Internet

Penampakan Garasi yang Saat Ini Berhasil Mengubah Dunia

Bisnis Bisa Dimulai dari Tempat yang Sederhana

Menurut KBBI, garasi adalah rumah-rumahan atau bagian rumah tempat menyimpan (menaruh) mobil dan sebagainya. Garasi lebih sering dipakai untuk menempatkan mobil atau bahasa mudahnya adalah kandang mobil.

Namun, tahukah Anda jika dari garasi ini, ternyata beberapa perusahaan besar bisa lahir. Bahkan, beberapa perusahaan tersebut berhasil mengubah dunia berkat temuan-temuan yang mereka lakukan.

Pada kesempatan kali ini, mari sejenak kita mengintip penampakan dari garasi-garasi yang saat ini sudah berhasil mengubah dunia tersebut. Kurang lebih ada empat garasi yang akan kita lihat penampakannya, dan berikut ini daftarnya.

1. Garasi Amazon

garasi dunia 1
Business Pundit

Siapa yang tidak kenal Amazon? Mayoritas netizen dunia mengenal nama perusahaan yang satu ini karena Amazon sudah merambah berbagai bidang. Bahkan, Amazon ini mampu menempatkan sang pendiri, Jeff Bezos, untuk menjadi orang terkaya di dunia.

Pada tahun 1994, Bezos memulai toko buku online pertamanya di sebuah garasi rumah yang terletak di 10704 NE 28 di Bellevue, Washington. Pada tahun 1995, perusahaan tersebut mulai menjual buku pertamanya di bawah URL Amazon.com. Kemudian, di tahun 1997, Jeff Bezos membuka toko buku online kecilnya untuk umum.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia yang Menggeser Bill Gates

2. Garasi Apple

Business Pundit

Sama seperti Amazon, mayoritas netizen dunia pasti juga mengetahui nama Apple. Apple adalah perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak yang saat mendirikan Apple, usia keduanya masih sangat muda sekali, yaitu Steve Jobs berusia 21 tahun, sedangkan Steve Wozniak berusia 26 tahun.

Apple mulai didirikan pada tahun 1976. Steve Jobs dan Steve Wozniak mulai membangun Apple di sebuah garasi yang berlokasi di 2066 Crist Dr. di Los Altos, California. Saat pertama kali meluncur, mereka mulai menjual 50 komputer dalam 30 hari dari garasi tersebut.

50 komputer itu pun dijual seharga 500 dolar AS per unit kepada para pengecer lokal. Berawal dari garasi yang terletak di 2066 Crist Dr. di Los Altos, California, inilah Apple mulai berkembang sampai saat ini hingga berhasil menjadi salah satu perusahaan pengubah dunia.

Baca juga: Steve Jobs, Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc.

3. Garasi Google

Business Pundit

Nama yang satu ini sudah sangat masyhur. Bahkan saking masyhurnya, di Indonesia Google mendapatkan julukan “Mbah” karena ketika kita ingin mencari tahu segala sesuatu, maka kita akan mengandalkan mesin pencari Google.

Meski saat ini sudah menjadi perusahaan raksasa teknologi, dan termasuk ke dalam salah satu perusahaan idaman untuk bekerja, ternyata cikal bakal Google dulunya juga berasal dari garasi. Perusahaan yang didirikan Larry Page dan Sergey Brin itu menempati garasi yang berlokasi di 232 Santa Margarita Ave di Menlo Park, California.

Usut punya usut, ternyata garasi yang ditempati Larry Page dan Sergey Brin dalam membangun bisnisnya itu merupakan garasi yang dimiliki oleh Susan Wojcicki yang saat ini menjabat sebagai CEO YouTube. Jika Anda ingin melihat penampakan garasi Google melalui video, maka Anda bisa klik tautan di bawah ini.

Baca juga: Ulang Tahun ke-20, Mari Menengok Kantor Pertama Google

4. Garasi Hewlett-Packard

Business Pundit

Menurut Business Pundit, garasi dari Hewlett-Packard atau yang lebih dikenal dengan nama HP adalah garasi yang paling banyak dibicarakan di kawasan Silicon Valley. Sayangnya, Business Pundit tidak menjelaskan mengapa garasi dari HP yang paling banyak dibicarakan.

HP sendiri adalah salah satu perusahaan teknologi yang memproduksi perangkat elektronik seperti PC, laptop, printer, dan berbagai aksesoris. Perusahaan yang didirikan Bill Hewlett dan Dave Packard itu memulai bisnisnya pada tahun 1939 di garasi Packard yang terletak di di 367 Addison Ave di Palo Alto, California.

Saat ini, HP berada di urutan kedua sebagai vendor yang menguasai pasar komputer dunia. HP harus puas di posisi kedua setelah kalah dari Lenovo. Meskipun begitu, dari segi pertumbuhan, mereka jauh lebih baik atau berhasil mengalahkan Lenovo.

Baca juga: Vendor Manakah yang Kuasai Pasar Komputer Dunia Saat Ini?

Itulah keempat garasi pengubah dunia yang bisa disebutkan pada kesempatan kali ini. Dari pembahasan di atas, tentu kita bisa mengambil sebuah pelajaran bahwasanya untuk memulai bisnis itu tidak harus langsung menggunakan atau menyewa kantor yang megah, karena semuanya bisa diawali dari sesuatu yang kecil (sederhana) terlebih dahulu.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close