Peluang usaha

Peluang Usaha Fitness Center : Gaya Hidup Masyarakat yang Mendatangkan Keuntungan

Peluang usaha fitness center sudah semakin ramai dijalankan oleh banyak masyarakat di perkotaan. Saat ini pun tidaklah terlalu sulit untuk menemukan tempat fitness untuk dijadikan tempat berolahraga dan menjalani hidup sehat.

Hal diatas dapat terjadi karena adanya perubahan gaya hidup di dalam masyarakat perkotaan. Dimana masyarakat yang dulu lebih cuek dan tidak terlalu mementingkan penampilan mulai berubah menjadi lebih peduli dengan penampilan mereka.

Fitness center saat ini seakan-akan menjadi sebuah gaya hidup yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

Gaya hidup masyarakat perkotaan inilah yang bisa kita manfaatkan sebagai sebuah peluang usaha untuk mendapatkan laba yang menggiurkan. Dengan membuka sebuah usaha fitness center akan ada banyak sekali masyarakat yang akan menggunakan jasa yang anda tawarkan.

Namun, meskipun usaha fitness center masih memiliki prospek yang baik untuk dijalankan. Kita tetap harus mengatur sebuah strategi bisnis sebelum terjun langsung memulai usaha yang dijalankan.

Tujuannya adalah agar usaha yang kalian lakukan dapat sukses dan berhasil mendapatkan pasar didalam masyarakat. Berikut beberapa kiat usaha yang bisa kita lakukan sebelum membuka usaha fitness center di perkotaan.

Ruangan Usaha yang Cukup dan Nyaman

Kiat pertama yang perlu kalian lakukan sebelum membuka usaha fitness center adalah dengan menyiapkan ruangan usaha yang memadai dan nyaman bagi para pengunjung fitness center yang anda dirikan.

Ingatlah, bahwa peralatan fitness memiliki ukuran yang besar dan hal ini sangat membutuhkan ruangan yang cukup luas agar mampu menampung peralatan yang akan digunakan para pelanggan anda.

Sangat tidak disarankan untuk membuka usaha fitness center dengan menggunakan satu buah ruko yang kecil. Ruko yang kecil tidak akan mampu menampung cukup peralatan yang akan anda gunakan sebagai peralatan latihan para pelanggan. Walaupun anda memaksakan untuk menggunakan satu ruko kecil untuk tempat usaha, para pelanggan pasti akan merasa tidak nyaman dengan ruangan fitness anda.

Hal diatas dapat terjadi karena disaat berolahraga banyak orang yang membutuhkan ruangan yang cukup luas agar tidak merasa sumpek karena banyaknya orang di tempat yang kecil dan sama-sama sedang berolahraga.

Selain itu peralatan fitness yang perlu anda siapkan pasti tidak mungkin hanya satu saja untuk setiap jenisnya. Paling tidak minimal anda memiliki 2 peralatan dengan jenis yang sama agar para pelanggan anda tidak perlu mengantri pelanggan lain jika ingin menggunakan peralatan anda.

Kenyamanan Pelanggan Anda Perlu Diperhatikan

Faktor tempat yang memadai bukan hanya berhubungan dengan luas ruangan yang anda gunakan sebagai tempat usaha fitness center. Tapi juga berkaitan dengan kenyamanan para pelanggan disaat datang untuk berolahraga ditempat anda.

Kenyamanan para pelanggan sangat berkaitan dengan penempatan peralatan fitness yang anda miliki. Anda harus mampu mengatur jarak antara peralatan satu dengan peralatan yang lain dengan jarak yang cukup ideal. Peralatan fitness yang terlalu berdekatan satu sama lainnya akan membuat para pelanggan anda terganggu dengan pelanggan lain yang sama-sama sedang berolahraga.

Jadi kecerdasan dalam mengelola penempatan peralatan perlu kalian miliki agar kenyaman pengunjung dapat tercipta.

Hal selanjutnya yang menjadikan pelanggan anda nyaman untuk berkunjung ke tempat usaha fitness center anda adalah tempat tersebut harus memiliki pendingin ruangan yang memadai.

Pendingin ruangan perlu dipasang agar pengunjung yang datang ke dalam tempat fitness anda tidak merasa gerah karena banyaknya pengunjung yang juga berolahraga. Pendingin ruangan yang dimiliki juga memiliki fungsi sebagai penyegar udara dan mengatur sirkulasi udara yang ada didalam ruangan.

Pendingin ruangan mutlak anda gunakan dalam usaha fitness center dikarenakan sangat sulitnya membuat ventilasi udara yang memadai disaat kita membangun usaha ditengah kota yang dipenuhi gedung tinggi.

Tambahkan juga dinding kaca pada tempat usaha anda agar memiliki kesan yang luas. Dinding kaca juga berfungsi agar pelanggan bisa berkaca apabila mereka menginginkannya.

Pilihlah Lokasi Usaha yang Tepat

Lokasi dikatakan sebagai lokasi yang strategis jika mampu mendatangkan banyak pelanggan untuk datang ke dalam tempat usaha anda. Berkaitan dengan usaha fitness center, lokasi usaha yang strategis adalah yang berdekatan dengan pasar yang anda target.

Sebagian besar pelanggan fitness center adalah kelas menengah ke atas, bisa para pekerja kantor ataupun para mahasiswa perguruan tinggi. Jadi, anda harus tahu dimana lokasi target pasar diatas yang paling banyak berada di daerah anda.

Adalah lebih baik jika anda mampu membuka usah fitness center yang berada ditengah-tengah kota dan berada pada sekitar tempat bekerja atau kampus besar.

Para pekerja yang menjadi salah satu target pasar anda bisa datang disaat mereka selesai bekerja yaitu pada waktu sore atau malam hari. Biasanya mereka memilih langsung datang ke tempat fitness dan tidak pulang ke rumah terlebih dahulu. Oleh karena itulah tempat fitness yang berdekatan dengan lokasi kantor bisa dijadikan pilihan untuk mereka.

Target pasar selanjutnya adalah para mahasiswa yang sadar dengan penampilan mereka dan ingin mengikuti gaya hidup sehat lewat berolahraga di fitness center. Dikarenakan para mahasiswa memiliki pola belajar dikampus yang beragam jadi mereka tidak harus sore atau malam untuk datang ke tempat fitness anda. Mereka biasanya akan datang ke fitness center dengan menyesuaikan jadwal kuliah.

Keuntungan Lokasi Dekat Pasar

Lokasi yang berdekatan dengan pasar seperti yang telah dijelaskan diatas memiliki keuntungan yang akan berdampak pada keberlangsungan usaha yang anda rintis. Dimana para pelanggan akan lebih memilih fitness center anda dibandingkan fitness center yang terlalu jauh. Hal ini bisa terjadi karena adanya rasa malas jika harus pergi jauh dan menghadapi kemacetan dikota besar.

Selanjutnya dikarenakan anda mampu menyediakan tempat usaha yang strategis dan banyak didatangi para pengunjung. Perputaran uang dalam usaha anda menjadi lebih tinggi dan laba yang bisa anda dapatkan dapat menjadi optimal. Hal ini tentu tidak dapat diperoleh dari tempat usaha yang sepi dengan pengunjung akibat lokasi yang salah.

Pengadaan Peralatan Usaha Fitness Center

Memiliki peralatan merupakan hal yang mutlak anda perlukan jika ingin membuka sebuah usaha fitness center. Tanpa adanya peralatan usaha, fitness center yang anda dirikan tidak akan mampu untuk mendapatkan pelanggan.

Disaat anda membeli peralatan fitness adalah lebih bijak jika anda mampu membeli peralatan yang mampu melatih keseluruhan bagian tubuh para pelanggan. Mulai dari peralatan untuk melatih otot lengan, otot kaki, bagian dada, dan juga bagian punggung para pelanggan anda.

Kelengkapan peralatan yang anda miliki akan menjadikan usaha yang anda geluti mampu untuk menarik para pelanggan untuk datang berolahraga.

Hal ini sangat penting dikarenakan akan terasa percuma saja jika anda menyiapkan tempat usaha yang nyaman tapi tidak didukung dengan kelengkapan peralatan yang akan digunakan para pelanggan nantinya.

Berikan Peralatan yang Disukai Para Pelanggan

Pengadaan peralatan fitness harus juga memperhatikan faktor ketertarikan para pelanggan untuk menggunakan peralatan tersebut sebagai sarana berolahraga. Lakukanlah survei dengan mulai mendatangi tempat pesaing fitness center, amatilah para pelanggan disana dan perhatikan peralatan apa saja yang paling banyak digunakan oleh para pelanggan.

Atau anda juga bisa bertanya dengan pemiliki usaha fitness center yang lain tentang peralatan yang paling banyak digunakan para pelanggan. Pengetahuan tentang hal ini akan menentukan peralatan apa yang seharusnya anda miliki lebih banyak dan peralatan apa yang tidak perlu anda miliki.

Sehingga saat anda membuka usaha fitness center, peralatan tersebut tidak menjadi sia-sia karena tidak pernah digunakan oleh para pelanggan nantinya.

Temukan Peralatan Fitness yang Berkualitas

Mendapatkan peralatan fitness artinya anda harus memiliki jaringan dengan distributor peralatan fitness di kota anda. Temukanlah distributor terpercaya yang bisa anda jadikan mitra untuk mengadakan peralatan yang akan kalian gunakan untuk usaha nantinya.

Waspada terhadap peralatan fitness yang abal-abal atau palsu karena meskipun mereka menawarkan harga yang lebih murah kualitasnya sangatlah buruk. Peralatan fitness yang abal-abal akan merugikan anda sendiri selaku pemilik usaha fitness center.

Pertama peralatan fitness center yang palsu akan memiliki potensi kerusakan yang lebih besar dikemudian hari dan hal ini tentu akan menambah beban anda selaku pemilik usaha. Niatan awal membeli peralatan fitness agar mampu menekan biaya tapi malahan menambah biaya dikemudian harinya.

Kedua, kemungkinan munculnya resiko kecelakaan yang akan menimpa para pelanggan yang menggunakan peralatan fitness anda. Hal ini sangatlah beresiko dan membahayakan para pelanggan anda jika tetap anda lakukan.

Lebih baik anda membeli peralatan fitness yang asli dengan garansi produk yang ada. Peralatan fitness yang asli memang lebih mahal dalam pengadaannya tapi hal ini sepada dengan apa yang akan kalian dapatkan. Resiko kerusakan peralatan akan sangat kecil terjadi di kemudian hari dan meskipun mengalami kerusakan, garansi yang ada bisa anda gunakan untuk memperbaikinya.

Hal yang lebih penting dari pada itu semua adalah peralatan fitness yang asli tidak akan beresiko mencederai para pelanggan yang memakai peralatan anda.

Tambahkan Fasilitas yang Lainnya

Bisnis fitness center merupakan bisnis jasa yang artinya pelayanan kepada para pelanggan adalah yang utama anda lakukan.

Jika anda menginginkan para pelanggan tetap setia mengunjungi tempat usaha anda berikanlah nilai lebih yang tidak mereka dapatkan ditempat lain.

Caranya anda bisa memberikan para pelanggan anda gratis air minum dan anda pun menyediakan gelas agar mereka bisa mengambil sendiri minuman tersebut. Penyediaan air minum merupakan antisipasi untuk para pelanggan yang tidak membawa air disaat mereka berolahraga.

Dengan adanya air minum gratis, para pelanggan pasti akan lebih terbantu dengan hal itu. Ditambah lagi tidaklah terlalu memakan banyak biaya saat menyediakan air minum gratis untuk para pelanggan.

Sediakanlah pula loker untuk para pelanggan anda meletakkan barang yang mereka bawa agar tidak terjadi peristiwa kehilangan barang didalam usaha fitness center anda. Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah penyediaan fasilitas kamar mandi dan tempat mengganti pakaian di tempat usaha anda.

Hal ini dikarenakan banyak dari pelanggan yang datang ke tempat fitness selesai mereka bekerja dan tidak sempat untuk mandi. Jadi disaat anda menyediakan fasilitas ini kepada mereka tentu akan sangat membantu sekali dan usaha fitness center anda akan memiliki nilai lebih dimata para pelanggan.

Usaha Fitness Center Memerlukan Pelatih atau Trainer

Disaat anda memutuskan untuk membuka usaha ini, maka salah satu jasa yang perlu anda siapkan adalah para trainer yang akan melatih pelanggan anda. Dengan adanya trainer, para pelanggan dapat diarahkan sesuai dengan tujuan mereka datang ke tempat latihan. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali pengunjung dengan tujuan yang berbeda saat datang ke tempat latihan, mulai dari membangun massa otot sampai mengurangi lemak tubuh.

Dengan adanya trainer para pelanggan anda dapat diarahkan tentang cara mereka mangatur pola makan, kemudian pola latihan yang sesuai dan perlatan yang harus digunakan agar tujuan mereka dapat tercapai. Sehingga mereka tidak asal-asalan saat menggunakan peralatan fitness dan tujuan mereka dapat tercapai dengan baik.

Dengan adanya trainer juga, hasil latihan yang didapatkan para pelanggan anda dapat lebih mudah tercapai. Sehingga disaat mereka hasil yang lebih cepat terlihat pasti mereka lebih antusias untuk mengikuti kegiatan latihan ti tempat fitness center yang anda dirikan.

Anda bisa memilih para trainer yang telah memiliki pangalaman dalam dunia fitness center. Sehingga hasil kerja yang mereka lakukan dapat menjadi optimal dan para pelanggan yang menggunakan jasa mereka tidak akan dikecewakan.

Tambahkan dengan Kelas yang Lain

Usaha Fitness center tidak hanya berada disekitar peralatan fitness saja. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa anda jadikan kelas-kelas tersendiri dan akhirnya akan menambah jumlah uang yang akan anda dapatkan dikemudian hari.

Caranya anda bisa membuka kelas olahraga yang lain seperti kelas yoga, aerobik, zumba, dan kelas-kelas yang lainnya. Anda bisa mengatur jadwal kelas-kelas tersebut setiap minggu sekali atau beberapa kali dalam seminggu sesuai dengan jumlah pelanggan yang mengikuti kelas nantinya.

Memberikan metode olahraga yang baru kepada para pelanggan akan menjadikan mereka tidak mudah bosan dengan fitness center yang anda dirikan. Sehingga mereka akan terus berlatih dan berolahraga di fitness center anda.

Jika para pelanggan merasa bosan dengan metode latihan yang ada di tempat fitness anda. Mereka tidak akan kembali lagi untuk datang ke tempat usaha anda. Jadi, anda harus menjaga konsistensi para pelanggan untuk datang ke tempat usaha dengan memberikan metode yang baru kepada mereka.

Petugas yang Anda Butuhkan dalam Usaha Fitness Center

Melakukan sebuah usaha tidaklah bisa dilakukan dengan seorang diri. Anda membutuhkan beberapa orang untuk membantu anda menjalankan bisnis agar dapat berjalan dengan baik di masa depan.

Karyawan yang anda butuhkan meliputi Trainer yang akan bertugas membantu pelanggan membentuk tubuh mereka secara ideal. Jumlah Trainer yang anda perlukan harus disesuaikan dengan jumlah pelanggan anda nantinya.

Selanjutnya anda membutuhkan Admin yang bertugas mencatat keanggotaan  dan menjadi pihak yang  berada pada bagian depan usaha. Petugas selanjutnya adalah mereka yang bertugas membersihkan peralatan fitness dan memperbaiki peralatan jika ada kemungkinan tanda-tanda kerusakan.

Semakin berkembang dan majunya usaha yang anda miliki, maka anda pasti membutuhkan semakin banyak jumlah karyawan.

Hal yang perlu anda ingat dalam memilih karyawan adalah cara mereka melayani para pelanggan yang datang. Berikan budaya kerja kepada mereka untuk selalu ramah dan tersenyum menghadapi para pelanggan yang datang.

Jika anda memiliki karyawan yang tidak sesuai dengan kriteria yang anda inginkan, jangan segan memberinya waktu untuk memperbaiki diri. Hal ini perlu dilakukan agar jangan sampai usaha yang anda jalankan tidak berjalan optimal. Jadi, pastikan pegawai anda mampu melayani pelanggan dengan baik.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close