pengaruh custom domain

Pengaruh Custom Domain Untuk Penghasilan Adsense Dan Masa Depan Blog

Anda percaya jika nama domain terkadang membuat hoki pemiliknya? Atau nama domain yang sudah kita pilih membawa rejeki dan berkah untuk menghasilkan uang dari blog? Apa sebenarnya pengaruh custom domain sehingga para blogger baru ingin segera mengganti nama domain blognya?

Custom domain digunakan untuk mengganti alamat blog yang berasal dari blogspot atau wordpress (com) yang bisa kita pilih sendiri berdasarkan keinginan kita, saat ini ada banyak sekali akhiran nama domain yang bisa digunakan, seperti .com .net .tv .org .biz dan lainnya.

Jadi seandainya Anda menggunakan blog dari flatform blogspot, bisa diganti dengan nama domain sendiri. Misalnya http://budikeren.blogspot.com menjadi http://budikeren.com atau www.budikeren.com, lebih kelihatan keren bukan?

Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah pengaruh custom domain untuk blog ataupun penghasilan dari google adsense ?(jika anda punya akun Adsense) Dan apakah berpengaruh juga untuk masa depan blog Anda?

Pengaruh Custom Domain Untuk Blog

Sebagian orang mengatakan bahwa dengan mengganti nama domain (custom domain) akan mempunyai pengaruh terhadap blog, terutama untuk trafik. Sebagian orang lagi mengatakan bahwa dengan custom domain maka blog akan mudah populer.

Pendapat itu mungkin ada benarnya, tetapi tidak sepenuhnya benar. Sebab nama domain tidak akan mendongkrak trafik jika tidak dikelola dengan baik. Sebaliknya jika menggunakan nama domain bawaan blogspot (subdomain) tetapi dikelola dengan konsisten, maka trafik blog pun bisa mengalahkan pengguna dengan nama domain sendiri.

Kesimpulannya :  Bahwa pengaruh custom domain terhadap tingginya trafik atau pengunjung blog tidak akan ada efeknya, dengan kata lain pengguna subdomain dari blogspot ataupun wordpress mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan pengunjung.

Pengaruh Custom Domain Untuk Penghasilan Adsense

JIka Anda kebetulan sudah mendapatkan akun Adsense full approved baik itu jenis akun hosted maupun nonhosted apakah ada pengaruhnya untuk total penghasilan?

Loading...

Coba kita simak gambar dibawah ini :

pengaruh custom domain

Gambar ini diambil dari akun non hosted milik saya, coba perhatikan untuk produk aktif dari content adalah 68% bagi hasil penayang. Ini berlaku juga untuk akun Adsense jenis hosted yang mendapatkan penghasilan dari content host, yaitu situs mitra-host Adsense seperti blogspot.

Jadi jika ada sebagian orang yang mengatakan bahwa akun nonhosted mendapatkan bagian penghasilan 100% itu adalah tidak benar. Karena sama-sama menjalankan program Adsense for content dengan bagi hasil 68%, sisanya ya diambil pihak google.

Kesimpulannya : Custom domain sama sekali tidak akan mempengaruhi pendapatan Adsense. Yang menjadikan tinggi dan rendahnya penghasilan Adsense adalah jumlah trafik dan klik iklan yang diperoleh.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Untuk Pemula

Pengaruh Custom Domain Untuk Masa Depan Blog

Sekarang kita kembalikan kepada pengelola blog, apakah ingin bertahan dengan domain bawaan blogspot atau ingin menggantinya dengan nama domain sendiri. Ini sepenuhnya adalah pilihan Anda.

Seperti yang kita tau, untuk mengasilkan trafik blog diperlukan kualitas konten yang berguna untuk pembaca, dapat memecahkan permasalahan yang sedang dicari pengunjung dan sebagai tempat mencari informasi yang kredibel.

Biasanya nama domain sendiri akan mendapatkan tingkat kepercayaan lebih dimata pembaca, tetapi peran sub domain juga tidak bisa dianggap remeh.

Tetapi jika Anda berinvestasi untuk blog dan menjadikan blog sebagai penghasilan Anda dimasa depan, saya lebih menyarankan untuk menggunakan custom domain (Nama domain sendiri) apalagi blog Anda untuk berjualan online.

Tingkat kepercayaan publik atau pembaca akan terus mempunyai pengaruh untuk masa depan blog Anda sendiri. Seandainya saat ini Anda mempunyai blog dengan nama bawaan blogspot pun tidak akan menjadi masalah, tetapi dengan nama domain sendiri akan lebih mudah di ingat dan terlihat lebih sederhana.

Nah, kembali kepilihan Anda…

Dapatkan Domain Gratis Selamaya Disini


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    arya

    ( - 12:42)

    artikel bagus, sangat membantu

    Avatar

    Kuncoro

    ( - 20:15)

    Terima kasih…
    Infonya sangat bermanfaat…

    Avatar

    Gokil

    ( - 07:33)

    Om, klo GA dari Youtube bagi hasil tayangnya lebih rendah ya? katanya 55/45 benar gak sih?

    Avatar

    Imran

    ( - 11:46)

    Om kalu kita mengganti domain gratisan,menjadi domain com. Net. Dll.

    Sedangkan domain blogspot kita sudah di terima adsense. Apakah masih bisa menapilkan iklan. Dengan domain baru. Mohon bantuan nya om.

    Avatar

    oesni

    ( - 09:36)

    om… kalo di web atau blog di sertakan link download semisal memberikan file untuk pembaca artikel, apakah mempengaruhi google adsense??

    Avatar

    Elfrid

    ( - 06:57)

    mantap mas,mkasih atas pencerahannya…

    Avatar

    Matsan Saga

    ( - 18:05)

    Terima kasih…
    Artikelnya sangat bermanfaat…

    Avatar

    Susi

    ( - 12:11)

    Mas mau tanya dong, saya kan sudah punya akun adsense meskipun penghasilan belum seberapa di http://www.iniblogsusi.blogspot.com. Nah, jika saya punya rencana membeli TLD utk blog saya, apakah nanti akan ada peninjauan ulang utk akun adsense nya? maksdnya apa saya harus memulai lg dr awal utk akun adsensenya? tks Mas

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:55)

      Untuk upgrade ke akun nonhosted, memang harus membutuhkan TLD domain, dan akan dilakukan peninjauan ulang layaknya seperti mendaftar Adsense pertama kalinya mas. Apabila tidak diterima, akun Adsense tidak akan berpengaruh dan tetap bisa dipasang pada blogspot.

    Avatar

    FuadHasyim.id

    ( - 19:00)

    Mas mau nanya PENTING!!!
    Jika awal kita daftar blog berdomain.id kemudian sudah di terima. Lalu jika domain tersebut sudah habis masa aktifnya / tidak di perpanjang, otomatis akan berubah menjadi alamat blogspot, dan apakah akan berpengaruh dengan adsense kita tadi mas?
    Untuk respon dan jawabannya saya ucapkan terimakasih banyak mas semoga pertanyaan ini jadi referensi yang lain jg. See You

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:25)

      Tidak ada pengaruhnya mas, kode iklan Adsense bisa ditempatkan di blog lain (sampai 500 blog) dengan melakukan otoritas situs.

        Avatar

        FuadHasyim.id

        ( - 08:51)

        Berarti adsense yang kita daftarkan melalui blog berdomain tersebut tidak masalah ya mas gan, yang tadinya .id lalu berubah jadi blogspot seperti itu ya mas ?
        kalau untuk adsense yang sudah di terima di pasang di blog orang lain tetapi copas itu gmn mas, apakah bisa di tayangkan iklan adsense kita ?
        terimakasih mas

    Avatar

    Arios

    ( - 15:11)

    salam kenal mas, Info yang menarik mas. kebetulan saya sedang berusaha konsisten mengelola blog saya. saat ini masih menggunakan domain blogspot, trafic harianya mulai konsisten,
    minta saran ni mas. saya berencana mau daftar google adsense, apabila nanti setelah di approve dan saya mau costum domain, ada perubahan settingan GA nya mas ??
    atau lebih baik langsung ganti domain custom dulu baru daftar GA ya ?? Mohon pencerahanya mas 😀

    Avatar

    Heriyanto

    ( - 14:43)

    Terimakasih mas, sangat membantu

    Avatar

    Otomologi

    ( - 14:33)

    Benar sekali itu ya mas…!fokus pada konten malah bisa menjamin masa depan blog…

    Avatar

    mas kalau kita custom domain untuk blog, daftar adsennya di blog langsung atau di situs adsense. mohon pencerahannya mas

    Avatar

    erna

    ( - 09:07)

    hallo, sy msh newbie ni Mas, rencana mau daftar google adsense, sementara salah satu syarat untuk bs di approve minimal umur blognya 6 bulan kan yah? sy saat ini sdh membeli domain yg baru , dulu sy punya blogspot, dr tahun 2013 apakah domain baru artinya sy punya blog baru? lalu apakah blogspot sy bs di custom ke domain yg baru sehingga umur blognya tetap sama seperti umur blogspot? mohon pencerahaa, tks banyak, salam….newbie

      Avatar

      Otomologi

      ( - 14:39)

      Ngak juga mbak…blog saya umurnya 2 tahun lebih tapi ngak di urus sama sekali sebab awalnya blog demo.baru tahun 2017 ini saya update kembali .pas daftar adsense langsung keterima padahal artikelnya cuma 19 artikel saja.sekarang blog saya jadi blog utama mengantikan blog yang dulu sebab sudah di jual

    Avatar

    Adhikarta

    ( - 17:28)

    Mas kalau mau custom domain, tapi sebelumnya kita pernah daftar ke google analytic dan google wepmaster itu ada yg dirubah gak mas. Apa di diamkan saja. Trims

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:39)

      kode webmaster dan analytic tidak perlu dirubah mas Adhikarta.

        Avatar

        Adhikarta

        ( - 17:48)

        emm berarti karen custom domain itu sifatnya cuma pengalihan saja brarti kode ga perlu di ganti ya?
        oke mas, terimakasi 🙂

    Avatar

    Mas klu seumpama tadinya domain tld .net mau pindah ke tld .com untuk index google dan visitor di blog lama, kira – kira akan kembali dengan waktu berapa lama ya?

      Ganisebastian

      Ganisebastian

      ( - 18:00)

      Hanya butuh 1 x 24 jam untuk proses index Google.. kalau prosesnya sih cepat, hanya butuh pengaturan redirect 301 permanen di cPanel.

        Avatar

        fuji

        ( - 05:45)

        halo mas gani saya baru sm dunia blogger masih belum begitu paham, saya mau nanya, blog saya baru di approve sm google adsense, apabila saya mau ganti misal 123.blogspot.com menjadi 123.com (ganti domain) apakah saya harus daftar google adsense kembali?

    Avatar

    Wahyuni firdaus

    ( - 12:46)

    Mas gani, saya dibelikan tld secara diam2 sama adek saya, (padahal saya sudah sreg pakai blogspot) nek gak dipakai sungkan.

    Kl seandainya saya ganti costum domain apakah blog saya yang blogspot hilang?

    Trus nasib akun adsen saya bagaimana?
    Apa saya harus daftar adsen lagi? (Saya sudah punya akun adsen bawaan blogspot dan sudah fullaprov)

    Jadi dilema, mohon pencerahannya.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:07)

      1. kalau diganti domain TLD sifatnya hanya custom domain saja atau pengalihan, blogspot tetap masih bisa diakses seperti dulu dan tidak akan kemana-mana 😀 hanya ganti nama domain saja.

      2. kalau Adsense bawaan blogspot jenisnya hosted, hanya bisa dipasang di blogspot saja, tidak bisa dipasang di TLD domain..terkecuali akun adsense sebelum tahun 2012.

    zainal mutaqin

    aku pakai custom domain supaya kelihatan simpel dan mudah dihafal orang lain. hehee… urusan penghasilan aku serahkan kepada yan diatas aja dan aku cukup berusaha dan berdoa haha 😀

    Avatar

    Rima Bilqiss

    ( - 15:32)

    Kalau nanti domainnya sudah tidak aktif apakah otomatis akan dikembalikan ke blogspot ?

    Avatar

    Rima Bilqiss

    ( - 15:31)

    kalau suatu saat domainnya tidak aktif lagi, apakah otomatis dikemablikan ke blogspot ?

    Avatar

    Muhammad Amar

    ( - 04:45)

    Makasih sangat bermanfaat jangan lupa kunbalnya yah mas ()

    Avatar

    Pengaruhnya jadi lebih keren dan terlihat mandiri ya Mas…
    Namun tetap saja untuk perihal penghasilan masing-masing punya rejeki yang berbeda-beda…
    Salam,

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:03)

      Betul mas dedy, rejekinya masing-masing,semoga mas dedy juga cepat bisa menghasilkan dengan blognya 😀

    Andika

    Andika

    ( - 07:20)

    linda i keji saja sekarang sudah pakai TLD.. hehehe.. sepertinya memang TLD menjadi sesuatu yang penting.. logisnya yang penghasilnya sudah M M man dari sub domain saja beralih ke TLD.. hehehehe..

    Avatar

    Muzaku

    ( - 02:25)

    poin untuk tingkat kepercayaan publik terhadap situs kita yang berdomain tld atau sudah tercustom domain sendiri memang sangat berpengaruh mas. .. contoh nya saja ketika saya mau download software untuk komputer, ketika jalan-jalan di google, pasti nya menemukan banyak sekali index dari situs yang memberikan software yang hendak saya download. namun, saya akan lebih mengutamakan untuk mengunjungi situs yang memiliki ekstensi domain tld (custom domain). dan saya rasa semua orang juga berfikiran hal yang sama seperti saya bukan?!

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:19)

      Nah tergantung tingkat kepercayaan orang terhadap situs atau sekedar nama domain? 😀 tetapi saya tidak mengatakan kalau domain bawaan kurang bagus lho 😀
      Yaps , semua tergantung pada pengunjung yang menentukan pilihan di search engine mas Muzaku. Dengan domain TLD maka situs akan terlihat lebih kredibel.

    Avatar

    Kontenxyz

    ( - 02:18)

    custom domain ternyata juga mempengaruhi penghasilan dari adsense juga ya .. saya baru tahu, karena belum mengikuti adsense mas .. 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:16)

      Nanti bisa mengikuti mas,,Ohw, tidak ada pengaruhnya dipenghasilan kok. tergantung pemilik blognya mau konsisten atau tidak 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *