Peluang usaha

Inilah 6 Peluang Usaha Bagi Pensiunan yang Recomended Banget

Banyak orang bingung dengan peluang usaha bagi pensiunan apabila tidak mempersiapkan dari awal sebelumnya. Tetapi beberapa alternatif bisa dijadikan pilihan pekerjaan.

Pensiun merupakan sebuah kata dan posisi yang siapapun kita tidak bisa terhindar darinya. Secara namanya umur memang tidak bisa dihindari.

Pensiun ini tentu akan terjadi ketika kita sudah tua, tenaga sudah mulai hilang, fisik juga sudah melemah. Dan biasanya kalau sudah pensiun begitu malas sekali berpikir berat, bawaanya santai saja di rumah sendiri.

Tentu dong pensiun itu tidak hanya berlaku bagi mereka yang jadi PNS, tapi juga bagi semuanya yang umurnya memang sudah tidak mungkin untuk bekerja.

Peluang usaha bagi pensiunan

Peluang Usaha Bagi Pensiunan

Nah, bagi kamu yang punya bapak atau ibu, saudara, tetangga, ada peluang usaha yang perlu  dicoba, agar tetap berpenghasilan walaupun sudah tidak bisa bekerja.

1. Toko Kelontong

Peluang usaha bagi pensiunan yang pertama adalah toko kelontong, yup benar sekali toko kelontong merupakan usaha yang bisa dijaga di rumah. Bisa dilakukan di rumah sendiri, bahkan sambil santai pun juga bisa.

2. Kos-Kosan

Usaha ini tidak berat bagi para pensiun, tapi butuh modal yang lumayan. Secara kos-kosan ini memang bikin ruangan atau rumah baru, so kudu siap modal kalau mau usaha ini.

Loading...

Tapi kalau gak ingin modal besar juga bisa, cukup rumah sendiri dengan mengosongkan beberapa kamar, sudah jadi tuh kos-kosan.

3. Ternak Ikan

Yup, berikutnya bisnis yang mudah banget, bisa ditinggal, bisa dijaga dengan tidur juga yaitu ternak ikan.

Ternak ikan ini bisa ikan lele, ikan tombro, ikan nila dan sebagainya. Tentu dong usaha ini bisa dilakukan di rumah sendiri

Cukup mudah menjalankan bisnis ini, selain modalnya gak besar, perawatan dalam ternak ikan ini cukup mudah. Pokoknya gak perlu banyak gerak fisik.

4. Jasa Sewa Mobil

Bisnis berikutnya yang mudah banget tanpa harus bergerak dan cocok bagi pensiunan adalah usaha sewa mobil.

Secara sewa mobil ini mudah guys, tinggal promo sebanyak-banyaknya. Tunggu di rumah nunggu yang order, cuma gitu aja.

Tapi emang kudu hati-hati ya dalam usaha sewa mobil ini, paling tidak ketika sewa mobil harus ada peraturan yang bagus dan ketat, misal KTP harus ditahan, jam sewa dan lain sebagainya.

5. Usaha Tanam Pohon

Peluang usaha bagi pensiunan berikutnya yang ringan banget adalah usaha tanam pohon kayu, yup, usaha ini merupakan usaha yang menunggu hasil atau tidak bisa diambil pada saat itu juga.

Tanam pohon kayu ini rata-rata 5 tahun ke atas akan ada hasilnya, bisa menanam pohon seperti jabon, sengon, jati dll.

Untuk modal dalam usaha ini tidak banyak sih, cuma kalau belum punya tanah ya harus beli tanah dulu. Kalau sudah punya cuma mengeluarkan untuk beli bibit, pupuk dan biaya pengolahan tanah saja.

Cukup lumayan besar hasilnya usaha ini lho, tapi ya itu, butuh waktu untuk mendapatkan hasilnya.

6. Usaha Jual Bibit 

Nah, peluang usaha bagi pensiunan yang terakhir adalah usaha menjual bibit pohon, usaha ini mudah lho, bahkan bisa saja dilakukan dengan hobi.

Usaha ini bisa dilakukan di halaman depan rumah, di belakang rumah atau dimanapun. Secara usaha ini cuma menanam bibit tanaman seperti buah, bunga atau sayur, jadi cukup mudah dan gak berat.

Selain itu juga gak butuh modal besar dan hasilnya lumayan lho, cukup buat makan sehari-hari.

Rekomendasi lain : Tips Mengembangkan Karier dalam Pekerjaan

Yup itulah 6 peluang usaha bagi  pensiunan yang recomended, gak perlu berat atau main fisik, tapi tetap bisa menghasilkan uang buat makan sehari-hari.

Semoga bermanfaat ya



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button