penentu kesuksesan bisnis

7 Penentu Kesuksesan Bisnis yang Wajib Anda Lakukan

Halo sobat klikmania, apa kabarnya Anda semua, semoga selalu dalam lindungan-Nya. Kita tahu bahwa pertumbuhan start up di Indonesia mulai sekarang sudah pesat sekali prosentasenya, namun hal itu tidak diiringi dengan perkembangan yang sesuai. Nah tugas yang harus Anda lakukan adalah dengan cara belajar dari mereka yang telah sukses. Ada banyak sekali penentu kesuksesan bisnis yang harus Anda ketahui seperti pada artikel ini.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi, mengenai beberapa hal yang bisa menentukan kesuksesan bagi startup dan penentu kesuksesan bisnis. Start up merupakan salah satu badan usaha yang baru saja mulai atau baru saja lahir, namun sudah ada gambaran yang jelas kedepannya.

Startup sekarang bertumbuh dengan sangat pesat, terutama dalam pangsa online. Karena bagaimanapun juga mereka harus bisa menghadapi persaingan yang begitu kuat. Maka dari itu , modal yang kuat diiringi dengan manajemen yang bagus adalah kunci untuk bisa bersaing, dan tetap eksis sampai kapanpun.

Startup yang sekarang paling banyak dari golongan toko online. Mereka yang dimulai dari kecil pun bisa menjadi besar seperti yang banyak ada saat ini. Namun perlu Anda tahu, bahwa mereka itu menjadikan semua itu tidak hanya dalam waktu satu dua hari atau hanya dengan modal keyakinan saja. Banyak langkah dan cucuran darah yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Beberapa penentu kesuksesan bisnis

Nah bagi Anda semua yang saat ini sedang mencoba menjajagi bisnis era digital semacam ini, misal membuat blog, toko online ataupun lainnya, maka Anda bisa mendapatkan beberapa wasiat dibawah ini agar Anda tidak merasa selalu kalah nantinya. Langsung aja simak dibawah ini.

1. Modal yang kuat

penentu kesuksesan bisnis

Jangan harap kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa punya modal yang kuat. Uang adalah modal utama, namun SDM manusia yang berkualitas juga merupakan modal yang sangat penting. Jadi keduanya harus ada dalam suatu bisnis agar bisa sukses dan maju.

Jika kita tengok mereka yang telah berkembang pesat seperti tokopedia atau buka lapak misalnya, mereka itu punya modal yang kuat. Sehingga mereka bisa beriklan dimana-mana bahkan untuk saat ini penghasilan sama uang yang digunakan untuk iklan di TV masih besar uang yang untuk iklan.

Loading...

Mereka punya modal sebanyak itu tentunya karena investor yang sangat banyak memberikan modal itu kepadanya. Hal itu menjadikan mereka bisa selalu tumbuh pesat dan berkembang hingga menjadi pasar online yang sukses.

Selain itu manajemen yang bagus dari pihak pengelola juga menjadikan mereka berjalan stabil walaupun banyak goncangan dan badai yang menerpa. Jadi kedua hal itu memang harus ada jika kita ingin membuat suatu usaha. Baik secara ekonomi, maupun manajemen skill dari si pengelola.

Jika Anda ingin membuat suatu bisnis, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah pAndai-pAndai dalam mencari modal. Jika Anda orang yang sudah terpercaya, bisa jadi Anda akan sangat sulit untuk dipercayai oleh seseorang untuk menjadi investor bagi usaha Anda.

Sama halnya mereka yang sudah mempunyai nama besar, saat mereka baru melangkah mereka mengemis ngemis untuk bisa mendapatkan dana dari investor. Tapi sekarang, investor yang harus berani membayar mahal apabila ingin berinvestasi disana.

Maka dari itu, jika Anda memang memiliki suatu kemampuan yang bagus dalam memanajemen suatu bisnis. Mulai sekarang buatlah dan coba kembangkan dengan modal yang di miliki. Apabila memang sudah besar, pasti nanti akan menemukan yang bersedia berinvestasi di tempat Anda.

2. Kepercayaan

Kepercayaan merupakan penentu kesuksesan bisnis. Karena tanpa adanya sebuah jalinan kepercayaan, mereka tidak akan bisa besar seperti sekarang ini. Kepercayaan dibutuhkan dalam menjalin kerja sama dengan para rekan bisnis maupun dengan pengguna. Dengan kerpercayaan pulalah, kita akan menjadikan besar.

Yang sulit dari hal ini bukanlah saat sudah punya nama, melainkan saat kita baru melangkah. Disaat itulah orang mempertanyakan kepercayaan kita, terutama untuk toko online. Karena disinilah akan ada banyak yang mempertanyakan kepercayaan nantinya.

Hal yang bisa Anda lakukan mulai dari awal adalah dengan mencoba untuk mempercayakan bisnis Anda kepada teman atau saudara. Dengan ini mereka bisa menjadi testimoni mengenai usaha yang Anda bangun. Karena biasanya orang yang mau menggunakan jasa Anda mereka bisa lebih percaya untuk menjadi pelanggan apabila mereka sudah melihat adanya tesstimoni pada diri Anda.

Maka dari itu kalau kita bisa menjaga kepercayaan, kita akan bisa menjadikan diri kita lebih baik lagi lagi dalam menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Dengan inilah Anda bisa mengembangkan sayap bisnis lebih baik lagi kedepannya.

3. Kepuasan pelanggan

penentu kesuksesan bisnis

Kepuasaan pelanggan juga menjadi bagian sendiri dari penentu kesuksesan bisnis. Walaupun kita sudah memiliki yang namanya kepercayaan, namun apabila tidak bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan. Mereka akan menjelek-jelekan diri kita dan akan menjadikan bisnis tercoreng namanya.

Jadi dua hal itu antara kepercayaan pelanggan adalah hal yang harus ada dalam diri suatu bisnis, keduanya tidak akan bisa dipisahkan satu sama lain. Maka dari itu, yang harus Anda lakukan adalah dengan menjadikan keduanya saling berdampingan satu sama lain.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kepusan pelanggan, diantaranya adalah dengan cara selalu memberi suport dalam hal pertanyaan. Atau bisa menggunakan beberapa hal yang bisa membuat mereka bisa merasa puas dengan yang Anda lakukan.

Memberikan sesuatu seperti yang diinginkan pelanggan menjadi hal yang bisa menjadikan rasa puas tersendiri. Misalnya kalau pelanggan minta produk dengan spesifikasi A maka berikanlah produk A. Kalapun produk itu sedang kosong, maka bilang saja sedang kosong. Jangan mengada-ngada dan justru memberikan produk yang tidak sesuai dengan harapannya.

Berdasarkan riset yang dilakukan terhadap beberapa pelanggan, mereka akan beralih ke toko yang lain apabila lambat dalam menerima respon. Paling tidak 20 menit adalah waktu yang paling lama untuk memberikan respon. Jadi usahakan saat ada pelanggan meminta sesuatu ataupun bertanya, jawab secepatnya mungkin sebelum mereka beralih ke saingan Anda.

Jadi mulai sekarang, Anda harus mengerti apa saja yang diinginkan pelanggan. Kalau Anda ingin tahu lebih lanjut, maka Anda bisa baca berbagai komen mengenai suatu pelayanan di fanspage yang bersponsor di facebook. Kadang semua yang pernah beli mereka mengungkapkan kekecewaan dengan disertai alasan.

Maka dari Anda harus bisa lebih baik lagi dalam menjaga kepuasan dengan banyak orang, dengan ini pasti banyak orang yang akan memilih Anda daripada yang lainnya.

4. Jaringan yang luas

penentu kesuksesan bisnis

Memiliki suatu jaringan luas adalah hal yang bisa menjadikan diri Anda lebih baik lagi kedepannya. Karena ini adalah penentu kesuksesan bisnis yang begitu besar peluangnnya. Dari jaringan yang luas akan tercipta kerja sama yang bagus dan menjadikan Anda bisa lebih mudah lagi dalam mencapai tujuan.

Hal yang bisa menjadi contoh adalah dengan menjalin hubungan dengan apa yang Anda butuhkan tapi Anda belum punya. Misalnya sebuah toko online akan menjalin kerja sama dengan jasa kurir, bank, dan juga provider jaringan. Ini akan memudahkan Anda untuk menekan sedikit biaya bagi pelanggan.

Hal ini akan lebih disukai pengunjung, sehingga mereka akan cepat lebih memilih Anda daripada yang lain. Tapi yang harus Anda lakukan adalah membayar lebih untuk hal ini, tapi nanti juga Anda akan mendapatkan hasil yang lebih pula.

Saat memilih mencoba bekerja sama dengan pihak lain, jangan sampai Anda merasa rugi nantinya. Harus bisa memilih partner bisnis sebaik mungkin, buatlah surat perjanjian yang jelas. Jadi jika ada yang tidak sesuai dengan perjanjian itu, maka bisa dikenakan sanksi bagi pihak yang melanggar.

Tapi ingatlah semakin pohon tinggi, banyak cabangnya dan lebat daunnya, maka semakin besar pula angin yang menerpanya. Jika tanpa disertai batang yang kuat dan akar yang menghujam kedalam tanah. Begitu pula bisnis, penentu kesuksesan bisnis bisa jadi dari banyaknya jalinan kerja sama dan cabang yang dimiliki. Dari situ sumbernya bisa banyak, jika satu rugi satunya bisa memberinya keuntungan. Namun berbagi masalah juga akan datang dengan jumlah yang besar.

Jadi yang dibutuhkan adalah kepAndaian Anda dalam mengelola bisnis itu sendiri. Semakin Anda profesional, maka Anda akan semakin memiliki akar yang kuat untuk bisa menopang diri Anda yang semakin besar agar tidak roboh.

5. Selalu Melihat Pasar

Penentun kesuksesan bagi pebisnis masih erat kaitannya dengan peluang. Dengan ini Anda akan dihadapkan dengan berbagai peluang yang harus dihadapi. Tanpa ini, Anda akan mudah terombang ambing.

Mereka yang sukses besar rata-rata bisa menguasi pasar dengan baik. Jadi kalau bisa menjadikan pasar dalam genggaman mereka, maka disitu bisa dimanfaatkan untuk keuntungan. Mungkin Anda butuh waktu untuk menguasi pasar, sampai ada memegang peran tersendiri baru bisa menguasi pasar.

Pada zaman dahulu, selain orangnya bisa kaya dari investasi properti seperti investasi untuk menguasi sumber air, kebun kurma, kebun anggur dan sebagainya. Strategi mereka untuk bisa lebih sukses lagi adalah menjadikan mereka bisa menguasai pasar, sehingga bisa melakukan segala sesuatu dengan mudah.

Apakah Anda mau mencoba hal ini dengan menguasi pasar? Jika tidak seharusnya melihat peluang atau hal yang bisa dilakukan terlebih dahulu. Jika terjadi kekosongan, Anda bisa menjual barang yang sedang kosong itu disana dengan harga yang lebih mahal pula. Maka keutungan akan semakin banyak didapat.

6. Kaya akan ide hebat

penentu kesuksesan bisnis

Ini juga bisa menjadi bagian yang penting dalam penentu kesuksesan bisnis, baik pebisnis offline maupun online, baik kecil maupun dalam skala perusahaa.Ide hebat yang berasal dari SDM yang berkualitas adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki.

Perusahaan bisa menjadi besar bukan hanya karena faktor keberuntungan semata, melainkan banyak faktor yang bisa mempengaruhinya. Salah satunya yaitu faktor yang berasal dari seberapa cepat mereka berkembang dengan zaman yang berkembang cepat pula. Jadi suatu inovasi sangat dibutuhkan akan hal ini, semakin banyak inovasi yang bisa Anda keluarkan maka Anda akan lebih cepat besar.

Salah satu penentu kesuksesan bisnis adalah adanya orang yang hebat, dari orang itu akan melahirkan ide hebat, dari ide hebat itu akan menghasilkan inovasi inovasi yang mampu mengubah dunia. Jadi Anda harus bisa memulai dari awal yaitu memiliki orang orang yang hebat untuk masuk kedalam bisnis, namun mereka harus orang baik pula agar mereka tidak akan mengambil alih saat sudah sukses.

7. Bisa bersaing secara positif

Penentu kesuksesan bisnis yang terakhir adalah bisa bersaing secara posistif, karena hal ini menjadikan diri sendiri bisa berkembang menjadi lebih baik lagi kedepannya. Karena apabila kita tidak bisa bersaing secara positif, maka berbagai hal buruk juga mungkin akan kita dapati.

Menjadi pebisnis memang sangat erat kaitannya dengan yang namanya persaingan, karena tanpa mereka semua kita justru tidak bisa semakin dewasa dan semakin kuat. Merekalah yang menjadikan diri ini menjadi lebih bisa mempelajari hal hal baru untuk bisa melawan mereka.

Maka dari itu, hal yang bisa Anda lakukan untuk saat ini adalah menjadikan pesaing sebagai hal yang bisa menambah nilai positif bagi diri Anda sendiri.

Menjadi bagian dari bisnis, pasti ada yang namanya saingan. Nah pesaing itu sendiri akan terus tumbuh dan berkembang, mereka selalu tumbuh dan menjadi penghalang kesuksesan Anda nantinya.

Nah mulai dari saat ini, teruslah melakukan perubahan dan sebuah inovasi agar bisa terus menerus melawan mereka. Karena apabila statis dan diam saja tanpa mengikuti perkembangan zaman, hal itu akan membunuh diri kita sendiri.

Referensi lain : Beberapa Penyebab Jabatan Kerja Tidak Naik secara Umum

Demikianlah beberapa hal mengenai penentu kesuksesan bisnis yang semoga bisa memberikan dampak positif buat Anda semua. Terima kasih atas kunjungan Anda ke blog klikmania ini, dan jangan lupa untuk share artikel ini juga ya.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Komentar

    Avatar

    Suwarni

    ( - 01:59)

    Tulisan bagus dan mudah di aplikasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *