Peluang usaha

9 Peluang Usaha Agribisnis : Bisnis Menguntungkan yang Mulai Ditinggalkan

Peluang usaha agribisnis saat ini mulai sedikit dimanfaatkan oleh banyak masyarakat untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Hal tersebut bukan tanpa alasan, dikarenakan perkembangan teknologi yang terus maju banyak dari pengusaha pemula yang lebih memilih bisnis yang berbasis IT untuk mereka geluti.

Tidak jarang kalian melihat banyak start up yang mulai mengembangkan usahanya untuk memberikan solusi kepada masyarakat dengan basis bisnis IT. Sebagai contohnya saja saat ini mulai gencar berdiri co-working space di kota-kota Indonesia yang tujuannya untuk mengakomodasi para startu up bekerja.

Melihat trend usaha yang bergerak ke arah bisnis IT menjadikan peluang usaha agribisnis perlahan-lahan mulai ditinggalkan oleh banyak orang. Padahal kenyataanya peluang usaha agribisnis masih sangat berpotensi untuk dikembangkan di masa depan. Keuntungan yang besar pun mampu kita dapatkan jika jeli melihat peluang di masyarakat.

Sebagai satu contohnya saja jika kalian memulai usaha sayuran organik, dimana jenis sayuran ini sangat banyak peminatnya di masyarakat. Jika kalian mampu mengemas usaha kalian dengan baik, bukan tidak mungkin produk kalian bisa masuk ke supermarket dan memiliki harga jual yang lebih tinggi disana.

Bukan Cuma itu saja keuntungan yang bisa kalian dapatkan saat menekuni peluang usaha agribisnis. Waktu kerja yang relatif santai dan fleksibel menjadikan usaha agribisnis patut kalian pertimbangkan sebagai usaha sampingan mendampingi pekerjaan yang utama kalian lakukan. Sehingga usaha agribisnis bisa dilakukan oleh para mahasiswa, para karyawan, ataupun ibu rumah tangga.

Bagaimana sudah mulai tertarik untuk menekuni usaha agribisnis ini ?

Jika belum, kalian bisa menyimak beberapa peluang usaha agribisnis berikut ini yang bisa kalian terapkan.

Bercocok Tanam Sayuran- Sayuran

Bercocok Tanam Via menardc.com

Peluang usaha agribisnis pertama yang bisa kalian terapkan adalah dengan mencoba menanam sayuran. Dikarenakan sayuran merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, maka bercocok tanam sayuran sangat memiliki prospek yang cerah di masa depan.

Caranya kalian bisa mulai memanfaatkan lahan kecil yang ada di halaman rumah kalian. Kemudian mulailah untuk menanam berbagai jenis sayuran seperti kangkung, bayam, atau kacang kacang panjang disana. Ketiga jenis sayuran ini memiliki masa panen yang relatif singkat, sehingga kalian bisa dengan segera mendapatkan penghasilan dari penjualan sayuran tersebut.

Kemudian untuk pemasarannya, cobalah untuk menjadi pemasok sayur untuk konsumen akhir. Sebab dengan cara ini kalian bisa mendapatka laba yang lebih tinggi dibandingkan dengan menjualnya ke para pedagang sayur. Mulailah untuk menawarkan produk sayuran yang kalian miliki kepada para tetangga di sekitar rumah.

Yakinlah cara ini akan sangat efektif dan akan sangat membantu para tetangga kalian yang merasa jarak antara rumah mereka dengan pasar sangatlah jauh. Sebab mereka bisa mendapatkan sayuran segar dari kalian yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah mereka.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki lahan yang memadai untuk menanam sayuran ?

Tenang saja, kalian tidak perlu khawatir dengan permasalahan ini. Sebab kalian bisa menanam sayuran organik dengan menggunakan sistem hidroponik. Dengan sistem hidroponik, kalian tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam berbagai jenis sayuran. Manfaatkan saja halaman depan rumah untuk membuat sistem hidroponik dan mulailah menanam berbagai jenis sayuran organik disana.

Dengan gaya hidup masyarakat yang semakin berubah ke arah hidup sehat, maka ada banyak sekali peluang pemasaran sayuran organik yang telah kalian  kalian hasilkan. Dikarenakan masyarakat sudah semakin sadar bahwa sayuran organik terbukti lebih sehat karena terbebas dari pestisida.

Saat kalian memilih menggunakan sistem hidroponik, maka kalian harus mengeluarkan modal awal untuk membangun tempat hidroponik tersebut. Selain itu kalian juga harus mempelajari teknik budidaya dan perawatan sayuran organik agar usaha yang kalian lakukan dapat berjalan dengan baik dan menghindari kerugian yang timbul.

Jika bisnis sayuran hidroponik kalian sudah mulai menunjukan perkembangan yang baik dalam artian kalian bisa memasok sayuran dalam jumlah yang besar. Maka mulailah untuk lebih menargetkan pasar menengah ke atas untuk produk organik yang kalian hasilkan. Dengan menyasar pasar menengah ke atas keuntungan yang bisa kalian peroleh dapat lebih tinggi dan artinya kesempatan untuk berkembang menjadi lebih cepat.

Keuntungan yang lebih tinggi dikarenakan kalian bisa menetapkan harga jual yang lebih tinggi kepada mereka dan pasar menengah ke atas pun tida terlalu sensitif dengan harga jual yang tinggi karena mereka lebih mementingkan kualitas produk dibandingkan harga jual yang rendah.

Mulailah Menanam Tanaman Obat

Tanaman obat merupakan salah satu alternatif yang sering digunakan masyarakat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang mereka derita. Bukan Cuma itu saja dikarenakan sifat tanaman obat yang alami menjadikan tanaman obat lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang dibuat dipabrik. Peluang usaha agribisnis inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk mulai dikembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan.

Siapa target pasar dari tanaman obat ?

Banyak sekali target pasar yang bisa kalian bidik melalui usaha tanaman obat. Kalian bisa menyulai tanaman obat kepada para pelaku industri rumahan atau pabrikan yang memproduksi minuman herbal atau minuman kesehatan. Jika kalian memiliki lahan yang luas dan hasil panen yang relatif tinggi setiap periodenya bukan tidak mungkin para pelaku industri tersebut akan menjadikan kalian sebagai mitra jangka panjang sebagai pemasok bahan baku untuk mereka.

Namun jika produk yang kalian tawarkan belum terlalu tinggi, maka untuk tahap awal kalian bisa memasok produk tanaman obat ke pasar tradisional. Di pasar ada banyak sekali penjual yang sangat membutuhkan tanaman obat untuk mereka jual kembali ke konsumen tingkat akhir.

Berapa jenis tanaman obat yang bisa kalian manfaatkan sebagai bisnis meliputi Jahe merah, Rosella, lidah buaya, kunyit, daun sirih, daun mint, dan juga temulawak. Beberapa jenis tanaman tersebut ada yang bisa dikembangbiakkan lewat polybag sehingga keterbatasan lahan bisa kalian atasi.

Mulai Menjual Bibit Tanaman

Peluang usaha agribisnis yang selanjutnya adalah menjual bibit tanaman kepada para pelanggan kalian. Ada banyak sekali pasar bibit tanaman di Indonesia karena banyak sekali masyarakat yang gemar membudidayakan tanaman dan seringkali dijadikan salah satu hobi untuk sekedar melepaskan penat dari rutinitas harian.

Usaha ini pun bisa kalian lakukan secara online lewat berbagai marketplace yang ada seperti Tokopedia, Jualo, dan Bukalapak. Hal ini bisa dilakukan karena sifat bibit yang tidak terlalu berat dan bisa dikirim via kurir ekspedisi. Bahkan ada salah satu contoh penjual bibit yang sukses berjualan lewat Tokopedia.

Sistem yang mereka jalankan sama yaitu menawarkan bibit yang dijual via online kemudian jika ada pembeli, mereka tinggal mengirimkan bibit tersebut lewat jasa ekspedisi.

Namun untuk sukses berbisnis ini kalian harus memahami teknik menghasilkan bibit yang berkualitas. Sehingga para pelanggan yang membeli bibit dari kalian tidak merasa dirugikan saat membeli bibit dari kalian.

Menjual Tanaman Hias

Jika kalian memiliki hobi untuk merawat tanaman hias di pekarangan rumah, maka peluang usaha agribisnis yang bisa kalian lakukan adalah dengan mulai menjual berbagai tanaman hias. Saat hobi yang dijalankan mampu menghasilkan uang tentu hal tersebut sangat menyenangkan sekali bukan.

Potensi keuntungan yang bisa kalian dapatkan dengan menjual tanaman hias sangatlah tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan tanaman hias oleh berbagai kalangan. Sebagai contohnya kalian bisa menjadi salah satu suplier bunga untuk para pedagang bunga di kota kalian.

Baca : Memulai Bisnis Karangan Bunga : Ini 6 Tips Sukses, Hambatan, dan Analisa Modal Usaha

Belum lagi banyaknya masyarakat yang membutuhkan tanaman hias untuk kebun atau pekarangan rumah yang mereka miliki. Bukan Cuma itu saja, kalian juga bisa menyuplai bunga untuk para pendekor hiasan pelaminan, hajatan, atau berbagai karnaval yang sangat sering sekali menggunakan bunga hias yang kalian suplai.

Agar usaha bunga hias kalian menemui keuntungan yang optimal, maka sebagai penjual tanaman hias kalian harus memiliki pasokan bunga yang lengkap. Sehingga para pelanggan kalian akan semakin banyak datang dari berbagai kalangan. Perlahan-lahan tambahlah tanaman hias yang kalian tanam dengan jenis yang baru dan lebih menarik. Caranya bisa dengan mengumpulkan modal dari keuntungan yang kalian peroleh.

Budidaya Jamur

Peluang usaha agribisnis selanjnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menjadi pembudidaya jamur. Saat ini jenis jamur tiram menjadi salah satu jenis jamur yang memiliki pasar yang besar di masyarakat. Pasar yang besar ini jika kalian manfaatkan dengan sebaik-baiknya akan menghasilkan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Sebagai pembudidaya jamur kalian bisa memasok jamur yang kalian hasilkan ke berbagai restoran yang menyediakan menu jamur di dalam daftar makanannya. Salah satu contoh rumah makan yang bisa kalian bidik adalah restoran vegetarian. Restoran vegertarian sering kali menggunakan jamur sebagai pengganti daging untuk mereka olah menjadi masakan vegetarian.

Bukan Cuma bisa memasok jamur ke berbagai restoran saja, kalian juga bisa melakukan ekspansi usaha dengan mulai mengolah jamur menjadi produk baru yang digemari banyak masyarakat. Sebagai contohnya kalian bisa mengolahnya menjadi nugget atau bisa juga kalian olah menjadi puding jamur yang kaya akan nutrisi dan gizi yang baik. Mulailah untuk berpikir secara kreatif untuk menghasilkan nilai tambah dari jamur yang kalian hasilkan.

Dengan mengolah jamur menjadi sesuatu yang baru, maka harga jual yang bisa kalian tawarkan kepada para konsumen bisa lebih tinggi dibandingkan dengan hanya sebatas jamur saja.

Menanam Tanaman Buah-Buahan

Semangka Via agrifarming.in

Suka dengan buah-buahan ? dan berpikir untuk menaman buah di lahan yang ada ? maka peluang usaha agribisnis dengan menanam buah bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa kalian tekuni. Ada berbagai macam jenis buah yang bisa kalian kembangkan seperti durian, pisang, semangka, melon, dan buah naga.

Pilihlah salah satu jenis terlebih dahulu agar kalian bisa fokus untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Caranya kalian bisa menemukan jenis tanaman yang paling cocok untuk kalian jalankan di daerah kalian, jika daerah kalian cocok untuk menanam melon maka tanamlah melon dulu untuk permulaan.

Dengan menjadi pembudidaya buah-buahan, kalian bisa menjadi seorang suplier yang memasok buah ke para pedagang buah yang ada dikota kalian. Kalian juga bisa mengolah buah-buahan yang dihasilkan untuk memberikan nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Sebagai contohnya kalian bisa mengolahnya menjadi manisan, snak yang diolah dan bisa dijadikan oleh-oleh, atau apapun yang menurut kalian mampu menjadikan buah yang kalian hasilkan lebih bernilai tinggi.

Salah satu contoh ekspansi usaha yang bisa kalian terapkan adalah dengan menjadikan wisata kebun kepada para wisatawan yang datang. Jadi para wisatawan yang datang bisa memetik secara langsung buah-buahan yang ada dikebun kalian baru setelah itu membayar untuk buah yang mereka petik. Konsep seperti ini sangat cocok jika tempat tinggal kalian berada di kawasan wisata dan sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Mengolah Produk Pangan

Peluang usaha agribisnis selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan mulai untuk mengolah produk pangan dan menjualnya ke pasar. Ada banyak sekali panganan yang bisa kalian olah untuk menjadi produk yang bernilai sebagai contohnya kedelai. Dari kedelai kalian bisa mengolahnya menjadi berbagai produk baru seperti susu kedelai, tahu, dan tempe. Jadi pilihlah salah satu bahan yang paling kalian anggap mudah dan menguntungkan untuk diolah.

Berikan sesuatu yang menarik dari produk yang kalian tawarkan salah satunya adalah dengan membangun sebuah brand. Bangunlah sebuah brand yang akan menjadi ciri khas dari produk yang ditawarkan. Pastikan dengan jelas positioning dari produk yang kalian tawarkan, apakah menyasar segmen menengah ke bawah atau menengah ke atas.

Jika produk tersebut mulai dikenal dan banyak masyarakat yang menggunakan. Barulah memikirkan untuk melakukan ekspansi mengolah produk yang lainnya lagi. Cara seperti ini lebih efektif untuk mengembangkan suatu usaha dibandingkan dengan mengolah banyak produk dan tidak fokus terhadap produk yang dihasilkan.

Menjual Bibit Pohon

Bibit pohon bisa kalian jual untuk mendatangkan keuntungan yang menghasilkan. Banyak sekali para konsumen yang merasa tertarik untuk membeli berbagai jenis pohon untuk kemudian mereka tanam dan besarkan.

Salah satu contoh bibit pohon yang banyak dicari oleh para pelanggan adalah bibit pohon jati dan bibit pohon cendana. Jenis bibit ini banyak dicari para pelanggan karena sifatnya yang menguntungkan di masa depan. Sebagai contohnya pohon jati yang telah siap panen mampu dihargai puluhan juta saat akan dijual ke pengrajin mebel. Jadi dengan ini kalian bisa mencoba masuk menjadi salah satu pemasok bibit pohon.

Peluang Usaha Agribisnis Dengan Menjual Mesin Pertanian

Peluang usaha agribisnis terakhir yang bisa kalian dapatkan adalah dengan menjual berbagai mesin pertanian. pasar yang bisa dibidik adalah  para petani atau peternak yang ada disekitar rumah kalian. Prospek berjalannya bisnis ini sangatlah besar karena banyaknya kebutuhan dari para petani yang membutuhkan berbagai mesin untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Jangan pernah berpikiran bahwa menjual mesin pertanian membutuhkan banyak modal dan berbiaya tinggi untuk memulai. Bisnis ini nyatanya bisa kalian jalankan dengan biaya yang minim dan tidak terlalu membutuhkan banyak modal.

Caranya kalian bisa menjadi salah satu reseller mesin pertanian untuk kemudian dijual kembali ke para pelanggan. Kalian bisa menemukan produk pertanian yang berkualitas baik di berbagai toko online ataupun offline. Setelah kalian mendapatkan produk yang baik dan pemasok mesin pertanian. Langkah selanjutnya adalah dengan menawarkan produk tersebut via online ataupun offline kepada para pelanggan akhir.

Pastikan kalian benar-benar memahami spesifikasi dari produk yang ditawarkan. Hal ini berguna untuk menarik para pelanggan untuk percaya dan mulai membeli peralatan pertanian kepada kalian.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

One Comment

  1. Ada 9.606 Spesies tanaman obat di Indonesia. Namun dari jumlah tersebut, banyak yang hampir punah. Mari kita lestarikan tanaman obat bersama-sama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close