Bisnis OnlineProperty

Pengertian NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) Secara Mudah

Jika baru-baru ini diramaikan oleh berita Rumah sakit sumber waras yang menyeret nama Gubernur Basuki Cahya Purnama alias ahok, pasti tidak asing terdengar ditelinga Anda tentang NJOP. Apa pengertian NJOP yang ramai dibicarakan itu?

Istilah NJOP (Nilai Jual Objek Pajak)  mungkin juga terdengar jika Anda ingin membeli sebuah properti, baik itu rumah, tanah ataupun bangunan. Jika Anda belum mengetahui pengertian NJOP mari kita cari tau dengan sedikit penjelasan dibawah ini.

Secara sederhana NJOP adalah harga rata-rata yang didapatkan dari harga transaksi jual beli secara wajar. Untuk selajutnya jika transaksi jual beli tidak terjadi, maka NJOP ditentukan dengan :

  • Perbandingan harga dari objek lain yang sejenis.
  • Nilai perolehan baru.
  • NJOP pengganti.

pengertian NJOP

 

Untuk membahas pengertian NJOP secara lengkap, disini akan dibahas mengenai apa yang menjadi penentu nilai dari NJOP secara garis besarnya saja.

Perbandingan Harga Dari Objek Lain Yang Sejenis

Adalah cara untuk menentukan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) dengan melakukan perbandingan objek pajak lain yang sejenis yang letaknya berdekatan dan memiliki fungsi sama dengan objek pembanding tersebut yang sudah diketahui harga jualnya.

Nilai Perolehan Baru

Adalah sebuah cara untuk mendapatkan NJOP dengan cara menghitung seluruh total biaya yang di keluarkan untuk mendapatkan objek tersebut, penilaian objek pajak di sesuaikan dengan kondisi fisik bangunan.

NJOP Pengganti

Nilai jual pengganti adalah cara untuk mendapatkan harga NJOP berdasarkan pada hasil pendapatan atau pemasukan (income)  objek yang di nilai.

NJOP dibuat sebagai dasar untuk pajak PBB yang biasanya dibayarkan setiap tahun dikantor perpajakan.

Bagaimana Melihat NJOP Rumah Anda?

Jika Anda ingin melihat berapa besar nilai NJOP dari pajak rumah anda, bisa dilihat pada detail kertas pembayaran PBB rumah Anda. Disitu tertera secara detail luas dari bangunan rumah beserta harga rata-rata permeter pesegi yang dijadikan sebagai patokan membayar pajak PBB.

Mengapa Nilai NJOP Mengalami Perubahan?

Nilai NJOP dari sebuah objek bisa mengalami perubahan disebabkan laju pertumbuhan harga jual dari objek tanah ataupun bangunan di suatu tempat. Hal ini biasanya terjadi dalam beberapa tahun kedepan atau bisa dilihat dari pesat dan tumbuhnya bangunan disekitarnya.

Baca juga : Tips Membeli Rumah Lelang Dari Bank Dengan Harga Murah

Tidak ada harga properti yang melorot, semakin tahun yang jelas akan semakin mahal. Nah itulah pengertian NJOP secara sederhana agar bisa jadi referensi dan penjelasan untuk Anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close