadi pembuat tahu bulat. Tapi kalau kamu punya modal buat beli mobil bekas, alat-alat penggorengan dan lainnya, jadi penjual tahu bulat juga bisa Anda coba.

tahu bulat
image from http://cookpad.com

Namun bagi yang minim modal, coba deh buat tahu bulat, mungkin kamu perlu belajar dahulu cara membuatnya pada orang yang sudah mahir. Atau Anda bisa bekerja dahulu pada orang yang memiliki usaha tahu bulat ini. Nantinya kalau sudah bisa, Anda coba buat usaha kecil-kecilan di rumah.

Tahu bulat ini lebih di sukai sebagai jajanan pasar yang sangat digemari oleh anak anak daripada menjadi lauk Pauk seperti tahu kulit atau tahu kuning yang digoreng atau dijadikan campuran untuk masak sayuran. Jadi nanti pasti banyak deh yang beli, apalagi jual sama anak-anak yang sudah digoreng lalu diberi bumbu aneka rasa seperti sambal balado, sapi panggang, keju, atau rasa ayam bawang.

2. Produksi kerupuk aneka rasa

Ada orang yang jualan kerupuk udang bisa menghasilkan hingga ratusan juta perbulan, ini peluang bisnis skala rumah tangga yang berprospektif tinggi nantinya, jadi rugi deh kalo kaku gak mencobanya mulai saat ini. Karena bisa dibilang usaha pembuatan kerupuk itu mudah, apalagi dari bahan yang ada disekitar kita.

Loading...

Nggak perlu bahan mahal, misal dari bonggol pisang juga bisa dibuat bahan utama kerupuk, dari singkong di jadikan kerupuk itu mudah dan cepat atau dari kulitnya itu juga malahan enak dan renyah banget jadinya, atau bisa juga dari beras sisa kemarin di buat kerupuk gendar, banyak kok yang suka kerupuk gendar.

Peluang Bisnis Skala Rumah Tangga

Jadi asalkan ada ide dan mau mencoba peluang bisnis skala rumah tangga yang satu ini menguntungkan kita juga kok, apalagi jika dijalani dengan keseriusan dan optimisme yang tinggi akan keberhasilan, pasti akan dapat hasilnya juga deh…

Anda bisa menjual dalam kondisi mentah dan matang, tapi menurut perhitungan kerupuk yang sudah digoreng akan membuat kita semakin untung daripada di jual mentahan saja. Ya ini karena saat sudah di goreng, yang tadinya cuma 1 bungkus plastik saat mentah bisa jadi 7-10 bungkus saat sudah digoreng apalagi saat diberi beragam bumbu aneka rasa, pasti banyak yang suka.

3. Penjual soto atau makanan lainnya

Baik soto, bakso, mie ayam, kelontong atau sekedar warung makan biasa bisa kamu coba deh. Ya syarat utamanya ya harus dapat masak dulu deh… jadi bisa Anda belajar pada orang yang sudah mahir lalu Anda coba buat warung makan yang menjual makanan seperti di atas.

Namun ini harus memperhatikan beberapa hal seperti:

*. Lokasinya, jika dekat dengan keramaian atau dipusat kota pasti ini akan semakin besar keuntungan yang didapat. Tapi kalo di desa, apalagi harganya mahal saya kira ini tidak terlalu laris.

*. Jalan raya, periksa dulu apakah tempat Anda jualan strategis atau tidak. Jikalau tempat tersebut sebagai tempat jalur transportasi yang ramai, maka bisa jadi tempat mu akan rame juga.

*. Waktu buka, apabila tempat warung kalian sebagai jalur wisata maka buka saat malam hari lebih Cocok dan lebih menguntungkan dari pada siang hari. Hal ini karena saat malam hari para Traveller dan supir bus suka ingin mampir dan makan bersama dalam suatu tempat apalagi itu tempat dingin. Tapi kalo tempat seperti di pasar atau pinggir jalan raya tapi sepi lebih baik buka saat siang hari aja.

Jadi dengan memperhatikan beberapa hal tersebut diatas, maka bisa dipastikan kalian akan bisa mendapatkan banyak pengunjung dan meraih pelanggan setia. Asalkan Anda juga memberikan pelayanan yang prima kepada mereka.

4. Agen tiket

Nggak hanya tiket saja sebenarnya, bisa juga jadi agen lain seperti JNE, TIKI, agen penjualan motor, agen penjualan produk fashion, agen pulsa, agen penjualan gas dan lainnya yang sekiranya bisa dilakukan di rumah kan namanya usaha bisnis skala rumah tangga, jadi ya pastinya bisa dikerjakan dari rumah.

Menjadi agen tiket ini tentunya harus menyesuaikan dengan tarif yang di patok perusahaan seperti PT KAI, PT Garuda, atau dari bus. Misal tiketnya 50 ribu kamu bisa jual seharga 55 ribu atau 60 ribu. Jangan kebanyakan ambil keuntungan nanti malah gak ada yang beli lewat Anda.

Namun jika oleh perusahaan sudah ditetapkan harganya ya patuhi saja, jangan ditambah tambahin lagi. Nanti justru Anda di stop jadi agen. Biasanya ini larisnya kalau kalian buka agen di pinggir jalan raya yang rame, atau disekitar terminal pasti banyak yang beli.

5. Dropshiper, afiliasi atau reseller

Ini bisa dikategorikan sebagai bisnis online apabila kamu lakukan secara full dari rumah. Namun bukan berarti ini bisnis yang biasa biasa aja, udah ada banyak orang yang menghasilkan milyaran rupiah perbulan hanya dari bisnis semacam ini terutama bisnis afiliasinya.

Kalo kamu punya blog dengan konten luar negeri, tentunya bisnis afiliasi ini sangat menguntungkan daripada dari adsense atau jadi penulis artikel. Saya sendiri belum tahu apakah menjadi publisher Google Adsense itu dikategorikan sebagai bisnis atau bukan. Soalnya ada yang bilang itu bukan bisnis karena tidak memenuhi kriteria sebagai bisnis.

Intinya dari bisnis ini yaitu kamu mempromosikan atau mengenalkan suatu produk tertentu kepada orang lain, lalu kalo ada orang yang beli lewat kamu, maka kamu akan dapat bayaran. Jadi sama aja jualan tapi tidak memiliki barang yang di jual kecuali reseller, itupun barangnya kita beli dulu jadi bukan produk kita sendiri. Kita bisa mendapatkan keuntungan antara 5% hingga 50% per penjualannya.

6. Jual es krim dan minuman seduh

Peluang bisnis skala rumah tangga ini juga jadi primadona bagi anak-anak, dan kabar baiknya kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan mudah asalkan punya freezer. Apalagi jika kamu bisa membuatnya aneka rasa, seperti vanilla, susu, coklat, strawberry, Mellon, Apple, atau buah lainnya sesuai kesukaan anak.

Peluang Bisnis Skala Rumah Tangga

Namun bagi kamu yang gak bisa buat es krim, jualan es seduh juga menguntungkan loh.. apalagi buatnya dekat sekolahan. Sehari bisa nyampe 500.000 loh keuntungannya. Kan harga seperti marimas, teh sisri, top ice itu murah bukan, kamu bisa jual dengan harga 1000 – 2000 pergelasnya. Sungguh menguntungkan bila kamu mau mencoba.

Namun bisnis es krim kedepannya bisa menghasilkan banyak keuntungan, apalagi jika sudah semakin besar, Anda juga bisa menjualnya ke berbagai tempat pasti laris dan banyak langganan peminat produk Anda itu. Bahan pembuatan es krim ini juga tergolong murah, kita bisa mendapatkan keuntungan 2-5 kali lipat dari harga bahan pembuatan.

7. Buka kedai kopi

Kedai kopi ini merupakan salah satu peluang bisnis skala rumah tangga yang lumayan menjanjikan untuk kota lakukan loh… apalagi kita berada di lokasi yang strategis, pasti banyak yang datang menghampiri kedai kopi kita, termasuk mayoritas kaum muda.

Peluang Bisnis Skala Rumah Tangga

Bisnis kedai kopi ini bisa Anda buka sendiri, dan sudah banyak buktinya anak-anak muda yang berpenghasilan 1 juta/day dari bisnis satu ini. Mereka memang sudah melihat bahwa potensi bisnis ini lumayan bagus, jadi mereka manfaatkan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Kita tahu bahwa kopi merupakan minuman yang menjadi favorit nomor 2 di dunia setelah teh. Jadi jika Anda membuka usaha ini, Anda nggak khawatir lagi deh tentang pengunjungnya ada yang datang atau nggak.

Namun dalam membawakan konsep kedai kopi juga harus bisa menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional yang masih ada di Indonesia. Jadi usahakan gunakan kopi dari berbagai campuran kopi tapi harus ada khas kopi asal Indonesia seperti kopi luwak. Selain itu makanan yang dihidangkan kan biasanya gorengan, itu bisa kalian Buat dalam bentuk lebih modern dan tersaji secara menarik. Hal ini karena target pengunjung adalah anak muda yang sifatnya secara alami yaitu suka akan hal unik dan suka bosan.

8. Budidaya tanaman hidroponik

Kalo gak ada tempat yang luas, gunakan sekitar pekarangan Anda dengan menanam tanaman sayuran cepat panen dengan menanam tanaman hidroponik yaitu yang bisa dilakukan menggunakan bahan sederhana semacam botol bekas, Paralon, gabus, dan sebagainya asalkan ada airnya. Lalu tanaman di rawat secara organik sehingga ramah lingkungan dan ramah bagi kita.

Namun jika Anda kesulitan menanam, Anda bisa menjual saja produk sayuran organik. Pernah saya baca Dalam suatu referensi anak muda yang menjual tanaman sayuran organik saja bisa menghasilkan 180 juta perbulan alias 6 juta perharinya. Angka yang menakjubkan bukan untuk kalangan kita semua.

Jadi jangan remehkan bisnis dalam bidang pertanian, karena bisnis pertanian ini tak akan pernah mati sampai kapanpun. Karena sampai zaman yang akan datang, semua orang tetap butuh yang namanya sayuran. Apakah Anda tertarik menjalankan Peluang bisnis skala rumah tangga ini?

9. Ternak lele sangkuriang

Kenapa lele Sangkuriang bukan jenis lele lainnya?. Karena lele ini dalam waktu 2-3 bulan saja sudah panen dan bobotnya juga menguntungkan untuk kita jual nantinya. Jadi banyak orang yang sekarang beralih beternak lele Sangkuriang karena unggul dalam hal cepat panen.

Mungkin Anda belum tau kenapa di namakan lele Sangkuriang ya?, Ya ini karena si anakan lele dikawinkan dengan indukannya sehingga hasilnya lebih bagus dalam pertumbuhan badannya ya cepat bongsor gitu badannya. Nama ini terinspirasi dari cerita rakyat si Sangkuriang yang ingin menikahi ibunya sendiri.

Dengan memiliki lebar kolam 3×8 meter saja Anda sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis ternak lele Sangkuriang ini. Cukup beli terpal biru dan pakan pelet serta di beri daun-daunan seperti daun talas maka Ikan ini akan cepat besar. Namun bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka semakin banyak kolam semakin bagus.

10. Bengkel kecil kecilan

Ini tentunya Anda sendiri harus punya skill atau keahlian dalam masalah motor. Seperti menambal ban, perbaikan rantai kendor, perbaikan masalah mesin dan sebagainya. Jadi jika belum bisa, Anda dapat belajar dahulu cara menangani motor yang bermasalah.

Peluang Bisnis Skala Rumah Tangga

Namun ada juga solusinya kalo Anda tidak bisa masalah pada bengkel. Yaitu bisa jualan bensin, solar, atau buka jasa pencucian motor atau mobil. Ini lumayan juga hasilnya loh… kalo laris bisa puluhan juta perbulan hanya dari satu tempat pencucian saja. Bayangkan bila banyak, tentunya keuntungan juga semakin meningkat.

Tapi namanya aja peluang bisnis skala rumah tangga, tentunya bisa kita lakukan dari depan rumah kita sendiri. Tinggal beli alat untuk mengaburkan air itu, dan juga air. Udah itu aja kalo ada kemauan pasti Anda bisa kok. Tetangga saya juga jadi jasa pencucian motor, walau di Desa namun karena sudah banyak yang memiliki motor jadinya ya laris juga.

Baca juga : 4 Kebiasaan Kecil Yang Mengubah Orang Menjadi Sukses Besar

Ya demikianlah pembahasan singkat mengenai 10 peluang bisnis skala rumah tangga yang paling menjanjikan. Semoga ini bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda yang sedang ngaggur da kesulitan untuk cari kerja, maka bisa pilih satu saja dari kesepuluh macam ide bisnis diatas. Sampai jumpa…



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *