1000 Trilyun Lebih per Tahun, Dari Mana Pendapatan Google?

Pendapatan Google mampu menembus angka 106 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.431 triliun. Perusahaan raksasa teknologi Google ini menempati 46,4 persen dari total pembelanjaan iklan global, lantas apakah penghasilan Google hanya dari itu saja sehingga angkanya sangat fantastis?

Dilansir dari CNBC, Google diprediksi memperoleh 72,69 miliar dolar AS dari keuntungan iklan pada tahun 2017. Itu artinya angka ini sudah hampir mendekati 1 trilyun rupiah hanya dari periklanan saja. Hal ini dikarenakan para pengiklan meningkat 38,3 persen, termasuk anggaran pengeluaran untuk iklan.

Dari mana pendapatan Google selain dari iklan sehingga menembus angka lebih dari 1000 Trilyun lebih per tahun?

Menurut Shelleen Shum seorang Analis senior di eMarketer, Google meraup banyak keuntungan dari fitur mobile dan video. Semakin banyaknya pengguna smartphone telah dimanfaatkan dengan baik oleh pihak Google untuk menanamkan fitur iklan.

Baca jugaProduk Google Terpopuler dan Strategi Cerdas Bisnisnya

Selain dari iklan, pendapatan Google lainnya mampu meraup pundi-pundi dolar sebagai perusahaan raksasa teknologi. Bisnis utama Google sendiri adalah mesin pencari yang saat ini menjadi “kiblat” informasi bagi para nitizen, maka tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia dan sering menyebut “Mbah Google” untuk mencari informasi.

5 sumber pendapatan Google

1. AdWords

Penghasilan Google ditahun 2015 saja adalah sebesar 52,4 miliar dollar AS (Rp 689 triliun) yang bersumber dari AdWords. Fitur seperti Adwords express juga sudah mampu menjangkau Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mendapatkan kesempatan memperluas jangkauan produknya dengan beriklan di Google.

Bayangkan saja, saat ini bukan hanya perusahaan besar saja yang bisa beriklan di Google melalui Adwords. UKM ataupun produk jasa yang setara dengan itu mampu di gaet dengan mulus oleh Google melalui beberapa program diskon separuh harga atau saldo Adwords cuma-cuma.

 AdSense

Fitur iklan ini adalah yang paling populer untuk kalangan publisher atau kreator untuk menayangkan iklan. Sudah ribuan blogger dan Youtuber Indonesia termasuk blog Klik Mania ini mengandalkan Adsense sebagai penghasilan utama.

Informasi yang dilansir dari Tekno.kompas.com, Pada 2015 lalu, pendapatan Google dari kontribusi AdSense mencapai 15 miliar dollar AS atau setara Rp 197 triliun.

AdMob

AdMob hampir mirip dengan AdSense, tetapi di khususkan untuk platform mobile. AdMob ini sering digunakan pembuat aplikasi Android untuk mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan pada aplikasi Android tersebut.

Pada AdMob, Google membagi penghasilan ke pemilik aplikasi melalui tayangan iklan. Google sendiri memperoleh banyak keuntungan dari ribuan aplikasi melalui pihak Advertiser (pemasang iklan). Walaupun tak sebanyak Adsense, namun Admob juga mampu menyumbangkan Trilyunan rupiah setiap tahun.

Freemium

Contoh produk Freemium dari Google yang paling populer adalah Drive dan Analytics. Drive adalah media penyimpanan file seperti dokumen email, foto, video pengguna yang terdaftar pada akun Email.

Sedangkan Analytics adalah tool Google untuk menganalisa performa sebuah website. Tool ini sangat penting bagi perusahaan media online atau website komersil tertentu.

Dari kedua produk ini, pendapatan Google berasal dari pengguna yang memanfaatkan fitur premium dari Drive dan Analytics. Mereka akan diwajibkan membayar untuk mendapatkan fitur-fitur premium.

Untuk penghasilan Google dari freemium memang tidaklah seberapa karena tidak semua pengguna wajib menggunakan fitur ini. Sebagai contoh untuk paket premium Google Analytic dibanderol dengan harga 150.000 dollar AS atau Rp 1,9 miliar per tahun.

Perangkat elektronik

Pendapatan google

Google Pixel 2

HTC merupakan perusahaan yang digandeng Google untuk merilis Nexus One pada Januari 2010 silam. Selanjutnya ada beberapa seri yang meluncur tiap tahunnya.

Untuk kabar terbaru Google sudah mengganti nama Nexus dengan Pixel, seperti contoh produk terbarunya yaitu Google Pixel 2 dan 2 XL. Selain memproduksi smartphone, pendapatan Google mencapai trilyunan rupiah melalui produk tablet dan laptop dengan nama Chromebook.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares