Internet

Pemandian Air Panas di Bali dengan Latar Pemandangan yang Menakjubkan

Pemandian air panas di Bali menjadi salah satu destinasi wisata alternatif selain pantai. Ada banyak wisatawan yang ingin ke objek wisata selain pantai sehingga rasanya patut juga dibahas di sini. Supaya Anda semua tahu bahwa di Bali juga Anda bisa merasakan hal lainnya yang tidak kalah menyenangkan dibandingkan di pantai atau kota.

Pemandian air panas bukan sekadar tempat wisata tapi juga tempat yang bisa memberikan manfaat kesehatan. Air panas yang berasal dari alam bisa membuat tubuh terbebas dari segala jenis penyakit.

Baca juga10 tempat Wisata Terpopuler di Bali yang Paling Hits di Tahun 2018

Pemandian Air Panas di Bali Paling Nyaman dengan latar pemandangan Indah

Ada beberapa tempat pemandian air panas yang bisa Anda pilih. Ingin tahu apa saja? Langsung saja ini dia beberapa pemandian air panas terbaik yang ada di Bali.

1. Pemandian Air Panas Yeh Panes

Pemandian Air Panas di Bali
Via booking.com

Pemandian air panas di Bali ini letaknya ada di daerah Tabanan. Sama seperti pemandian air panas pada umumnya, di sini air yang ada pada kolam merupakan hasil dari alam.

Lebih tepatnya dari sebuah gunung berapi. Tentu saja memiliki banyak khasiat dan panasnya alami tanpa mesin pemanas apa pun.

Pemandian air panas ini terdapat di Desa Penatahan, tepatnya berada di lokasi sebelah Sungai Yeh Ho. Di dekat tempat ini ada taman kupu-kupu yang sangat terkenal.

Apabila Anda ingin mengunjungi tempat ini maka tidak akan sulit untuk mencarinya karena ada petunjuk jalannya, di GPS juga akan terdeteksi. Tinggal cari saja lokasi ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort.

Loading...

Untuk sampai ke lokasi ini jika dari Bedugul memerlukan perjalanan selama 1 jam 10 menit dengan jarak 38 km. Kebanyakan pelancong akan melanjutkan perjalanan ke Pura Tanah Lot setelah mengunjungi tempat ini.

Keunikan dari pemandian air panas Yeh Panes adalah Anda bisa melihat pemandangan sekitar yang berupa hutan dan sawah sehingga udaranya sejuk sekali. Sungguh kombinasi yang sangat tepat antara cuaca yang sejuk dengan air panas untuk berendam.

Anda pasti akan betah berada di sini, salah satunya karena kolamnya memiliki konsep private. Jadi Anda dan keluarga dapat merasakan ketenangan tanpa harus berendam bersama terlalu banyak orang.

Jumlah kolom yang ada di sini adalah 8 buah kolam private yang ada pada bagian atas dan bawah. Jika ingin yang terbuka juga bisa.

Pada bagian pinggir kolam ada sebuah pancuran air panas yang akan membuat tubuh rileks jika Anda duduk di bawahnya.

Apabila Anda ingin datang ke tempat ini maka bisa datang pada jam bukanya dari pukul 07.00 pagi sampai 08.00 malam. Untuk biaya kolam private adalah Rp 25.000 per orang untuk satu jam. Sedangkan untuk kolam umum seharga Rp 10.000 per orang.

2. Pemandian Air Panas Banyuwedang

Air Panas Banyuwedang
Via mimpi.com

Pemandian air panas di Bali ini juga tidak kalah menenangkan dibandingkan dengan air panas pertama. Letak air panas ini ada di daerah Buleleng. Meski indah dan menentramkan tapi belum terlalu dikenal oleh banyak wisatawan.

Mungkin karena jaraknya yang terlalu jauh dari pusat kota sehingga jarang yang tahu keberadaannya.  Jika Anda berangkat dari daerah Jimbaran atau Nusa Dua maka untuk mencapai lokasi air panas ini harus berkendara selama 3,5 jam. Wow lama sekali ya!

Pemandian air panas ini ada di jalur Gilimanuk – Denpasar, tepatnya ada di desa pejarakan Kecamatan Grokgak. Keunikan dari pemandian air panas ini adalah letaknya yang berada di sebelah laut. Oleh karena itu ketika berendam bisa sambil melihat pemandangan laut.

Apabila Anda ingin melanjutkan ke destinasi wisata alam lainnya maka bisa memilih menaiki perahu untuk menuju Pulau Menjangan.

Di pulau tersebut Anda bisa melakukan berbagai kegiatan snorkeling dan diving. Sumber air panas di pemandian ini terbuat dari pemanasan geothermal yang membuat mineral padat menjadi cair.

Air panas yang ada di sini mengandung belerang yang baunya memang cukup menyengat. Namun khasiatnya sangat baik sekali, Anda yang memiliki penyakit kulit bisa berendam di sini untuk menyembuhkannya.

3. Pemandian Air Panas Banjar

Pemandian Air Panas di Bali
Via bagusbalionvacation.com

Pemandian air panas ini nama lainnya adalah Banjar Hot Springs. Di sini ada tiga buah kolam air panas yang saling bertingkat. Kolam air panas yang paling atas memiliki lebar 1,5 meter dan panjang 12 meter.

Di kolam pertama ini ada 8 buah pancuran air panas, Anda bisa duduk di bawahnya dan rasakan pijatan yang enak dari pancuran tersebut.

Kolam pada tingkatan kedua ada di bagian bawahnya dengan ukuran yang lebih besar. Lebarnya adalah 10 meter sedangkan panjangnya 12 meter. Kolam kedua ini yang paling besar dibandingkan ketiganya.

Anda harus berhati-hati jika ada di kolom kedua karena kedalamannya tidak sama. Yang paling dekat dengan kolam pertama hanya 1 meter tapi semakin jauh akan turun menjadi 2 meter.

Jika tidak bisa berenang cukup diam di pinggir saja. Sedangkan untuk kolam yang ketiga letaknya terpisah sendiri , tepatnya pada sebelah barat dari kolam kedua. Untuk kedalamannya hanya sepinggang orang dewasa.

Untuk mencapai lokasi ini, apabila dari Singaraja maka waktu tempuhnya adalah 30 menit dengan jarak 19 km. Supaya bisa sampai tanpa hambatan maka lebih baik sewa supir dan mobil. Atau jika ada mobil online, pesan saja.

Biaya untuk masuknya murah sekali, untuk dewasa hanya 5000 rupiah sedangkan untuk anak kecil 3000 rupiah. Bukanya dari jam 08.00 pagi sampai 06.00 malam. Jika tidak mau terlalu ramai maka jangan datang pada hari libur, Sabtu dan Minggu.

4. Pemandian Air Panas Angseri

Pemandian Air Panas di Bali
Via bali.panduanwisata.id

Satu lagi tempat pemandian air panas di Bali yang terletak di daerah Tabanan. Apabila Anda akan mengunjungi daerah Ulun Danu dan Tanah Lot maka akan melewati tempat ini. Sempatkan untuk mampir ke sini.

Tempat wisata pemandian air panas ini menyajikan pemandangan sawah terasering yang sangat indah. Selain itu letaknya yang ada di tengah-tengah sebuah hutan bambu membuat kesejukan terasa karena betapa asri dan hijaunya tempat ini. Perasaan nyaman dan senang akan bercampur menjadi satu jika Anda datang ke tempat ini.

Menariknya lagi, di sebelah kolam pemandian air panas Anda bisa melihat air terjun kecil yang jika dilihat memberikan kesejukan.

Untuk mencapai lokasinya tidak terlalu jauh, dari lokasi parkiran hanya berjarak 300 meter dan Anda bisa menuju tempat ini dengan jalan kaki. Tidak terlalu melelahkan.

Apabila ingin masuk ke tempat ini maka harus membayar biaya Rp 7.000 per orang, Anda bisa langsung berendam di kolam terbuka.

Apabila ingin yang lebih private maka bisa memilih kolam renang di dalam bilik tertutup yang bisa menampung 5 orang. Memang harganya tidak jauh beda, hanya Rp 10.000 per bilik untuk waktu 30 menit.

Waktu buka pemandian air panas di Bali ini untuk hari biasa adalah dari pukul 08.30 pagi sampai 06.00 sore tapi jika waktu libur dan Sabtu Minggu buka dari pukul 08.00 pagi sampai 08.00 malam.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi maka Anda bisa menyewa mobil atau naik taksi untuk sampai ke tempat ini.

5. Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Pemandian Air Panas di Bali
Via harianpost.co.id

Pemandian air panas di Bali terakhir yang akan dibahas di sini adalah pemandian air panas yang berada di daerah Kintamani.

Dibandingkan dengan pemandian air panas yang telah disebutkan di atas, suhu air panas di sini sangat tinggi yaitu sekitar 50 derajat Celcius. Airnya berasal dari akuifer yang ada pada kedalaman 635 meter di permukaan tanah.

Namun tidak perlu khawatir karena suhu 50 derajat Celcius itu adalah panas dari sumber air panasnya. Namun jika sudah teralihkan ke kolam hanya akan menjadi 30 derajat celcius-an.

Oleh karena disekitarnya terdapat banyak pepohonan maka udaranya sangat sejuk, cocok sekali dipadukan dengan pemandian air panas ini.

Ada beberapa jenis kolam yang ada di sini, yaitu kolam untuk anak-anak, kolam terapi air panas dengan pancuran, kolam untuk renang, dan kolam floating sunburn yang bisa membuat Anda berendam sambil berjemur di bawah sinar matahari.

Tiket masuk pemandian air panas ini memang cukup mahal, untuk dewasa seharga Rp 60.000 per orang sedangkan untuk anak-anak Rp 30.000.

Nah, itulah dia beberapa pemandian air panas di Bali dengan pemandangan alam yang sangat menyejukkan dan indah. Sangat cocok sekali menjadi alternatif bagi Anda yang ingin bersantai dan bosan bermain di pantai atau pusat kota di daerah Bali.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *