Pengalaman Menggunakan Gboard di iOS

Pengalaman Menggunakan Gboard di iOS – Gboard merupakan aplikasi papan ketik atau keyboard yang dikembangkan oleh Google. Gboard sendiri bisa diartikan sebagai Google Keyboard. Layaknya keyboard smartphone pada umumnya, Gboard juga dilengkapi dengan simbol, GIF, emoji, dan fitur-fitur lainnya yang nanti akan saya bahas di bawah.

Saat ini beberapa smartphone Android sudah menggunakan Gboard sebagai keyboard bawaan, namun tak hanya untuk Android saja, Gboard kini juga tersedia untuk perangkat iOS. Gboard untuk iOS memiliki ukuran sebesar 135,1 MB, cukup besar memang jika dibandingkan dengan aplikasi Gboard untuk Android.

Untuk dapat menggunakan aplikasi keyboard ini, perangkat iOS yang kita miliki minimal telah menggunakan iOS versi 9.0 atau versi yang lebih baru.

Tidak hanya di iPhone saja, Gboard juga kompatibel dengan perangkat iOS lainnya seperti iPad dan iPod Touch. Jadi, tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi keyboard ini meskipun pengguna iPad.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan Gboard

Berikut ini adalah kelebihan Gboard yang dapat dinikmati oleh pengguna iOS.

1. Terintegrasi Pencarian Google

Menggunakan Gboard

Karena dikembangkan langsung oleh Google, aplikasi keyboard yang satu ini diberi keistimewaan untuk dapat terhubung dengan Google Search Engine. Kamu bisa searching apa saja di Google dan membagikannya via iMessage dengan teman chatting kamu.

Loading...

Untuk dapat mengakses pencarian Google, caranya sangat mudah yaitu:

  1. Tap pada logo Google yang ada di bagian kiri atas
  2. Ketik kata yang ingin kamu cari, misalnya “Apple”
  3. Kamu bisa copy link yang berkaitan dengan Apple, lalu paste di kolom pesan
  4. Atau jika kamu ingin mengirim gambar “Apple”, silakan pilih tab gambar dan pilih gambar yang kamu inginkan. Jika sudah, silakan tahan hingga muncul tulisan “Disalin”, kemudian paste di kolom pesan maka kamu dapat mengirimkan gambar “Apple” dengan mudah.

2. Bisa Ganti Tema

Menggunakan Gboard

Bosan dengan tampilan keyboard iOS yang begitu-begitu saja?

Gboard menyediakan pilihan tema yang bisa kamu kustomisasi sendiri. Tersedia tema bawaan dalam pilihan warna putih dan hitam. Selain itu, kamu juga bisa memilih gambar dari Camera Roll kamu.

Caranya:

  1. Buka app Gboard
  2. Pilih Tema
  3. Pada tab Khusus tap pada tanda tambah (+)
  4. Pilih gambar di Camera Roll yang akan kamu jadikan sebagai tema keyboard

3. Geser Kursor dengan Mudah

Menggunakan Gboard

Jika kamu pengguna iPhone yang tidak mendukung fitur 3D touch, menggunakan keyboard ini sangat membantu dalam pengetikan kamu. Kamu tidak perlu lagi harus menggunakan magnifier untuk memindahkan kursor ke kata yang ingin kamu edit.

Dengan menggunakan Gboard, kamu cukup tahan tombol spasi dan arahkan ke kata yang ingin kamu edit. Mudah bukan?

4. Kirim Prakiraan Cuaca

Menggunakan Gboard

Sebenarnya ini masih lanjutan dari Nomor 1 tadi, namun saya buat terpisah agar lebih rapi dan mudah dipahami.

Dengan memanfaatkan fitur pancarian Google, kamu bisa juga mengirim prakiraan cuaca yang ada di wilayah tertentu. Caranya:

  1. Tap pada ikon Google
  2. Ketik di kolom pencarian dengan “Cuaca di [wilayah yang kamu ingin tahu cuacanya]”
  3. Tahan pada hasil pencarian hingga muncul pesan “Disalin!”
  4. Paste pada message box untuk mengirim ke temanmu

5. Fitur Keren Lainnya

Selain beberapa fitur di atas, Gboard juga menyediakan fitur keren lainnya berupa GIF, salin video dari Youtube, mengirim Peta, dan mengirim Kontak.

Kekurangan Gboard

Dibalik beberapa kelebihan di atas, Gboard juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan yang terdapat di aplikasi keyboard milik Google tersebut.

  1. Meskipun sudah di set sebagai keyboard default, terkadang di app tertentu yang muncul malah keyboard bawaan iOS.
  2. Di widget pencarian dan app YouTube temanya berwarna hitam, walaupun sebenarnya saya menggunakan tema warna putih.

Baca Referensi Lainnya:

Penutup

Overall saya suka dengan penggunaan Gboard sebagai penunjang aktivitas saya dalam menggunakan perangkat iOS. Beberapa fitur yang ditawarkan cukup membantu, apalagi saat ini hadirnya dukungan bahasa Indonesia membuat rekomendasi kata menjadi lebih mudah.

Jadi, apakah kamu juga menggunakan Gboard di iPhone kamu?

Semoga Bermanfaat



Loading...


Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU. Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *