pendiri instagram

Pendiri Instagram Hengkang, Bagaimana Masa Depan Instagram?

Facebook harus menelan pil pahit untuk kedua kalinya, setelah para pendiri Instagram memutuskan untuk hengkang dari perusahaan dalam beberapa minggu mendatang.

Kabar kepergian Kevin Systrom dan Mike Krieger ini, mencuat ke permukaan pada Senin (24/09/2018).

Hasilnya, publik dunia pun dibuat geger, sekaligus bertanya-tanya mengapa kedua pentolan Instagram tersebut harus hengkang dari Instagram.

Inilah Alasan Pendiri Instagram Hengkang

pendiri instagram
Gambar: The New York Times

Dilansir dari The New York Times, dua pendiri Instagram tidak mengungkap alasan pasti mengapa mereka keluar dari Instagram.

Kevin Systrom dan Mike Krieger hanya mengatakan, bahwa mereka akan istirahat sejenak setelah resmi meninggalkan Instagram.

“Kami berencana meluangkan waktu untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu dan kreativitas kami lagi,” kata Systrom.

Benarkah demikian?

Dilansir dari TechCrunch, alasan utama hengkangnya Kevin Systrom dan Mike Krieger bukan karena ingin beristirahat dari Instagram, melainkan kecewa dengan sikap dari perusahaan induk.

Loading...

Facebook, dikabarkan terlalu ikut campur dalam urusan pengembangan Instagram. Padahal, berdasarkan kesepakatan akuisisi, Facebook telah menyetujui jika Instagram akan berjalan secara independen.

Hampir sama dengan kasus WhatsApp?

Hengkangnya dua pendiri Instagram, tentu mengingatkan kita dengan dua pendiri WhatsApp yang sudah lebih dulu hengkang dari Facebook.

Saat itu, Brian Acton dan Jan Koum juga harus mundur, karena adanya selisih paham dengan manajemen Facebook terkait skema bisnis yang dijalankan.

Kasus yang dialami para pendiri Instagram ini pun, kurang lebih hampir sama dengan kasus para pendiri WhatsApp, di mana keduanya kecewa dan terlalu ditekan oleh perusahaan induk, Facebook.

Bagaimana Masa Depan Instagram?

pendiri instagram
Gambar: TechCrunch

Pertumbuhan Instagram boleh dibilang sangat luar biasa, karena di bulan Juni 2018 kemarin, mereka sanggup menggaet pengguna sebanyak 1 miliar per bulan.

Selain itu, Instagram juga menjadi aplikasi media sosial yang paling produktif dalam mengeluarkan fitur-fitur baru, di mana fitur-fitur, seperti video call, remove followers, online status, hingga IGTV berhasil mereka luncurkan.

Kini, setelah para pendirinya hengkang, bagaimana masa depan Instagram?

Tentu belum ada yang mengetahui, bagaimana masa depan Instagram dalam beberapa bulan hingga tahun ke depan, karena untuk saat ini, Instagram masih bergantung dan menantikan keputusan Mark Zuckerberg.

Apakah Kevin dan Mike akan membuat aplikasi baru?

Kemungkinan besar iya, karena Kevin dalam salah satu pernyataannya mengindikasikan akan segera membuat sesuatu yang baru.

Membangun hal-hal baru menuntut kita mundur, memahami apa yang mengilhami kita, dan mencocokkan itu dengan apa yang dibutuhkan dunia, itulah yang kami rencanakan.

Pernyataan Kevin di atas semakin kuat, karena Mark Zuckerberg telah memberikan pernyataan langsung terkait keduanya:

Kevin dan Mike adalah pemimpin produk yang luar biasa, dan Instagram mencerminkan bakat kreatif gabungan mereka.

Saya telah belajar banyak bekerja dengan mereka selama enam tahun terakhir dan benar-benar menikmatinya. Saya berharap yang terbaik bagi mereka dan saya menantikan apa yang mereka bangun selanjutnya

Jadi, kita lihat saja, apakah masa depan Instagram jauh lebih baik ketika ditinggal para pendirinya atau justru sebaliknya.

Dan untuk Kevin Systrom dan Mike Krieger, tentu kita menanti sesuatu yang baru dari mereka, entah itu aplikasi yang serupa dengan Instagram atau sebaliknya.

Kesimpulan

Facebook mengakuisisi Instagram pada April 2012 dengan nilai 1 miliar dolar, dan saat diakuisisi, Instagram hanya memiliki 13 karyawan saja.

Kini, setelah berjalan hampir 6 tahun, Instagram sudah memiliki kurang lebih 1000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia, dan menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia.

Baca: Inilah 6 Orang Terkaya Karena Teknologi

Kesuksesan Instagram memang tidak bisa lepas dari Facebook. Namun, peran dua pendirinya juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena merekalah yang sukses menjadikan Instagram menjadi besar.

Sekarang, kita tunggu saja, apakah langkah yang akan diambil oleh Instagram untuk ke depannya, dan apakah mereka akan jauh lebih baik sepeninggal Kevin Systrom dan Mike Krieger.



Loading...


Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *