Tekno

Penjualan Merek Lain Anjlok, Xiaomi Justru Alami Kenaikan

Di masa pandemi seperti sekarang ini, beberapa lini bisnis mengalami dampak yang cukup signifikan, di antaranya adalah bisnis smartphone yang mengalami penurunan penjualan lantaran daya beli masyarakat melemah.

Namun ternyata, tidak semua pabrikan ponsel mengalami penurunan penjualan, karena ada merek tertentu yang justru tidak terpengaruh pandemi. Bahkan, penjualannya mengalami kenaikan dibanding pabrikan ponsel lain.

Baca juga: Bisnis Terdampak COVID-19, Xiaomi Pilih Luncurkan Mi Commerce

Pandemi, Penjualan Xiaomi Justru Naik

Gartner, Inc. telah membuat laporan terkait vendor smartphone mana saja yang penjualannya di kuartal pertama tahun 2020 ini mengalami kenaikan. Hasilnya, Xiaomi menjadi satu-satunya vendor smartphone yang mengalami kenaikan penjualan.

Menurut laporan Gartner, pada kuartal pertama tahun 2020, penjualan Xiaomi naik sebesar 1,4 persen. Perusahaan pimpinan Lei Jun itu juga berhasil mempertahankan posisinya sebagai vendor dengan penjualan smartphone terbesar keempat dengan pangsa pasar sebesar 9,3 persen.

Pihak Gartner juga mengungkapkan alasan bagaimana bisa Xiaomi mengalami kenaikan penjualan di saat vendor lain mengalami penurunan. Menurut Gartner, keberhasilan Xiaomi itu dikarenakan penjualan perangkat Redmi yang kuat di pasar internasional, serta fokus mereka pada penjualan online

.

Secara umum, penjualan smartphone global mengalami penurunan. Samsung, yang menjadi merek nomor satu dunia pun juga mengalami penurunan di mana mereka mengalami penurunan sebesar 22,7 persen. Setelah Samsung, ada nama Huawei yang mengalami penurunan sebesar 27,3 persen.

Bahkan Huawei menjadi vendor yang mengalami penurunan paling besar dibandingkan merek lain. Pesaing terdekat Huawei, yakni Apple, bahkan hanya mengalami penurunan sedikit saja, yakni sebesar 8,2 persen saja.

Baca juga: Xiaomi Rilis Redmi 10X 5G, Raup 2 Triliun dalam 5 Menit

Tahun 2020 nampaknya menjadi tahun yang tidak terlalu berpengaruh bagi Xiaomi. Sebelumnya, pihak perusahaan juga mencatatkan hasil positif ketika menjual perangkat Redmi 10X 5G. Berdasarkan laporan, perangkat Xiaomi tersebut berhasil membuat perusahaan meraup 100 Juta Yuan atau sekitar 2 Triliun Rupiah saat diluncurkan.

Perangkat Redmi 10X 5G sendiri merupakan smartphone pertama Xiaomi yang menggunakan MediaTek Dimensity 820 5G SoC. Dimensity 820 5G adalah System-on a-Chip kelas midrange terbaru dari MediaTek yang difabrikasi menggunakan teknologi 7nm.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close