Peluang usahaUlasan Bisnis

Prospek Dan Peluang Kerja Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Halo sobat pembaca Klik Mania. Postingan kali ini akan membahas peluang kerja mahasiswa ilmu komunikasi. Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahuinya karena kalian adalah mahasiswa komunikasi.

Atau mungkin sebagian dari kalian tidak mengetahui karena masih duduk dibangku SMA. Ini pas banget untuk kalian apalagi untuk kalian yang sebentar lagi lulus sma. Kali aja ada yang minat masuk ke jurusan yang cukup ngetren ini. Iya apalagi kalau bukan ilmu komunikasi.

Dari pada semangkin panjang langsung saya kita menuju ke luar angkasa. Ya ke TKP maksudnya. Let’s go.

 

Ilmu Komunikasi

Ya! Ilmu komunikasi – Kali ini kita mau membahas apa saja sih prospek yang tersedia atau job apa saja yang tersedia untuk mahasiswa jurusan ilmu Komunikasi. Namun sebelum itu ijinkan saya untuk menjelaskan terlebih dahulu apa itu Ilmu Komunikasi.

Jadi Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan didalam perguruan tinggi. Ya jika kalian mencari jurusan Ilmu Komunikasi di TK Anugrah atau TK Semesta Alam tidak akan kalian dapatkan.

Yang ada malah pelajaran menulis menyanyi. Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi jurusan yang mulai ngetren akhir-akhir ini. Terbukti saya sendiri juga tertarik masuk dalam jurusan yang satu ini.

Loading...

Tapi tahukah kalian siapa yang menciptakan Jurusan Ilmu Komunikasi?

Yang menciptakan Jurusan Ilmu Komunikasi

Jika ditanya siapa yang membuat. Jelas ada! Yang pertama kali membuat jurusan ini adalah David K. Berlo. Mungkin jika Berlo di indonesia bakal di panggil Pak Berlo atau Om Berlo.

DavidKennethBerlo

Buat yang belum tahu siapa sih Berlo, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Berlo. Jasdi Berlo lahir tahun 1929. Ia merupakan salah satu mahasiswa generasi pertama di Program Doktor Komunikasi dibawah kepemimpinan Wilbur Schramm di Illinois.

Berlo dikenal juga sebagai penemu program komunikasi di Universitas Michigan yang banyak melahirkan doktor komunikasi. Selain penemu ternyata Berlo merupakan penulis buku teks komunikasi yang terkenal,  judul bukunya adalah The Process of Communication yang dibuat pada tahun 1960.

Buku ini mengajarkan model komunikasi SMCR; Source-Message-Channel-Receiver. Jika kalian bingung itu apaan. Itu adalah salah satu model komunikasi yang berlaku di kehidupan sehari-hari. Jadi jangan mengira itu rangkaian listrik atau rangkaian bom, jelas bukan.

Berlo mendasarkan rumusannya pada model komunikasi yang dirumuskan Shannon, yaitu teori informasi dengan model matematikanya. Berlo menjadi mahasiswa program doktor yang dipimpin Wilbur Schramm di Illinois tahun 1953. Sebelumnya Berlo adalah mahasiswa Jurusan Matematika di Universitas Missouri. Berlo kelak menjadi pimpinan di fakultas komunikasi yang dibuka di Universitas Michigan.

Itu sekilas tentang pencipta Jurusan ini. Ingat pencipta jurusan karena pada dasarnya Berlo juga seorang mahasiswa. Jadi dia juga belajar materi Ilmu Komunikasi ini dari para Ahli juga. Sekilas dia hanya sebagai pencetus ya istilahnya pencetus Jurusan Ilmu Komunikasi.

Apakah semua orang dapat berkomunikasi?

Friends

Karena Ilmu komunikasi juga sudah ada sejak lama. Namun namanya bukan Ilmu Komunikasi melainkan hanya komunikasi biasa. Bahkan sejak manusia lahir kebumi sudah diajarkan bagaimana cara berkomunikasi.

“Kak manusia purba memang berkomunikasi? Aku denger-denger dia cuma bisa diem aja. Yang bener tuh kak?”

“Bisa! Jelas bahkan hewan sekalipun bisa berkomunikasi.”

Kenapa saya bilang begitu? Karena bisa dilihat pada dasarnya manusia purba juga berkomunikasi. Meski bahasanya tidak seperti manusia sekarang. Ya! Itu dikarenakan cara berkomunikasi jaman dulu berbeda dengan jaman sekarang.

Jaman dulu manusia purba berbicara dengan gambar dan kode-kode yang diukir pada batu atau dinding-dinging dalam goa. Pernah kan kalian menonton film yang menceritakan manusia purba atau manusia jaman dahulu yang membuat gambar diberbatuan?

Nah! Seperti itulah kira-kira cara berkomunikasi mereka. Bahkan hewan. Iya bisa kalian lihat semut saat mendapatkan makanan? Mereka juga berkomunikasi dengan menggunakan antenanya.

Dengan tujuan memberikan informasi atau sinyal dimana letak makanan. Jadi jika kalian lihat mereka seperti ciuman itu bukan ciuman ya. Melainkan itu adalah cara mereka dalam berkomunikasi jadi jangan salah paham dulu.

Perkembangan Ilmu komunikasi yang cepat membuat peminatnya semangkin banyak. Beberapa universitas juga membuat jurusan Ilmu Komunikasi sebagai jurusan yang baru dikampunya.

Ilmu Komunikasi Susah atau tidak?

Karena memang jurusan ini Up to date. Jika dilihat dari cover. Sepertinya peluang kerja mahasiswa jurusan komunikasi memang mudah. Namanya juga Komunikasi. Cuma modal ngomong sudah bisa dapat ilmu.

Bener nggak?

Atau hmmm komunikasi. Asik! Nggak ada hitung-hitungannya. Horee! Wait. Siapa bilang tidak ada. Oke akan saya jelaskan sedikit tentang jurusan yang satu ini.

Jadi jika kalian mempunyai impian untuk masuk kedalam jurusan komunikasi hanya karena tidak ada hitung-hitungan. Oke! Saya saranin kalian untuk pergi dan pindah jurusan. Sama seperti dugaan pertama saya mengenai peluang kerja mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi.

Pada awalnya saya mengira wahh jurusan ini keren. Palingan hanya dengan modal berbicara saya bisa mendapat nilai. Bersenang-senang. Wahh seru sekali jurusan ini. Ditambah jurusan ini pasti tidak ada hitung-hitungannya.

Setelah saya masuk dan memprediksi semua itu. Akhirnya jeng..jeng…jeng.. tebakan saya salah. Didalam jurusan Ilmu Komunikasi ada hitung-hitungannya. Dikampus saya disebut dengan statistika dimana kalian harus menghitung hal-hal yang tidak terlalu penting menurut saya.

Susah? Jelas susah. Tapi bakalan gampang jika kalian paham. Atau memang kalian jiwa matematika. Atau kalian bekas juara 1 lomba matematika se internasional. Udah itu pasti akan terasa mudah banget.

Lanjut. Bukan hanya matematika kalian juga akan disuguhkan beberapa mata pelajaran yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan komunikasi. Ada sih tapi hanya pada beberapa pekerjaan.

Pelajaran yang ada di Ilmu Komunikasi

Sebelum kita masuk kedalam  peluang kerja mahasiswa dan jenis-jenis pekerjaan dan saya akan sharing sedikit pengalaman. Jadi pada semester awal kalian akan diajarkan mengenai konsep-konsep awal pada Ilmu Komunikasi.

Pada awal semester ini kalian bahal merasa seru. Seru! Ya. Asyikkk, karena memang pada semester pertama kalian akan diberikan materi yang masih fresh seperti public speaking dan pelajarannya belum terlalu mendalam. Pastinya tidak ada yang namanya hitung-hitungan.

peluang kerja mahasiswa
ilmu komunikasi via Telkomuniversity

Tapi semua itu tergantung pada universitas kalian. Karena setiap universitas pasti mempunyai cara sendiri dan juga cara mengajar. Beruntunglah kalian yang mendapat universitas seperti itu.

Jadi intinya pandai-pandailah memilih universitas. Karena jika kamu nyaman dengan suatu universitas maka proses belajarmu juga ikutan mudah dan nggak beban jadinya. So sekali lagi teliti dalam memilih universitas. Telitinya itu sama seperti kamu memilih pacar atau suami/istri. Ya begitu.

Kalian akan merasakan jurusan ilmu Komunikasi yang sebenarnya ketika kalian ada di semester 2. Semuanya akan berubah begitu saja. diaman yang namanya praktek berbicara akan semangkin berkurang.

Disini kalian dibuat untuk mencintai Ilmu Komunikasi. Ya caranya bagaimana? Caranya dengan memasukkan materi yang wow banget kekalian. Materinya seperti apa? Materinya adalah pelajaran Teori.

Teori-teori dan teori. Mungkin bagi sebagian anak ips tidak akan mengalami kesulitan karena sudah sering dihajar oleh hafalan. Tapi kebayang jika pas test kalian harus menghafal 26 teori yang berbeda. Saya sebagai mantan anak ips juga sedikit shyok. Tapi nikmati saja. semua akan berlalu.

Peluang kerja mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi

Here we go! Saatnya kita membahas prospek kerja apa saja yang dapat kalian ambil setelah menjadi lulusan S.I lkom nanti.

 Ilmu Komunikasi
Broadcasters via UC DAVIS

Broadcaster

Pernah melihat orang yang tampi di televisi membacakan berita. Ya itu namanya News Anchor. Ini juga salah satu peluang kerja mahasiswa yang dapat diambil untuk jurusan Ilmu Komunikasi.

Yaitu bekerja di bidang broadcasting. Dimana kalian bisa mengambil bukan hanya satu peran. Karena dunia broadcasting adalah dunia yang cukup besar. Kalian bisa bermain di dunia pertelevisian atau radio.

Mengapa lulusan Ilmu komunikasi dapat bekerja di dunia Broadcasting? Karena lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat melakukan strategi dan komunikasi yang baik sehingga persan yang disampaikan dapat diterima oleh khalayak atau masyarakat dengan mudah.

Masih pada bingung kalian yang masuk dunia broadcast akan masuk ke pekerjaan mana? Kalian bisa bekerja di stasiun televisi, radio, atau media koran, majalah, tabloid dan masih banyak lagi.

Tapi ingat untuk masuk ke jalur Broadcast kalian disarankan untuk mengambil fokus perkuliahan pada broadcast atau sering disebut jurnalistik. Disana kalian akan lebih terfokuskan kebidang broadcast.

Announcer atau Presenter

Apa berdanya dengan dunia broadcast? Jadi announcer atau presenter adalah orang yang berperan didalam dunia broadcast seperti pembaca berita, penyiar. Jelas peluang kerja mahasiswa ini cukup banyak diincar oleh anak-anak jurusan komunikasi.

Siapa juga yang tidak mau masuk televisi. Lumayan kan bisa terkenal. Setidaknya muka pernah masuk kedalah televisi gitu loh. Sebagai pembaca berita. Bukan masuk televisi karena berita pencurian ayam. Tidak.

Master Of Ceremony (MC)

ilmu komunikasi
MC via http://www.kapanlagi.com

Siapa yang tidak tahu MC? Buat yang tidak tahu mc itu yang biasa ada diacara orang nikahan yang pegang mic. Nah seperti itu mc. Tapi mc juga dibagi-bagi jenisnya. Ada yang kelas atas ada yang kelas bawah.

Yang menjadi kriteria penilaian kelas atas dan kelas bawah adalah dari event yang diambilnya. Ya MC kelas atas pasti akan mengambil event-event besar dan jelas biaya feenya lebih mahal karena mereka berkelas.

Menjadi MC tidaklah Mudah!

Menjadi seorang MC tidaklah mudah, dibutuhkan keterampilan dalam berbicara. Tahukah kalian MC memegang kuat suasana suatu acara? Jika seorang MC tidak bisa mengangkat suasana acara maka acara akan menjadi flat dan tidak seru.

Disinilah tantangan seorang MC. Bagaimana cara agar bisa mengangkat penonton sehingga mereka kembali terfokus pada acara. MC juga disarankan mempunyai sense of humor. Sehingga acara tidak tegang dan bisa mencairkan suasana.

Soal gaji? Jelas jangan ditanya. Semangkin kamu mendapatkan tawaran job. Maka rupiah akan mengalir deras kedompet mu. Tertarik menjadi seorang MC? Ini peluang kerja mahasiswa ilmu komunikasi yang favorit.

Jurnalistik

Peluang kerja mahasiswauntuk jurnalis?Ya kurang lebih bekerjanya dibidang broadcast. Dimana menjadi seorang jurnalis sama artinya dengan seorang wartawan. Banyak orang yang berkata bahwa menjadi seorang wartawan itu susah.

peluang kerja mahasiswa

Ribet, mesti kesana kemari. Tapi dibalik ribetnya seorang wartawan ada banyak pengetahuan yang bisa kalian dapatkan dari tempat liputan yang kalian temui di jalan perjalanan berburu berita kalian.

Memang menjadi seorang jurnalis koran dan tv berbeda. Dimana jurnalis tv juga mempunyai tugas untuk berburu berita. Yang membedakannya hanya media tempat mereka mempublish berita.

Dimana wartawan koran ya jelas dikoran dan yang di TV ya di TV. Jika kalian ingin menjadi jurnalis media cetak. Bersiaplah dengan kemampuan menulis yang kuat. Karena kalian akan dituntut untuk menulis berita setiap harinya.

Kebayang jika kalian tidak suka menulis dan disuruh untuk menulis berita. Wah pasti akan menjadi pusing tujuh keliling. Permasalahannya bukan disitu. Permasalahannya adalah menjadi wartawan koran kalian akan diberikan target berita dalam sehari.

Jadi jika kalian diberi target 10 berita. Kalian harus mencari dan menyelesaikan berita tersebut segera. Dalam hari yang sama. Cukup berat bukan? Tapi sistem gajinya berbeda. Wartawan koran akan digaji sesuai berita yang diberikan.

Lumayan menguntungkan bukan? Apalagi jika kerjanya di luar negeri. Jadi bayaran beritanya bukan pakai hitungan rupiah melainkan menggunakan dollar. Wah bisa bikin cepat kaya tuh. Gimana untuk peluang kerja mahasiswa satu ini? Ada yang tertarik dengan dunia jurnalistik?

Membuka Event Organizer

Event Organizer adalah tepat merancang event. Dimana kalian berperan didalam event organizer dengan tujuan mengsukseskan suatu acara. Menyusun acara, tempat sampai acara tersebut terlaksana dengan baik.

peluang kerja mahasiswa

Harga sewa jasa Event Organizer ini pun cukup mahal. Makanya ini menjadi sebuah prospek dan peluang kerja mahasiswa yang baik untuk anak-anak jurusan Ilmu Komunikasi. Terkadang Event Organizer juga menyediakan MC khusus.

Jadi orang yang  menyewa jasa mereka langsung dapat satu paket plus. Tanpa perlu mencari pengisi acara secara terpisah.

Kenapa anak komunikasi dapat membuka Event Organizer?

Karena di Ilmu Komunikasi sendiri mempunyai fokus penjurusan 2, bahkan bisa lebih tergantung pada universitas kalian. Selain jurnalistik dikenal dengan PR atau Pubic Relation.

Dimana didalam Publik relation ini akan diajarkan mengenai Event Organizing, cara mengolah organisasi, teknik kepemimpinan dan lain-lain. Disinilah ilmu-ilmu mengenai event organizer diajarkan kepada kalian.\

Sebenarnya untuk prospek PR atau Publik Relation masih banyak seperti bekerja sebagai humas suatu perusahaan dan masih banyak lagi. Namun saya hanya membahas secara keseluruhan dan garis besarnya saja.

Mungkin dari sedikit contoh diatas dapat memotivasi kalian sebagai peluang kerja mahasiswa. Apakah kalian tertarik dengan jurusan Ilmu Komunikasi? Jika tertarik silahkan mencoba. Namanya kuliah juga semuanya ribet pada dasarnya.

Jadi pesan saya kepada Sobat Klik Mania adalah nikmati aja apa yang kalian rasakan. Jangan terlalu ambil pusing. Apalagi jika masuk jurusan komunikasi yang pada dasarnya berisi teori dan hafal-hafalan.

Sedikit tambahan informasi, pada jurnalistik kalian akan diberikan lebih banyak materi praktek. Seperti mencari berita. Membuat berita layaknya di televisi. Dari sini kalian sudah mendapat banyak ilmu. Pertama cara shoot gambar, cara membuat berita, cara penyampaian berita, cara editing berita.

Kebayang dengan beberapa materi saja ilmu pengetahuan kalian sudah bertambah cukup banyak. Walau pada dasarnya peminat jurnalistik cukup sedikit jika dibandingkan dengan Public relation.

Pada dasarnya itu semua berbalik kepada anda sendiri. Lagian jurusan jurnalistik dan Public relation juga bisa saling bersilangan. Terbukti ada penyiar berita yang berdasar Public relation begitu juga sebaliknya.

Bahkan pekerjaan tersebut juga tidak hanya dimasuki oleh jurnalistik atau Public relation. Ada juga penyiar yang berasal dari jurusan yang lain. Ini juga berdasar pada basic masing-masing orang.

Baca juga : Jenis Barang Yang Recommended Untuk Dijual Pada Dana Usaha Kampus

Kembali pada skill seseorang untuk mengambil peluang kerja mahasiswajadi dengan jurusan yang diambil, ibaratnya hanya sebagai panduan fokus. Jadi pembelajaran kalian tidak sembarangan dan terfokus.

Jadi bagaimana pilihan sobat klik mania semua?

-RJ-



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

One Comment

  1. waduh jaman sekarang sih butuhnya keknya duit sama koneksi, baru punya prospek dan peluang kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *