Peluang usahaUlasan Bisnis

5 Peluang Usaha Menguntungkan yang Menjamin Kamu bisa Jadi Kaya Raya

Berapa umur kalian saat ini? Jika kalian saat ini berumur antara 18 sampai 30 tahun mungkin kalian akan sering berpikir tentang satu hal, yaitu uang. Lalu bagaimana cara mendapat uang lebih selain kerja di kantor? Apakah ada peluang usaha menguntungkan? Berapa penghasilan kita jika membuat usaha sendiri?

Saya sendiri punya banyak sekali pengalaman berwirausaha, dan kali ini akan saya share kepada kalian jenis-jenis usaha yang bisa kalian pelajari kemudian kalian terapkan. Mengapa harus dipelajari??? Setidaknya kita butuh sedikit pengalaman agar usaha yang akan kita jalankan bisa sukses.

Saya sendiri secara pribadi pernah rugi besar dalam berwirausaha, alasannya juga sangat sepele. Contohnya saja saat saya budidaya lele, ikan saya semua mati hanya karena air yang saya gunakan tercampur dengan tawas.

Saat itu terjadi pergantian air namun sayangnya air yang biasa saya gunakan habis dan saya menggantinya dengan air yang biasa saya gunakan untuk mandi.

Peluang usaha menguntungkan

Saya akan menjelaskan kepada kalian beberapa jenis peluang usaha menguntungkan yang bisa kalian pelajari dengan modal minim, dan berikut rinciannya.

1. Hidroponik

peluang usaha menguntungkan

Hidroponik merupakan salah satu peluang usaha menguntungkan yang dapat kamu tekuni, pasalnya saja kamu tidak membutuhkan lahan yang luas dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Memang benar bahwa banyak orang bilang jika kita ingin membuat hidroponik, tentunya kita akan membutuhkan dana yang lebih besar daripada menggunakan cara konvensional. Tetapi kalian bisa lihat bahwa hidroponik lebih ekonomis dan tidak perlu perawatan tambahan seperti pestisida dan bahan-bahan kimia lainya.

Selain itu jika kita tinggal ditempat yang padat penduduk, kita bisa mencoba menggunakan paralon dan menaruhnya pada dinding atau genting rumah kita. Untuk Percobaan kalian bisa membuat secara kecil-kecilan hidroponik menggunakan sistem wick.

2. Ternak Ayam

peluang usaha menguntungkan

Ayam merupakan hewan ternak yang sering kita temui di berbagai daerah, jenisnya juga bermacam-macam tetapi untuk bisnis kita bisa memilih ayam pedaging atau ayam petelur yang keduanya sama-sama menguntungkan.

Bisnis ini jika ditekuni bisa menjadi peluang usaha menguntungkan loh. Menurut pengakuan dari salah satu peternak ayam pedaging bahwa bisnisnya bisa menghasilkan laba dua kali lipat bahkan lebih dari modal awalnya.

Jadi bisa dipastikan jika kita bisa menguasai bisnis yang satu ini kita bisa cepat kaya hanya dalam hitungan bulan. Tapi ingat bahwa jika ingin memulai usaha ini secara besar-besaran tentu kita harus menjauhkan dari wilalah penduduk. Karena bau dari kotoran ayam sangatlah menyengat dan akan menggangu pemukiman sekitar.

Kalian bisa belajar beternak ayam dan melakukan percobaan dengan cara membeli beberapa ekor ayam, dan kalian juga bisa menggunakan kandang dari kardus untuk alternatifnya.

3. Cacing Tanah

peluang usaha menguntungkan

Mungkin kalian akan merasa jijik jika melihat hewan tanpa tulang belakang yang satu ini. Tapi kalian tahu gak jika hewan yang sering kita jadikan umpan memancing ini ternyata jadi peluang usaha menguntungkan yang memiliki pasar yang sangat luas. Cacing tanah sendiri biasanya digunakan untuk pembuatan obat dan bahan kosmetik.

Beternak cacing sebetulnya gampang-gampang susah. Tetapi jika kita bisa menguasai jenis usaha ini kita mungkin akan jadi jutawan seperti pengakuan para peternak cacing yang saya temui.

Walaupun saya sudah tahu ilmunya, dan mencoba mengaplikasikanya dengan perawatan yang maksimal, saya tetap tidak berhasil dalam jenis usaha ini. Tempat yang saya tempati untuk beternak cacing sama sekali tidak mendukung.

Saat saya baru mulai beternak cacing, tempat cacing saya besoknya pun langsung penuh dengan semut. Dan dalam waktu dua minggu cacing pun sudah tidak ada lagi dalam wadah.

4. Burung Puyuh

peluang usaha menguntungkan

Kalian mungkin sering menjumpai telur burung puyuh, namun apakah kalian pernah melihat sendiri rupa dari burung puyuh. Jujur saja saya sendiri belum pernah melihat burung puyuh secara langsung sebelum saya datangi peternakan nya sendiri

Dan setelah saya teliti ternyata budidaya ternak burung puyuh bisa jadi peluang usaha menguntungkan, sebab permintaan pasar akan telur burung puyuh sangatlah besar. Apabila burung tidak bisa bertelur lagi kita bisa menjual dagingnya dengan harga yang lumayan tinggi.

Pernah ada suatu berita tentang seorang yang sukses beternak burung puyuh di kecamatan Manyar Gresik. Sang pengusaha tersebut mengaku mendapatkan omzet hingga ratusan juta rupiah per bulan. Setelah saya datangi ternyata pengusaha tersebut beternak burung puyuh di lantai dua rumahnya, mengejutkan sekali bukan.

5. Ikan Lele

peluang usaha menguntungkan

Mengapa ikan lele? bukankah banyak ikan lain yang dapat dibudidayakan? Pertanyaan tersebut pernah ditanyakan teman saya saat saya pertama kali memulai usaha ternak lele.

Saya menjawab “memang benar bahwa masyarakat lebih gemar menyantap ikan gurami atau ikan nila daripada ikan lele. Tetapi saya juga baru belajar ternak ikan, dan ikan yang paling mudah dibudidayakan adalah ikan lele”.

Ikan lele pada dasarnya memiki daya tahan tubuh lebih kuat daripada ikan pada umumnya, jadi sangat cocok untuk orang yang ingin belajar ternak ikan,

Ikan lele juga bisa lebih cepat panen daripada ikan nila. Jika ikan nila minimal membutuhkan waktu 4 bulan untuk panen, maka ikan lele hanya membutuhkan waktu 2 – 3 bulan untuk panen.

Dan informasi yang tidak kalah penting walaupun ikan nila lebih digemari, ternyata permintaan pasar akan lele juga tidak kecil. Jadi kalian juga tidak usah ragu jika ingin memulai peluang usaha menguntungkan ini.

Selain usaha-usaha diatas masih banyak jenis usaha lain yang dapat kalian coba. Seperti kerajinan dari bahan bekas ataupun kerajinan dari kain flanel. Dan saya juga ingin memberi saran bahwa bukan hanya ilmu saja yang dibutuhkan untuk bisa menjadi sukses, namun kita juga butuh niat dan semangat pantang menyerah yang besar,

Banyak sekali tantangan saat kita mulai berwirausaha, banyak dari teman-teman kita yang mundur karena pernah merasakan pahitnya perjuangan untuk bisa menjadi sukses. Namun jika kita bersabar maka niscaya kita akan bisa melewati semua rintangan. Karena Tuhan sesungguhnya selalu bersama orang-orang yang bersabar.

Saran saya yang lain adalah bahwa terkadang kita berada di atas namun juga ada kalanya kita berada dibawah, jadi janganlah kita bersikap sombong saat kita sudah sukses nanti. Karena harta sesungguhnya merupakan rahmat dari Tuhan yang maha esa.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

2 Comments

  1. Cocok sekali buat yang mau bikin usaha agar tidak goyah pendiriannya soal usaha apa yang bakal dipilih nantinya. Terima kasih sudah berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close