Peluang Usaha Bisnis yang Lagi Trend

5 Peluang Usaha Bisnis yang Lagi Trend, Padahal Dulunya dipandang Sebelah Mata

Saat ini banyak sekali bisnis yang mulai hadir di Indonesia. Banyak pengusaha yang bisa mengembangkan kreativitas menjadi peluang usaha bisnis dengan sangat elegan. Jangan heran juga kalau saat ini banyak sekali bisnis yang kesannya ‘biasa’ malah sekarang menjadi trend.

Anda bisa melihat bisnis model begini di lingkungan sekitar. Ada banyak sekali peluang usaha bisnis yang dulunya dipandang sebelah mata namun sekarang bisa booming dan laris manis layaknya kacang goreng.

Peluang Usaha Bisnis yang Lagi Trend Saat ini

Banyak juga orang yang akhirnya ikut-ikutan membangun bisnis yang sama, dengan model bisnis yang sama pula.Lantas, apa saja bisnis yang dulunya biasa – biasa saja,  namun sekarang jadi trend?

1. Bisnis Kuliner Kekinian

Bisnis kuliner mungkin sudah lama hadir sejak lama di Indonesia, namun sepertinya hanya sebagian saja yang tampak mencolok.

Seiring berjalannya waktu, bisnis kuliner semakin menjamur dan banyak model bisnisnya. Bahkan bisnis kuliner sekarang sudah sangat kreatif dan unik-unik, ada-ada saja yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Contoh bisnis kuliner trend sebut saja banana nugget, olahan mangga, martabak pizza, tempe gila, maicih, mochimacho dan lain sebagainya.

Beberapa contoh peluang usaha bisnis kuliner unik di atas mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi dan inspirasi.

Masyarakat pun sedang gencar-gencarnya berburu jajanan kuliner yang unik dan fresh sehingga bisa memanjakan lidah.

Loading...

Misalnya saja martabak pizza, ini menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan. Untuk berbisnis juga tidak terlalu muluk-muluk dan prospeknya pun cukup bagus.

BacaMengenal Gibran Rakabuming Raka, Anak Presiden yang Jualan Martabak

Jika Anda berminat, berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan beserta estimasinya:

  • Pengadaan etalase atau gerobak = 3 juta rupiah.
  • Perlengkapan masak = 1 juta rupiah.
  • Sewa tempat per tahun = 6 juta rupiah.
  • Meja dan kursi untuk pelanggan = 2 juta rupiah
  • Jumlah modal awal = 12 juta rupiah.
Perkiraan omzet:

Seandainya saja, penjualan pizza martabak bisa laku 20 bungkus per harinya. Untuk satu porsi dijual 30.000, maka kita lakukan faktor kali saja. Sekiranya dalam sehari bisa mengantongi Rp 600.000.

Itu berarti, dalam sebulan Anda bisa memperoleh omzet 600.000 x 30 = Rp 18 juta.

Sekiranya, itu hanya perkiraan omzet bukan profit bersihnya. Kalau Anda ingin menghitung profitnya, maka Anda perlu menghitung biaya operasionalnya juga setiap bulan.

Agar peluang usaha bisnis Anda berkembang dengan cepat, tentu di awal-awal Anda harus menghemat biaya seminimal mungkin.

Ini juga bisa membuat Anda mendapat balik modal dengan lebih cepat dibanding tidak menekan pengeluaran.

Baca juga : 10 Contoh Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Wajib dicoba!

2. Barbershop Modern

Peluang usaha Bisnis
Sumber : Tribun Bogor – Tribunnews.com

Perbedaan antara pangkas rambut dulu dengan yang modern ini bisa dilihat dari pemilihan interior dan desain.

Tempat pangkas rambut modern ini lebih artistik. Pemilihan kursi, cat tembok, ruang tunggu, ditata sedemikian rupa buat bikin pelanggan lebih betah dan nyaman.

Pangkas rambut jaman dulu mungkin masih sebatas potongan rambut yang itu-itu saja. Namun sekarang bisnis barbershop sudah di improvisasi menjadi lebih modern dan comfortable.

Bahkan, Bapak Presiden Joko Widodo juga pernah menyempatkan diri untuk dipangkas rambutnya di salah satu barbershop modern di kota Bogor beberapa waktu yang lalu.

Kalau sudah begitu, peluang usaha bisnis barbershop tentu akan menciptakan image positif, branding dan tentunya lebih banyak pengunjung.

Apalagi kids zaman now sudah sangat mulai fashionable dan kekinian banget, sudah pasti bisnis barbershop modern bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Anda tertartik mencoba bisnis pangkas rambut modern? Mari kita intip budget yang perlu disiapkan terlebih dahulu.

Budget Barbershop Modern
  • Sewa lokasi = Rp 6 juta per tahun
  • 2 kursi pangkas rambut = Rp 750.000 x 2 = Rp 1,5 juta
  • 2 cermin dua sisi = Rp 500.000 x 2 = Rp 1 juta
  • 1 AC = Rp 3 juta
  • 1 laci dan meja penyimpanan = Rp 1,5 juta
  • 1 set peralatan cukur = Rp 1,5 juta
  • Peralatan pendukung = Rp 1 juta
  • Biaya iklan/promosi = Rp 500.000

Total investasi awal yang harus dipersiapkan adalah = Rp16 juta

Sekiranya itu perkiraan modal yang harus Anda siapkan untuk membuka bisnis barbershop modern ini. Itu juga perkiraan kotor.

Kalau ingin yang lebih komplit dan memberikan experience berbeda, tentu Anda harus mempersiapkan budget tambahan.

Perhitungan omzetnya, kita hitung dalam bulanan. Misal sehari ada 30 orang dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 70.000 tergantung model dan jenis usianya.

Kalau di ambil rata-rata, katakanlah 40.000 maka dalam sehari bisa mengantongi omzet Rp 1,2 juta. Itu berarti, dalam sebulan bisa tembus omzet Rp 36 juta.

Untuk biaya operasional di bisnis ini juga tidak terlalu banyak, paling-paling untuk pengeluaran promosi, listrik atau karyawan.

Asal hasil pangkasnya bagus, bisnis ini akan terus dibanjiri pelanggan. Apalagi untuk pangkas rambut pria, biasanya lebih sering dicukur agar style bisa tetap dijaga.

Ada beberapa metode dalam model bisnis pangkas rambut modern.

Anda bisa menjadi tukang cukur itu sendiri (self employed), bagi hasil dengan orang lain atau merekrut beberapa karyawan.

Kalau Anda sudah bisa memangkas rambut dengan baik, maka sebaiknya maksimalkan potensi diri terlebih dahulu unutk menekan biaya pengeluaran.

Namun kalau sekiranya hasil pangkas Anda kurang bagus, maka sebaiknya rekrutlah karyawan atau bagi hasil dengan orang lain yang punya keahlian memangkas rambut.

Hal ini agar bisnis Anda bisa tetap langgeng dan menjaga image dari bisnis barbershop modern. Tetapi tetap saja, ini tergantung keputusan Anda.

3. Bisnis Waralaba

Seperti yang kebanyakan orang tahu, banyak binis waralaba yang muncul di berbagai pelosok di Indonesia.

Peluang usaha bisnis ini sebenarnya sangat potensial di Indonesia, dari sekian banyak bisnis waralaba tentu ada beberapa yang sangat mencolok dan digandrungi masyarakat.

Kalau Anda ingin membuka bisnis waralaba, pilihlah jenis waralaba yang bisa dijalankan sesuai kemampuan Anda misalnya di bidang kuliner.

Selain pasarnya masih sangat menjanjikan, bisnis kuliner juga biasanya lebih bisa dinikmati oleh semua kalangan. Anda bisa menjalin kerja sama dengan pemilik waralaba lalu bernegosiasi mengenai harga waralabanya.

Anda bisa melakukan registrasi dan perjanjian dengan franchisor, lalu mempelajari hal-hal yang harus dilakukan sebagai seorang mitra waralaba.

Baca juga : Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Franchise dengan Modal Kecil

4. Bisnis Online

Bisnis Online

Jika kita berbicara beberapa tahun ke belakang, sepertinya kabar bisnis online belum setenar sekarang. Bahkan mungkin, bisnis online dulu dianggap sebagai sesuatu yang tabu dan tidak masuk akal.

Pikiran kita dulu, “Apa iya ada orang yang bisa menghasilkan uang dari online? Wah, pasti itu bisnis tipu-tipu.”

Padahal, kalau kita bisa open minded sejak dulu, kita bisa mengenal dengan lebih cepat apa itu bisnis online.

Seperti sekarang ini, banyak sekali pebisnis online yang hadir di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Banyak startup digital bermunculan, UKM sudah mulai goes online dan para internet marketer sudah bertebaran dimana-mana.

Hal yang dulu dianggap seperti tidak masuk akal, sekarang peluang usaha bisnis online sudah mulai masuk akal. Masyarakat semakin teredukasi dengan mudahnya akses internet.

Hadirnya marketplace dan e-commerce juga memudahkan kita untuk melakukan jual beli secara online.

Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis di ranah online, sebenarnya ada beberapa strategi yang bisa dilakukan agar omzet bisnisnya bisa meningkat.

Strategi itu bisa berupa email marketing, digital marketing, sosial media marketing, SEO dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memulai bisnis online tanpa modal seperti menjadi dropshipper dan blogger.

Berbagai ilmu dan strategi pemasaran online sebenarnya sudah banyak beterbaran di internet, tinggal seberapa besar kemauan kita untuk menggapai mimpi-mimpi kita.

5. Bisnis Produk Digital

Peluang usaha bisnis ini sepertinya ini lebih khusus lagi kepada produk digital. Produk digital ini sangat variatif, beberapa diantaranya yaitu e-book, e-course, template blog, software dan game.

Kalau Anda suka nulis dan ternyata memiliki skill terhadap suatu hal, Anda bisa menulis e-book lalu menjualnya di forum-forum.

Selain itu, Anda juga bisa menciptakan software atau game jika Anda memiliki keahlian dalam hal programming. Produk digital ini juga bisa dibedakan menjadi dua, ada yang life time access dan period time access.

Life time access berarti bayar sekali bisa dapat digunakan seumur hidup, sedangkan period time access ada jangka waktunya (misalnya 1 bulan, 3 bulan atau 1 tahun).

Lantas, bagaimana menjual produk digital ini?

Sebenarnya ada banyak cara, salah satunya menjual di forum-forum tertarget baik untuk lokal maupun mancanegara.

Misalnya Anda ingin menjual Ebook Panduan SEO Lengkap, maka Anda bisa menjualnya di Ratakan atau Idaff. Untuk omset penjualan dari bisnis digital ini sebenarnya cukup menjanjikan.

BacaMarketing Sosial Media untuk Usaha dan Promosi Bisnis

Mari kita ilustrasikan jika Anda menjual produk digital, ebook misalnya.

1 Ebook premium harganya Rp 300.000, kalau strategi pemasarannya tepat dan isinya bagus maka pasti akan sangat laris.

Apalagi kalau ebooknya itu dibutuhkan banyak orang dan belum pernah ada yang menulis topik tersebut sebelumnya.

Kalau ebook itu laku 1000 eksemplar saja, maka kamu sudah bisa mengantongi omzet Rp 300.000.000. Untung bersihnya mungkin akan dipotong biaya desain ebook dan promosi. Sangat menggiurkan bukan?

Itu juga baru salah satu contoh produk digital yang dijual, belum lagi produk digital lain seperti software, game dan yang lainnya.

Bayangkan betapa gurihnya bermain di bisnis produk digital ini.

Dengan strategi pemasaran yang tepat, produk digital ini bisa menjadi salah satu bisnis yang sedang trend saat ini. Terutama bagi para internet marketer dan digital marketer.

Nah demikianlah beberapa peluang usaha bisnis yang sedang trend padahal dulu sepertinya dianggap biasa saja, bahkan mungkin bisnis-bisnis tersebut sempat dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Kemajuan zaman memang bisa merubah sesuatu dengan sangat drastis, salah satunya ada pada dunia bisnis.


Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Komentar

    Avatar

    Bener banget nih.. kerjaan nyata yang lumayan cepet menghasilkan apabila diseriusi. Mantepp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *