Internet

Pendapatan Instagram Kalahkan YouTube, Benarkah?

Senin (03/02/20) kemarin, Alphabet Inc selaku perusahaan induk Google telah mengumumkan laporan keuangan mereka untuk tahun 2019. Di laporan tersebut, pihak Google juga membeberkan berapa penghasilan yang mereka dapat dari YouTube.

Perusahaan pimpinan Sundar Pichai itu mengungkapkan jika mereka mengambil lebih dari USD15 miliar dari iklan YouTube pada tahun 2019. Perusahaan mengungkapkan jika angka USD15 miliar hampir 10 persen dari total pendapatan Alphabet, tidak termasuk sumber pendapatan lain dari platform video seperti berlangganan.

Baca juga: Google Ungkap Pendapatan dari YouTube, Ini Angkanya

Pendapatan YouTube Masih Kalah dari Instagram

Baru-baru ini, sumber yang tidak ingin diketahui identitasnya telah berbicara dengan Bloomberg terkait pendapatan yang diraih oleh media sosial pimpinan Adam Mosseri tersebut. Menurut sumber yang berbicara kepada Bloomberg, Instagram meraup lebih dari USD20 miliar dari iklan tahun lalu.

Dengan pendapatan iklan lebih dari USD20 miliar, angka tersebut melebihi seperempat dari total pendapatan iklan perusahaan induk Facebook. Namun yang harus diketahui adalah angka USD20 miliar lebih itu merupakan pendapatan kotor saja.

Namun jika melihat pendapatan kotor Instagram yang jauh lebih besar dari YouTube, maka tidak menutup kemungkinan jika pendapatan bersih Instagram pun mampu mengalahkan YouTube. Dengan meraup pendapatan yang begitu besar, tentu ini adalah kabar yang menggembirakan bagi Facebook.

Facebook Masih Bungkam

Instagram saat ini telah menjadi titik sentral bagi masa depan Facebook mengingat aplikasi tersebut mampu menarik jumlah pengguna yang begitu besar dan juga mampu menarik para pengiklan untuk menyetor uangnya ke pihak Facebook melalui periklanan.

Meski laporan pendapatan kotor dari Instagram sudah bocor ke publik, pihak Facebook masih bungkam. Perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu masih belum mau memberikan komentar. Selain itu, Facebook juga belum mengumumkan hasil pendapatan resmi dari Instagram.

Sebelum kabar pendapatan kotor Instagram ini menyeruak, pihak Facebook telah merilis laporan pendapatannya untuk kuartal keempat tahun 2019. Dalam laporannya tersebut, perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu menunjukkan peningkatan pendapatan year-on-year (YoY) yang cukup bagus.

Baca juga: Penghasilan Facebook Naik 25 Persen, Zuckerberg Bersyukur

Dilansir dari WCCFTECH, pendapatan Facebook di kuartal keempat tahun 2019 menyentuh angka USD21,082 miliar. Pendapatan besar itu pun berhasil meningkatkan pendapatan YoY mereka sebesar 25 persen.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close