Bagaimana Pengaruh Teknologi AI Pada Kamera Smartphone?

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada smartphone diprediksi akan menjadi masa depan smartphone. Lantas, apa pengaruh teknologi AI pada kamera smartphone?

Teknologi AI memiliki kemampuan algoritma untuk melakukan proses editing. Pengguna seolah punya ahli photoshop dengan kemampuan editing mendekati sempurna.

Kecerdasan buatan ini akan memberikan sentuhan hasil akhir dengan lebih akurat. Teknologi ini mampu mengukur detail warna kulit, kehalusan kulit sampai pada bola mata.

Selain itu, dibawah ini adalah beberapa kelebihan, bagaimana teknologi AI punya pengaruh pada kamera smartphone

Pengaruh Teknologi AI pada Kamera Smartphone

pengaruh teknologi AI pada kamera smartphone 1
Perbandingan kamera dengan dan tanpa AI

1. Medeteksi obyek dengan lebih baik

Teknologi AI ini juga membuat inovasi kamera smartphone dengan mendeteksi obyek dalam frame foto, baik obyek pemandangan yang diambil secara landscape atau obyek bunga dengan detail yang lebih tajam.

Teknologi ini mampu meningkatkan kualitas foto bokeh, efek ini sebelumnya hanya bisa dihasilkan dengan kamera digital. Sistem AI pun bisa mengenal fitur wajah dengan teknologi facial recognition.

2. Penerjemah secara real-time tanpa Internet

Saat ini banyak sekali aplikasi penerjemah yang mampu menerjemahkan teks, gambar, video, maupun audio secara real-time namun harus menggunakan koneksi internet.

Dengan teknologi AI, proses penerjemahan ini bisa dilakukan secara offline, layaknya aplikasi iTranslate yang bisa menerjemahkan beberapa bahasa tertentu.

Loading...

3. Pemindai wajah

Pemindai wajah atau facial recognition mampu mengenali wajah hanya melalui foto. Pada beberapa smartphone yang lebih mengutamakan fitur selfie seperti Oppo F5 keatas.

Hebatnya lagi, beauty recognition ini bisa mengenali jenis kulit, warna kulit, jenis kelamin, bahkan usia pada obyek secara detail.

Kelebihan lain dari teknologi AI adalah mampu menerima perintah suara, layaknya Siri, Cortana, Bixby, Alexa, atau Google Assistant.

Asisten digital ini mampu merespon suara untuk melakukan beberapa tugas seperti menjawab pesan singkat, memutarkan lagu, atau membacakan isi berita.

Perlu diketahui, kecerdasan buatan ini juga bisa dilakukan pada System on Chip (SoC) yang sudah dibekali neural network. Hal ini akan membuatnya semakin pintar, sebab setiap hari bisa berkenalan dengan sesuatu yang baru.

Nah, itulah beberapa pengaruh teknologi AI pada kamera smartphone, untuk kedepannya teknologi ini akan menjadi lebih sepurna dan menjadi trend teknologi smartphone masa depan.



Loading...


Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

    Makin keren aja teknologi jaman sekarang, padahal dulu kalo ngeliat dinosaurus di tamagochi aja udah wow banget kayanya hehehe. Artikelnya bermanfaat banget, terima kasih klikmania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *