Bisnis OnlinePeluang usaha

Melirik Peluang Sukses Melalui Internet

Internet akhir-akhir ini memang berkembang dengan pesat, sehingga tak jarang beberapa orang mulai memanfaatkan peluang sukses usaha yang dapat membawa hasil melalui internet.

Bila mau jujur, sebenarnya semua orang dapat mempraktekkannya. Yang berarti juga semua orang bisa mendapatkan peluang sukses melalui internet.

Namun untuk memulai kisah sukses melalu internet, tentu kita perlu modal. Ya, benar, karena semua kesuksesan itu selalu di awali dengan adanya modal dan usaha. Apabila modal saja tanpa usaha, atau usaha saja tanpa modal, saya rasa bisnis anda tidak akan berkembang. Hal ini tentu berlaku juga dalam dunia internet.

“lalu saya harus memulai darimana??”

“Jawabannya adalah dari sekarang!”

Benar sekali, dari sekarang anda bisa mewujudkan kesuksesan anda melalui intenet. Sedikit contoh, misalkan anda sekarang telah memiliki sebuah usaha dan memiliki toko fisik, namun anda belum pernah mencoba memasarkan produk anda di internet. Dengan alasan ragu dengan internet dan mau mencari yang pasti-pasti saja.

Baiklah, saya mengerti untuk sebagai orang awam kadang muncul keraguan terhadap internet sebagai jalan peluang sukses. Keraguan itu bisa saja meliputi mereka karena maraknya pemberitaan penipuan online, dan tentu yang merasa was-was bukan hanya dari kalangan konsumen, tetapi juga kalangan pedagang.

Padahal bila kita perhatikan kembali, ternyata internet itu pasti kok. Memang rasa was-was itu penting, tetapi rasa was-was jangan sampai menjadi penghalang untuk mencoba hal-hal yang baru. Yang pada akhirnya hanya membuat bisnis anda terasa kaku dan jalan ditempat.

Loading...

Peluang Sukses Melalui  Internet Itu Solusinya

Masih dengan perumpaan tentang anda sebagai pemilik usaha dengan toko fisik, bila anda hanya memasarkan produk dengan mengandalkan toko fisik yang anda punya. Saya rasa kebanyakan produk anda hanya akan dibeli oleh mereka yang telah mengetahui letak toko anda.

Yaitu mereka yang bertempat tinggal di sekitaran toko, maupun mereka yang telah menjadi langganan toko anda, sehingga presentase untuk mendapatkan calon pembeli baru sangatlah tipis.

Tapi bila anda mencoba untuk “melebarkan sayap” dan mencoba peruntungan melalui internet, bisa saja anda akan mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat dari hanya sekedar mengandalkan toko fisik. Terutama bila anda memasarkan produk yang tidak bisa “basi”. Yaitu barang yang bukan makanan, dan barang yang tetap awet meski disimpan selama apapun.

“Lalu bagaimana cara “melebarkan sayap” bisnis saya dengan internet???”

Bila anda sangat serius untuk “melebarkan sayap” dengan mengonlinekan bisnis anda, salah satu caranya adalah dengan membuat toko online pribadi milik anda sendiri. Memang cukup mengeluarkan modal, terlebih untuk biaya penyewaan domain dan hosting.

Tetapi dengan memiliki toko online pribadi dengan menggunakan Domain Top Level (.com, .net, -dsb) situs toko online anda akan lebih terlihat profesional dan tentu akan mendapatkan nilai kepercayaan yang lebih dari calon pembeli.

Tetapi disini ribetnya adalah pengaturan website, dan untuk memaksimalkan SEO pada situs anda. Dengan memaksimalkan SEO, maka saat seseorang mencari dengan kata kunci yang berkaitan dengan isi toko online anda. Situs anda kemungkinan besar berada dalam halaman pertama hasil pencarian.

Hal ini tentu saja akan membuat situs anda ramai dikunjungi, dan kesempatan barang anda laku sangat terbuka lebar. Saya sarankan untuk menyewa jasa SEO terpercaya, karena anda harus fokus terhadap penjualan produk dan agar anda tidak pusing dengan pengaturan website yang ini dan itu.

“Buat website modalnya gede mas, ada cara lain ngga???”

“Tentu ada mas, yaitu dengan memanfaatkan situs to ecommerce, sosial media, dan banyak lagi”

Contoh nyatanya adalah saya sendiri, meski saya tidak memiliki toko fisik dan juga tidak memiliki modal yang cukup bila harus membuat website toko online pribadi. Tetapi saya bisa memasarkan produk saya yang berupa gambar-gambar visual dan design grafis melalui situs e commerce atau situs jual beli yang sedang menjamur.

Terlebih bila anda telah memiliki toko fisik, tentu akan lebih mudah lagi. Karena produk anda akan memiliki stok yang banyak, dan tentu juga toko fisik anda akan memberikan efek kepercayaan kepada calon pembeli.

Memasarkan produk anda di situs ecommerce populer

Internet itu memiliki jaringan yang luas, bahkan setiap hari penggunanya selalu bertambah. Ditambah lagi dengan boomingnya situs e commerce belakangan ini.

Disinilah para pedagang harus pintar-pintar mencari celah untuk peluang sukses bisnisnya.,contoh situs e commerce yang saya rekomendasikan untuk memasarkan produk anda adalah tokopedia dan bukalapak.

Saya merekomendasikan kedua situs tersebut karena mereka memberikan kita akses untuk menjual produk kita sendiri. Untuk bergabung dan berjualan di situs tersebut juga tidak ribet. Dan tentu kedua situs tersebut merupakan situs e commerce yang ramai pengunjung dan sangat dipercaya oleh calon pembeli.

Peluang Sukses Melalui Internet

Selain menggunakan website pribadi dan situs jual beli online, anda juga bisa memanfaatkan sosial media. Ya benar, sosial media juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan produk.  Sosial media yang bisa anda gunakan diantaranya adalah facebook, dan instagram.

Mengapa Saya Merekomendasikan Kedua Sosial Media Tersebut?

Karena kedua sosial media tersebutlah yang sedang digandrungi oleh pengguna internet sekarang ini, dari yang muda sampai yang tua ada saja yang menggunakan sosial media ini.

Terutama untuk facebook, ada keuntungan tersendiri bila anda ingin memasarkan produk menggunakan facebook. Anda dapat menuliskan kalimat penjelasan dengan panjang dan detail, dan ada lagi keuntungannya, yaitu dengan memanfaatkan fitur facebook ads. Namun anda perlu mengeluarkan sedikit modal untuk beriklan dengan facebook ads.

Sedangkan untuk sosial media instagram, karena sosial media ini megusung konsep foto galery, maka ini sangat cocok untuk memajang atau memamerkan produk milik anda. Hanya saja kekurangannya anda tidak dapat memasukkan penjelasan yang panjang.

Tetapi tenang saja, sosial media ini sedang digandrungi dengan begitu kesmpatan produk anda dilihat akan sangat besar.

Memasarkan Produk Dengan Sosial Media Itu Gampang

Tipsnya adalah dengan menggunakan kata-kata penjelasan yang dapat membuat pembaca tertarik untuk memiliki produk atau barang yang anda tawarkan.  Gunakan kata-kata yang jujur demi meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada toko online anda.

Baca juga : 7 Peluang Usaha Modal Kecil, Sangat Cocok Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Sekian artikel saya tentang melirik peluang sukses dalam dunia internet, sebenarnya yang saya sampaikan dalam artikel ini hanya beberapa dari seribu langkah untuk memanfaatkan peluang kesuksesan dari internet.

Karena bayangkan saja, seperti yang saya katakan di atas bila pengguna internet semakin hari semakin bertambah. Hal ini tentunya menandakan bahwa  internet merupakan masa depan yang mutlak untuk dipelajari, karena internet lebih dari sekedar digunakan sebagai media hiburan.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

One Comment

  1. Wawww nice artikel…
    Sayang nya saya belom punya toko fisik
    Maen maen donk bang ke blog saya. Bales juga email saya. Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *