Adsense Di YoutubeInternet

Pembahasan Peraturan YouTube: Cara Mengatasi Kebingungan Tentang Peraturan YouTube

Pembahasan peraturan YouTube terbaru, yaitu peraturan YouTube 2018 harus dijelaskan secara gamblang dan mendetail, mengingat banyak pihak yang masih bingung akan peraturan tersebut.

Apa yang membuat bingung?

Adalah peraturan Program Partner YouTube yang mengharuskan channel YouTube memiliki 1.000 subscribers + 4.000 jam waktu menonton dalam 12 bulan untuk menghasilkan uang (monetisasi).

Apakah Anda termasuk yang bingung?

Jika iya, mungkin pembahasan peraturan YouTube kali ini bisa membantu, sekaligus menghilangkan kebingungan yang selama ini membelenggu.

Inilah Pembahasan Peraturan YouTube 2018

Sebelumnya, pembahasan seputar peraturan YouTube sudah pernah dibuat di Klik Mania dengan judul “Peraturan YouTube Terbaru 2018 Mencekik, Masih Mau Jadi YouTubers?.”

Dalam pembahasan tersebut sudah dijelaskan, bahwasanya untuk memonetisasi channel YouTube, seorang konten kreator harus memiliki 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu menonton dalam 12 bulan.

Sayangnya, setelah pembahasan tersebut usai, ternyata muncul sebuah pertanyaan baru, di mana yang ditanyakan adalah apakah channel yang tidak memenuhi syarat bisa dimonetisasi?

Loading...

Bisakah dimonetisasi?

Jawabnya tidak bisa, karena syarat yang diberikan oleh YouTube mengharuskan konten kreator memiliki 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu menonton dalam 12 bulan.

Masih bisakah upload video?

Channel YouTube yang gagal mendapatkan 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu menonton, maka tetap bisa mengupload sebuah video.

Jangan Lupakan Strategi

Bagi Anda yang sedang merintis karir di dunia YouTube, seharusnya Anda tidak perlu panik dengan peraturan YouTube yang sangat ketat ini, karena Anda bisa membuat strategi atau mengakalinya.

Bagaimana caranya?

Jangan mengajukan monetisasi terlebih dahulu, apabila Anda tidak yakin mendapatkan 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu menonton dalam jangka waktu 12 bulan.

Anda hanya perlu membuat konten orisinal hingga nantinya bisa mendapatkan 1.000 subscribers + 4.000 jam waktu menonton.

Contoh:

Anda membuat channel YouTube pada 1 Januari 2018, maka channel YouTube Anda pada 1 Januari 2019 sudah berumur 12 bulan.

Langkah terbaik yang bisa Anda jalankan adalah jangan mengajukan monetisasi channel Anda, karena dengan mengambil langkah tersebut, Anda tidak akan dikejar oleh waktu.

Sabarlah hingga kedua syarat yang ditentukan terpenuhi, meskipun itu memakan waktu yang cukup lama, karena apabila kedua syarat tersebut terpenuhi, maka peluang untuk lolos monetisasi sangatlah besar.

Lihat:

pembahasan peraturan youtube

Screenshot di atas adalah channel YouTube yang belum memenuhi syarat, namun sudah diajukan untuk proses monetisasi.

Apa hasilnya?

Hasilnya sudah pasti gagal disetujui, karena syarat 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu menonton tidak terpenuhi.

Jadi, bagi Anda yang saat ini sudah membangun channel, maka jangan tergesa-gesa untuk mengajukan monetisasi kepada pihak YouTube.

Cukup menjalankan strategi yang sudah disampaikan di atas, maka peluang Anda untuk mendapatkan uang melalui video sangat terbuka lebar.

Bagaimana cara melihat channel yang sudah mengajukan monetisasi?

1. Pergi ke Creator Studio.

2. Pilih Channel.

3. Lihat fitur Monetization.

4. Apabila Eligible, maka channel belum pernah mengajukan proses monetisasi.

Adakah Kesempatan Kedua?

Saat channel YouTube gagal mendapatkan 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu menonton, apakah masih bisa mengajukan proses monetisasi?

Kemungkinan besar masih bisa, karena hal tersebut didasari pernyataan Google melalui laman Bantuan YouTube.

Dalam laman Bantuan YouTube, Google mengatakan, channel yang ditangguhkan masih bisa mengajukan permohonan bergabung dalam waktu 30 hari setelah penangguhan.

Bertentangan dengan pernyataan sebelumnya?

Selasa (16/01/2018), Google dalam laman resminya mengatakan, bahwa channel yang gagal memenuhi syarat tidak bisa menghasilkan uang di YouTube.

On February 20th, 2018, we’ll also implement this threshold across existing channels on the platform, to allow for a 30 day grace period. On that date, channels with fewer than 1,000 subs or 4,000 watch hours will no longer be able to earn money on YouTube.

Mana yang benar?

Karena Google sudah mensyaratkan harus memiliki 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu menonton dalam 12 bulan, maka itulah yang dianggap benar.

Jadi, lebih baik channel YouTube yang diajukan monetisasi sudah memenuhi kedua syarat tersebut daripada harus gagal dan mengajukan ulang.

Kesimpulan

Pembahasan peraturan YouTube kali ini, diharapkan bisa menjawab semua pertanyaan yang ada di pikiran segenap orang yang sedang berjuang meniti karir di YouTube.

Selama YouTube belum merubah peraturannya, maka langkah bijak yang bisa Anda ambil adalah membuat konten sebaik mungkin tanpa harus mengajukan monetisasi terlebih dahulu.

Baca: Cara Menambah Subscribers YouTube Secara Alami dan Aman

Jika Anda bingung bagaimana cara membuat atau membangun channel YouTube yang sukses dan menghasilkan, mungkin Anda bisa belajar melalui laman Creator Academy.

Semoga setelah belajar melalui laman tersebut, Anda bisa segera sukses berkarir di dunia YouTube dan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang banyak.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *