pengertian sitelinks

Apa Pengertian Sitelinks dan Apa Fungsinya untuk Blog Anda?

Pernahkah kalian saat melakukan pencarian suatu website atau blog yang hendak kalian tuju menemui beberapa link yang terletak di bawah blog atau website tersebut ? Jika iya, maka itulah yang disebut dengan Sitelinks. Lantas apa pengertian sitelinks?

Bagi seorang blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blog atau bisa dibilang orang yang sudah profesional di dunia blog, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sitelink. Bahkan blog atau websitenya sendiri sudah mendapatkan sitelinks. Namun, bagi seorang blogger yang masih baru masuk dunia blogging tentunya masih  awam dengan pengertian Sitelinks.

sitelink

Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai pengertian, fungsi, serta manfaat dari sitelinks kepada kalian yang belum mengetahui tentang sitelinks. Kalau begitu langsung saja berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Sitelinks

Sitelinks adalah sekumpulan beberapa links  hasil dari suatu pencarian yang tertera di bawah suatu blog atau website yang dituju. link tersebut merupakan link yang mengarah ke situs dari website tersebut bukan link yang mengarah ke situs lainnya, sehingga dengan begitu memberikan suatu kemudahan untuk para pengunjung.

Kalian masih bingung dengan penjelasan di atas? Kalau begitu saya akan memberikan contohnya agar pengertian sitelinks tersebut dapat kalian pahami.

site

Bisa kalian lihat dari gambar di atas. jika kalian melakukan pencarian Klik Mania di mesin pencari maka kalian akan menemukan beberapa tautan link yang berada di bawah judul Klik Mania bukan ? Seperti : Login, Studi Kasus, User Klik Mania, Panduan, dan lain-lain. Nah, tautan link tersebutlah yang dinamakan dengan sitelinks.

Loading...

Blog saya sejauh ini juga sudah mendapatkan sitelinks dengan jumlah 4 sitelinks, masih sedikit bukan. Karena sebenarnya untuk maksimal jumlah sitelinks yang terdapat pada sebuah blog adalah 10. Namun, menurut saya dengan jumlah 4 sitelinks sudah bisa dikategorikan bahwa blog tersebut memiliki suatu kelebihan, entah kelebihan dari banyaknya pengunjung ataupun yang lain.

Saya harap dengan penjelasan sedikit di atas tadi kalian sudah bisa mengetahui tentang pengertian sitelink, paling tidak kalian sudah mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Kalau begitu langsung lanjut ke penjelasan kedua tentang fungsi sitelinks.

Fungsi yang dimiliki Sitelinks

Sitelinks juga memiliki beberapa fungsi yang mungkin belum kalian ketahui. Adapun fungsi-fungsi tersebut, antara lain :

  1. Menujukkan bahwa blog atau website tersebut memiliki kualitas.
  2. Menjadi bahan untuk menaikan trafik pengunjung.
  3. Mempermudah pembaca untuk mencari informasi secara tepat.
  4. Sebagai jalan pintas pengunjung.
  5. Pembaca dapat menghemat waktu.

Sebenarnya masih ada banyak sekali fungsi dari sitelinks, namun saya hanya memberikan beberapa contoh fungsi sitelinks yang menurut saya merupakan lebih utama. Jika kalian memiliki beberapa fungsi lain yang tidak saya sebutkan di atas silahkan untuk menambahkan pada kolom komentar.

Manfaat Sitelink Bagi Blog

Setelah saya memberikan penjelasan mengenai pengertian sitelinks dan fungsi sitelinks di atas tadi. Selanjutnya saya akan memberikan penjelasan yang terakhir yaitu manfaat dari sitelinks.

Apa saja manfaat-manfaatnya? Untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

1. Menunjukan Blog Berkualitas

Dengan adanya sitelinks yang dimiliki oleh suatu blog atau website, dapat menunjukan bahwa blog atau website tersebut memiliki suatu kualitas. Kualitas tersebut dapat dilihat dari sisi konten blog  dan lain-lain, seperti penggunaan template atau theme yang baik, semua artikel terindex dengan benar di halaman google dan masih banyak lagi. Sehingga dengan begitu pengunjung memiliki suatu kepercayaan yang tinggi pada blog atau website tersebut.

Tapi bukan berarti blog atau website yang belum memiliki sitelinks tidak memiliki sebuah kualitas, karena kualitas blog tidak hanya dilihat blog tersebut memiliki sitelinks atau tidak.

2. Traffic Blog akan Meningkat

Seperti yang saya bilang diatas tadi, jika suatu blog atau website memiliki sebuah sitelink akan berpengaruh juga pada kepercayaan seorang pengunjung. Sehingga dengan adanya kepercayaan pengunjung juga akan membuat traffic pengunjung pada blog atau website tersebut meningkat.

Kita harus tahu mendapatkan suatu kepercayaan seorang pengunjung bukanlah hal yang mudah, diperlukan sebuah kerja keras dan berfikir yang cerdas. Serta harus berupaya bagaimana cara agar pengunjung merasa puas dengan konten pada blog, sehingga membuat pengunjung akan kembali lagi untuk mengunjungi blog kita.

3. Blog Berada Pada Posisi Pertama

Blog atau website yang memiliki sitelinks pasti akan menepati posisi pertama, karena salah satu syarat blog atau website bisa mendapatkan sitelinks yaitu harus menempati posisi pertama terlebih dahulu di mesin pencari. Sehingga jika blog kalian sudah berada di posisi pertama maka kemungkinan besar blog kalian bisa mendapatkan sitelinks.

Dan masih banyak lagi sebenarnya manfaat-manfaat yang bisa  kalian dapatkan jika blog atau website kalian mendapatkan sitelink.

Bagaimana cara mendapatkan sitelinks?

pengertian sitelinks
Klik pada gambar untuk memperbesar

Untuk memperoleh atau mendapatkan sitelinks tentunya konten dalam artikel Anda harus terindex dengan baik di mesin pencari google, selain itu pengunaan theme atau template harus sesuai dengan kaidah alat uji coba data terstruktur atau sering disebut Structured Data Testing Tool google.

Berapa lama untuk mendapatkan sitelinks google?

Tidak ada waktu yang dapat memprediksi secara tepat kapan blog akan mendapatkan sitelinks dari google, untuk estimasi minimalnya bisa antara 2 bulan, 3 bulan atau bahkan lebih.Semua tergantung dari index artikel dan pergerakan SERP (Search Engine Result Page) yang semakin baik pada konten atau artikel Anda.

Nah, itulah penjelasan yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi kalian dan semoga yang tadinya belum tahu mengenai sitelink sekarang menjadi tahu setelah membaca tulisan sederahana ini. Terimakasih


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Komentar

    Avatar

    didi

    ( - 13:16)

    alhamdulilah blog ku juga ada sitelink nya

    cek yuk

    mytechnowebsite

    Avatar

    Baru tahu tentang sitelink..makasih penjelasan nya gan.. blog sy kayanya seperti yg agan tulis..mohon masukan. Trm

    Avatar

    gak main main

    ( - 09:10)

    terima kasih, ini bagus penjelasannya. sangat bermanfaat

    Avatar

    Sinichinet

    ( - 06:29)

    Alhamdulillah blog saya SINICHINET sudah mendapat sitelink.. ya walaupun blognya acak kadut

    Avatar

    apakah halaman about dan daftar isi termasuk juga ?

    Avatar

    Blog saya sudah 6 bulan blum dapat sitelink ini mas hahahaha
    padahal bagus juga ya kalau dapet sitelink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *