pengusaha pemula

Perlunya Pondasi Hati Untuk Pengusaha Pemula

Pondasi hati, apa hubungannya dengan pengusaha pemula? dan apa kaitannya dengan bisnis?. Jika Anda berpikir pondasi hati tidak ada hubungan dan kaitannya dengan bisnis pengusaha pemula. Bisa dipastikan bisnis Anda belum sukses.

Percaya atau tidak sebuah bisnis harus dibangun dengan pondasi hati yang kuat. Ini sangatlah penting dan dipunyai oleh Pengusaha pemula yang sedang memulai bisnisnya. Dengan pondasi hati yang kuat akan menjadikan kita pengusaha yang kuat.

Dalam artian yang sesungguhnya bahwa bisnis yang dilakukan oleh pengusaha pemula, haruslah, penuh hasrat, alasan, dan tujuan yang kuat, tidak juga karena ikut-ikutan saja, apalagi terpaksa.

Pentingnya Pondasi hati bagi pengusaha pemula

Pengusaha pemula

Pengusaha pemula adalah pengusaha yang sedang aatau baru memulai bisnis, ini seperti kita membuat rumah, maka perlu adanya pondasi yang kuat. Pengusaha pemula tak beda dengan bangunan baru.

Ibarat bangunan, pondasi ini akan menjadi penopang sebuah bangunan. tidak terlihat namun sangatlah penting. Jika bangunan tidak memiliki pondasi yang kuat, maka dapat dipastikan bahwa bangunannya tidak akan kuat, bahkan rapuh.

Jika pondasi hati ini rapuh, maka rapuh lah langkah bisnis yang akan dibangun, akhirnya bisnis tidak bertahan lama dan segera almarhum karena bangkrut.

Ciri-ciri pengusaha pemula yang tidak pakai pondasi hati

Saya yakin banyak pengusaha pemula yang mengawali bisnisnya tanpa dibekali dengan pondasi hati yang kuat, coba perhatikan ciri-ciri berikut dan pastikan, Anda bukan termasuk.

Loading...
  • Banyak sekali pengusaha yang memulai bisnisnya karena ikut-ikutan trend, melihat bisnis A laris manis, maka buka juga bisnis yang serupa. Mereka menganggap itu bisnis, padahal opportunis, karena bagaimanapun bisnis itu merintis, bukan ikut jual yang lagi laris.
  • Tidak jarang pengusaha pemula tidak sabaran. Baru saja membuka satu outlet, melihat ramainya pengunjung di outlet pertama, langsung ingin buka outlet kedua. Tidak sabaran, berharap outlet kedua bisa nambah untung, malah jadi buntung!
  • Tidak sedikit pengusaha yang bangkrut,  meninggalkan banyak hutang setelah bisnis gulung tikar. setelah aset dan hutangnya dihitung, masih banyak tersisa hutangnya yang sangat banyak. Mencoba bangun bisnis lain lagi untuk menutupi hutang itu, yang terjadi malah tidak berkembang. Ini namanya gali  jurang tutup lobang!

Ciri-ciri pengusaha pemula yang tidak punya bekal pondasi hati

Semua hal diatas karena tidak ada bekal pondasi hat yang kuat. Anda bisa cek ringkasan ciri-cirinya seperti ini:

  • Ikut-ikutan trend
  • Diawali dengan hutang
  • Tidak sabaran
  • Fokus pada modal
  • Ingin cepat sukses dan kaya
  • Mengabaikan manfaat
  • Fokus mendapatkan uang

Jika Anda pengusaha pemula dan memulai bisnis dengan pondasi hati seperti itu, jangan berharap bisnis Anda akan bertahan lama. Apalagi fakta membuktikan bahwa

  • 50% bisnis bangkrut pada tahun ke-1
  • 80% bisnis bangkrut pada tahun ke-5
  • 96% bisnis bangkrut pada tahun ke-10

Ini artinya 100 bisnis yang dibangun selama 10 tahun hanya tersisa 4 yang bertahan sisanya bangkrut dan wassalam.

Fakta tersebut menunjukkan bahwa berbisnis memang beresiko tinggi. Karena bisnis yang kita buka tidak ada jaminan untuk sukses. Bisa jadi bisnis baru umur setahun sudah bangkrut.

Hal yang penting adalah mempertahankan bisnis kita sampai 10 tahun bahkan lebih. tentu bagi pengusaha pemula untuk mencapainya dibutuhkan pondasi hati yang kuat, harus sabar, jangan ikut-ikutan, lakukan setiap bisnis dengan penuh hasrat dan semangat.Tidak ada

Jika pondasi hati ini kita mulai sejak dini, maka apapun masalahnya nanti, kita akan tegar dan senantiasa tersenyum.  karena kita akan menganggap bahwa:

  • Tidak ada masalah yang ada hanya tantangan
  • Tidak ada masalah yang ada hanya cermin yang senantiasa meningkatkan kapasitas kita.
  • Tidak akan ada masalah,  jika diri kita tidak bermasalah, maka instropeksi dan evaluasi
  • Tidak ada masalah yang besar, karena kita masih memiliki Allah yang maha besar.

Demikianlah pentingnya pondasi hati bagi pengusaha pemula, semoga mendapat pelajaran dan sekaligus motivasi bisnis, salam sukses!


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *