Artikel Adsense

Pengaruh Iklan Pop Up Bagi SEO dan Pengunjung Blog

Hai sobat klikmania, gimana nih kabarnya semua hari ini? Pada kesempatan ini saya ingin memberikan sedikit pembahasan mengenai bahaya dan pengaruh iklan pop up bagi posisi di SERP google.

Kita semua tentu tahu, bahwa iklan dari berbagai jaringan periklanan atau iklan mandiri ada yang menggunakan jenis iklan pop up. Apa sih iklan pop up itu? Itu tuh iklan yang tiba tiba muncul begitu saja dan melayang-layang mengikuti arah gulir layar.

Iklan jenis ini memiliki dampak negatif yang sangat besar, terutama bagi pengunjung blog. Selain membuat pengalaman yang tidak nyaman, pengunjung juga tidak akan membuka situs seperti itu lagi kedua kalinya. Jadi sebenarnya hal ini memberikan pengaruh buruk bagi si pemilik situs dan juga bagi pengunjung blog itu sendiri.

Lalu yang jadi pertanyaannya adalah kenapa masih banyak pengunjung yang menggunakan iklan jenis ini?

Ini terjadi karena mereka ingin mencari keuntungan lebih tanpa memperhatikan kenyamanan pengunjung dan kemajuan blog suatu saat nanti. Namun dalam waktu singkat, pengunjung mungkin melakukan klik karena tidak sengaja, namun dalam jangka panjang, pasti situs dengan iklan seperti ini tidak disukai oleh banyak orang.

Selain itu, ada kabar terbaru bahwa google akan membabad habis habisan mengenai situs yang memiliki iklan pop up yang sulit untuk dihilangkan pada tahun depan. Namun ini masih rumor, apakah nanti benar benar diterapkan hal seperti itu pada algoritma google ataukah tidak. Tapi yang jelas, suatu saat nanti google akan memberikan perlakuan tersendiri kepada situs semacam itu. Kita tinggal nunggu tanggal mainnya aja.

Baca juga: 7 kerugian pasang iklan mandiri bagi blog

Pengaruh iklan pop up bagi SEO

pengaruh iklan

Ya tentu jika google menggunakan penilaian semacam itu suatu saat nanti, pasti ini akan sangat berpengaruh terhadap SEO. Nah yang jadi pertanyaan saat ini juga adalah, apakah sekarang iklan pop up sudah memiliki dampak terhadap posisi SERP ataukah belum. Untuk mengetahui hal ini, yuk ikuti terus pembahasannya dibawah ini.

Jika anda selalu update dengan berbagai informasi resmi yang diberikan oleh google melalui webmasters.googleblog.com, maka anda akan menemukan penjelasan mengenai hal ini.

Kita tahu, bahwa google dalam menerapkan peringkat di mesin pencari sekarang bisa membedakan antara konten mobile dan konten dekstop. Bisa saja jika di google dekstop anda mendapatan peringkat 1 namun di google mobile anda mendapatkan peringkat 2 atau bahkan dibawahnya lagi seperti 3 dan seterusnya.

Hal itu diperahui dari berbagai hal, misalnya kecepatan akses yang berbeda, tampilan yang tidak mobile frendly, kenyamanan pengunjung dalam membaca, misalnya ukuran huruf dan masih banyak lagi. Maka dari itu, anda harus benar benar untuk mempertimbangkan hal tersebut dengan baik. Terutama dalam menggunakan iklan jenis pop up, pop under, interstitial atau iklan sejenisnya itu.

Sebelum membahas mengenai pengaruh iklan pop up bagi seo, saya akan membahas mengenai pengaruh iklan pop up secara umum. Untuk mengetahuinya, silakan simak pembahasannya dibawah ini ya.

1. Mengganggu kenyamanan pengunjung

pengaruh iklan

Sudah barang tentu pengaruh iklan pop up ini benar benar membuat pengunjung terusik. Hal ini menyebabkan pengunjung merasa tidak ada kebetahan atau kenyamanan untuk membaca setiap artikel yang sedang di cari. Bagaimana tidak, saat ingin membaca artikel, tiba tiba nongon iklan yang begitu sering, selain itu juga, iklannya benar benar tidak relevan, tentu sangat menyiksa pengunjung.

Anda bisa menggunakan berbagai hal yang membuat kenyamanan pengunjung, namun selama masih menggunakan iklan pop up, maka hal tersebut tidak akan membuat pengunjung merasakan kenyamanan. Maka dari itu, segera lepas iklan pop up bila ingin mengutamakan kenyamanan bagi pembaca blog.

Selain iklan jenis pop up, ada pula iklan yang muncul di window browser baru bukan? Nah hal tersebut juga tak kalah mengganggunya. Karena berdasarkan pengalaman saya sendiri saat mengunjungi blog tertentu, saya mendapatkan banyak sekali iklan seperti itu di tab baru chrome, bahkan sampai window. Dan yang lebih menyebalkan lagi, saat saya mencoba menutupnya, iklan kembali muncul.

Saya sebagai pengunjung juga merasa kapok dengan blog yang menggunakan iklan semacam itu. Jadi setiap kali menemukan blog tersebut di mesin pencari, maka saya lebih baik menghindar karena mungkin masih menggunakan iklan semacam itu. Kan bisa saja itu adalah iklan yang mengandung virus atau kalau tidak, dengan adanya iklan itu pasti membuat kuota internet semakin boros.

2. Mengurangi keterbacaan

pengaruh iklan

Saya pernah menjumpai ada iklan yang berada hampir 1 layar di smartphone saya. Hal ini tentunya akan membuat keterbacaan artikel sangat sedikit bukan. Bahkan ujung ujungnya pengunjung tidak mau membacanya lagi.

Keterbacaan konten yang bagus juga merupakan salah satu tanda bahwa blog kita ini memang bisa dipercaya karena kualitas konten yang ada didalamnya. Jadi jika keterbacaan dari artikel saja sedikit, pasti ini akan menunjungkan bahwa blog kita tidak memiliki artikel yang bermanfaat bagi pengunjung.

3. Menjadikan iklan lain tidak efektif

Saya sendiri pernah pasang iklan jenis pop up ini karena coba coba. Belum ada seminggu iklan ini langsung saya copot. Ya pengaruh iklan pop up terhadap iklan lain semisal iklan jenis adsense ini begitu ngaruh. Bahkan penghasilan dari iklan adsense turun hampir 50% karena saya menggunakan iklan jenis ini.

Maka dari itu, jika anda memasang iklan agar efektif itu tidak perlu banyak banyak dengan gemerlap iklan. Tapi pasanglah dengan mengutamakan iklan yang sekiranya relevan dan bermanfaat bagi pengunjung.

4. Blog terkesan tidak profesional

Pengaruh iklan pop up bagi blog menurut saya sendiri adalah membuat blog tersebut serasa tidak profesional. Saya juga pernah blog besar memasang iklan dengan jenis ini. Dan saya lihat, banyak juga pengunjung yang kecewa dengan blog tersebut karena iklan seperti itu.

Walaupun blog besar, saya rasa pengaruh iklan pop up ini hanya akan menjadikan popuplaritas menurun dari waktu ke waktu.

5. Bouce rate pengunjung lebih besar

pengaruh iklan

Hal ini sudah tentu jelas. Bounce rate atau lompatan pengunjung juga akan semakin besar. Semakin besar bounce rate menunjukan bahwa blog tersebut tidak memiliki kenyamanan yang baik atau konten yang dimiliki tidak memiliki kualitas yang baik.

Misal ada seseorang yang mengunjungi blog anda. Lalu baru beberapa detik saja pengunjung sudah berganti status menjadi mantan pengunjung, maka hal itu akan mengakibatkan bounce rate semakin besar. Nah dengan semakin besar bounce rate, maka akan mengakibatkan buruknya dalam peringkat di mesin pencari.

6. Tidak memberi keuntungan jangka panjang

Bisa saja blog yang memasang pop up itu akan mendapatkan keuntungan dengan banyak dalam waktu singkat. Namun perlu diingat, hal tersebut tidak akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Terutama bila mereka para pengunjung sudah hafal mengenai blog tersebut, pasti tidak akan mengunjungi blog tersebut untuk kedua kalinya. Jadi semakin lama semakin sedikit trafik karena reputasi semakin buruk, hal itulah juga yang akan menyebabkan keuntungan tidak bisa diperoleh dalam jangka panjang.

Pengaruh iklan pop up ini juga bisa kita rasakan bila kita memiliki blog besar. Saat anda memiliki blog besar, lalu memasang iklan pop up, maka nantinya pengunjung akan kabur, dan lebih memilih blog lain.

7. Banyak konten iklan tidak pantas dan tidak relevan

Hal ini sudah tentu, berbeda dengan iklan adsense. Pasalnya iklan pop up ini berdasarkan pengalaman yang sering saya temui itu menggunakan iklan seperti poker, judi bola, aplikasi android, dan sejenisnya. Jadi kemungkinan untuk lebih besar diklik itu juga bisa saja terjadi. Karena pengunjung lebih memilih untuk menekan tombol close daripada mengklik iklan.

Selain itu, biasanya konten akan dianggap berbahaya oleh banyak orang. Misalnya diandroid, tiba tiba muncul peringatan mengenai virus, dan sebagainya. Pasti akan membuat takut seseorang untuk melanjutkan membaca.

Jadi pengaruh iklan pop up ini memang begitu banyak bagi perkembangan blog baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Jadi alangkah baiknya bagi anda untuk tidak menggunakannya mulai dari saat ini. Pasang iklan yang pasti pasti aja seperti iklan gambar, teks, atau iklan native.

Kenapa iklan adsense sendiri sekarang menggunakan jenis interstitial dan iklan melayang?

Pengaruh Iklan Pop Up Bagi SEO

Ya hal ini kadang yang sering ditanyakan oleh banyak orang, kenapa google sendiri menggunakan jenis iklan tersebut untuk progam adsense. Iklan tersebut biasa dikenal dengan nama iklan jenis peningkatan laman. Dan hal itu hanya akan tampil pada iklan untuk ponsel saja dan tidak semua tampil.

Google menggunakan iklan jenis tersebut untuk mendapatkan kesempatan didalam peluang saat ini yang sangat besar. Peluang itu adalah penggunaan smartphone yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Maka dari itu, google mencoba menggunakan iklan jenis ini yang menjadi percobaan atau masih beta.

Sekarang ini perkembangan pengguna ponsel semakin tumbuh, dan penggunaan komputer untuk kegiatan browsing semakin hari semakin menyusut presentasinya.

Nah dari itulah google menggunakan hal ini untuk menyasar pengiklan untuk bisa mendapatkan hasil dari trafik ponsel. Namun yang perlu digaris bawahi bahkan iklan jenis ini itu sangat jarang tampil. Hanya akan tampil di ponsel yang memiliki performa tangguh, baik tangguh dari kecepatan internetnya atau dari fitur ponsel itu sendiri.

Pengaruh Iklan Pop Up Bagi SEO

Walau kita memiliki kecepatan internet yang memadai, belum tentu juga iklan tersebut tayang. Karena adsense hanya akan menampilkan secara terbatas agar tidak mengganggu. Itu pun tidak bisa dibilang iklan pop up.

Karena iklan tidak menyembul begitu saja, melainkan saat kita ingin keluar dari blog nanti baru tampil iklannya, atau saat kita ingin berkunjung ke link lain, maka biasanya juga akan muncul. Bisa dibilang ini hampir sama dengan iklan jenis admob yang berada pada aplikasi android dan iphone.

Selain itu, untuk iklan yang melayang itu juga tidak mengganggu, karena benar benar mudah ditutup. Berbeda dengan iklan pop up yang sering saya temui, benar benar membuat saya sangat kecewa dengan hal itu.

Informasi dari google

Google sendiri melalui laman webmasters.googleblog.com pada beberapa bulan lalu telah membicarakan hal ini. Ia mengumumkan bahwa pada tanggal 10 januari 2017 nanti, google akan memberikan sanksi terhadap blog yang menggunakan iklan pop sampai mempengaruhi kenyamanan pengunjung.

Nah inilah pengaruh iklan pop up terhadap SEO yang perlu diwaspadai kedepannya. Pengaruh iklan pop up terhadap blog itu cukup besar jika kita harus benar benar untuk berfikir 2 kali jika ingin memasangnya.

Memang google sendiri memiliki ratusan sinyal yang akan digunakan dalam pengurutan rangking di hasil pencarian. Nah pengaruh iklan pop up ini juga merupakan hanya satu dari sekian banyak faktor yang ada. Jadi mungkin saja jika hal ini tidak mendapatkan persentase yang lebih besar dalam hal perangkingan, maka bisa dibilang pengaruhnya akan sangat kecil.

Kenyataan dari google saat ini

Kita tahu bahwa google sendiri setiap tahun memiliki progam tersendiri, misalnya tahun 2014 menyuruh situs untuk menggunakan sambungan aman berupa https. Pada tahun 2015 ada gebrakan baru dalam dunia blog yaitu menyuruh webmasters untuk menggunakan tampilan mobile friendly. Namun dalam kenyataan 2 hal tersebut tidak semuanya melakukannya. Jadi saat google menyuruh untuk melompat, masih ada yang hanya diam dan tidak melompat.

Dan kenyataanya pun blog yang tidak responsive dan tidak menggunakan sambungan terenskripsi masih banyak yang menempati halaman utama. Hal ini karena blog tersebut memiliki kualitas yang begitu bagus, dan google sendiri tidak tega untuk menempatkan di halaman belakang. Ini juga mungkin terjadi pada blog dengan iklan pop up.

Pengaruh iklan pop up bisa saja tidak terasa jika blog tersebut masih memiliki informasi yang berkualitas dan dicari banyak orang. Namun tentunya untuk jangka panjang, google pasti akan memikirnya lebih jauh. Soalnya jika ada 2 web yang sama sama memiliki artikel berkualitas tapi yang satunya tidak menggunakan iklan jenis pop up, maka blog yang tidak menggunakan jenis pop up seharunya lebih diuntungkan dalam hal ini.

Jadi google tidak akan gegabah dalam menggunakan hal ini. Karena tidak mungkin juga kan 1 faktor saja akan mengakibatkan perubahan yang begitu besar dimesin pencari.

Pemberian label sebagai konten yang tidak mudah diakses di halaman pencarian

Mungkin situs tersebut akan ditandai dengan menggunakan tanda “konten tidak mudah diakses”. hal yang saat ini diberlakukan untuk situs yang tidak mobile friendly dan yang mobile friendly. Jadi hal ini akan memberikan perubahan dalam waktu jangka panjang. Jadi google sendiri akan tahu mengenai mana konten yang informatif dan mana yang tidak, yang mana hal tersebut sudah ditentukan dari keinginan pengunjung untuk klik iklan.

Misalnya sudah diberi label semacam itu tapi pengunjung masih suka mengunjungi blog tersebut, maka itu menandakan bahwa walau konten sulit diakses, namun isinya begitu berkualitas. Hal inilah yang membuat perubahan dalam jangka panjang bagi algoritma google. Sebenarnya hal ini dilakukan dengan satu alasan, yaitu untuk menampilkan hasil yang lebih baik bagi pengguna. Udah itu aja gak ada yang lain.

Selain itu, nantinya tidak semua iklan pop up akan dijadikan sebagai iklan yang akan menurunkan peringkat situs. Namun iklan pop up tersebut juga telah didiskusikan terlebih dahulu mengenai beberapa hal, misal ukuran iklan, jenis iklan, konten iklan, kesulitan dalam penutupan iklan, atau itu adalah pop up yang bermanfaat. Misalnya adalah pop up untuk memferivikasi usia seseorang sebelum masuk, pop up untuk langganan email, pop up untuk mengumpulkan polling dan sebagainya.

Sumber google : Menempatkan iklan dalam tajuk yang menyesatkan

Jadi untuk mengetahui perkembangan selanjutnya, kita selalu update saja dengan segala informasi resmi dari googleblog.com karena disitulah sebenenarnya banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan .

Semoga pembahasan mengenai pengaruh iklan pop up bagi SEO ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk mampir lagi diblog ini di lain waktu yah… Thanks.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

9 Comments

  1. saya setuju. waktu baca konten tiba tiba iklan nutup layar tablet dan laptop mesti tunggu baru timbul tanda silang buat nutup. Selamanya situs tersebut gak saya kunjungi lagi. Waktu saya tanya sama teman teman di kafe mereka berpendapat sama.

    Artikel ini mewakili sekali

  2. Itu sebabnya muncul aplikasi (extension) anti AdBlock.

    Iklan jenis popunder (popup) sangat mengganggu ditambah iklan popunder (popup) ada yang bervirus.

    Artikel yang diatas sangat membantu para pemilik blog untuk berfikir lagi untuk memasang iklan popunder (popup) di blog.

    Terima kasih untuk artikelnya.

  3. Jenis iklan popunder emang menggiurkan buat jangka pendek, namun ngak buat jangka panjang sebab sekali pengunjung kemungkinan besar lain waktu ngak akan balik lagi kesana (terkecuali blog niche download baik film maupun sotware)

  4. Memang sangat mengganggu gan, popup sebaiknya ditinggalkan bagi publisher adsense. Piss 🙂

  5. Betul, memang sangat mengganggu, apalagi kalau kita lagi pake HP dan kuota terbatas, pasti langsung emosi. Dilain waktu sudah barang pasti bakal menghindari blog di hasil pencarian yang punya iklan nyembul dan suka direct otomatis. Kadang jenis iklan juga palsu, padahal pihak Google sendiri melarang pengguna Android mendownload aplikasi diluar playstore sekalipun jenisnya anti virus, karena sangat rentan.

    Kabar terbaru Google kuwalahan ngadepin malware di Android, google bertanggung jawab utk melakukan Patch System. Hari ini tepatnya 9 desember 2016, browser Google Chrome sudah memperlakukan cekal dan blokir otomatis iklan seperti itu di blog dengan script iklan semacam popup, popunder dan semacamnya, mungkin yang paling terkenal dari popcash dan popeller.

    Tanggal dan hari saya kurang tau, tapi yang pasti Google Chrome sudah pakai sistem itu, bisa di test Drive pakai Google Chrome nya bos. Hehe.. Sistem ini bakal bikin banyak Pengiklan menjerit, kalau nantinya para publisher popcash dan propeller pada pusing, berarti memang dampak sistem Google Chrome luar biasa, mengingat pengguna browsing Chrome dari cukup tinggi di Indonesia bahkan dunia.

    Strategi Google bikin mereka mau gak mau lepas kode iklan, kalau strategi Google gak bikin mereka kapok, dengan sangat terpaksa di buat kebijakan baru terkhusus blog platform blogger. Soalnya kalau mereka mau menurunkan peringkat di hasil pencarian para pemain iklan pop up, perlu hal yang kompleks terkait sistem algo dan keadilan, makanya Google pake opsi blokir otomatis iklan popup.

    1. Wah, saya baru tau infonya ni mas nino.. 😀
      menarik juga untuk Strategi Google bikin mereka mau gak mau lepas kode iklan. popop:D

      1. Sekedar informasi mas, ternyata gak semua iklan popup di blokir mas, cuma khusus iklan2 yang mereka tandai sebagai malware. Tapi gak menutup kemungkinan bakal merambah ke hal yang lebih kompleks (sedang progres) mengingat banyak laporan ke mereka terkait ponsel di serang iklan, malware, peretasan, hadiah udian dari iklan popup yang minta data karena ngaku nya dari Play Store dan Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close