in ,

Inilah Pentingnya Keyword dalam Judul Posting Untuk SEO

Keyword dalam Judul

Seorang blogger seperti anda tentunya sangat berharap mendapatkan posisi tertinggi di halaman hasil pencarian Google. Tapi masalahnya, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena itulah saya coba memberikan tips tentang penulisan keyword dalam judul yang merupakan salahsatu dari sekian faktor penentu dalam SEO dan akan membantu menaikkan posisi hasil pencarian Google.

Dari beberapa tutorial di internet yang saya dapatkan, penulisan keyword atau kata kunci dalam judul sebuah artikel ternyata menjadi salah satu faktor krusial yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Jadi anda harus memperhatikan masalah ini dalam setiap penulisan artikel untuk konten blog.

Buatlah judul artikel yang mengandung kata kunci tertarget

Hal ini sangat penting agar bot dari mesin pencari bisa mengenal dengan baik keywords yang anda targetkan, sehingga posting anda akan mendapatkan posisi prioritas di hasil pencarian Google. Intinya bukan asal posting, tapi harus pandai menyisipkan keyword dalam judul.

Keyword dalam Judul

Hanya mempertegas saja, bahwa kata kunci yang dibuat dalam judul sebuah posting artikel, akan sangat mungkin mempengaruhi hasil pencarian. Dengan kata lain, judul itu adalah inti dari sebuah artikel. Sehingga dengan membaca judulnya saja kita sudah bisa dapat gambaran dari isi sebuah artikel.

Penerapan Penulisan Kata Kunci dalam Judul yang Baik

Misalkan anda membuat sebuah artikel untuk posting blog dengan kata kunci “anak kucing lucu”, maka judul yang digunakan harus menggunakan kata tersebut. Contohnya “video anak kucing lucu”. Jangan meremehkan hal ini, karena hal itulah yang pertama kali muncul dalam snippet hasil pencarian.

Dari hasil penelitian dan pengamatan para ahli, kata kunci dalam judul benar-benar akan sangat berpengaruh dengan berbagai faktor pendukung lainnya dalam SEO. Faktor pendukung lainnya ialah masalah deskripsi posting yang akan muncul dalam snippet.

Penulisan keyword pada judul juga merupakan cara alternatif untuk mempertegas, jika kita tidak memiliki domain dengan jenis exact match domain. Karena penulisan judul akan menentukan bentuk dari permalink, sebagai pengganti keyword dalam domain.

Namun beberapa ahli SEO menyarankan khusus untuk exact match domain, agar tidak menggunakan permalink dengan kata kunci yang ganda. Hal tersebut disarankan agar postingan tidak terkesan sebagai spam post.

Lihat gambar berikut.

Keyword dalam Judul

Penutup

Itulah sedikit gambaran tentang bagaimana menempatkan keyword dalam setiap judul artikel, agar mudah diberi peringkat yang baik oleh mesin pencari. Perlu diingat pula, bahwa ini baru salah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi hasil pencarian.

Hasil penelitian pakar SEO juga menyebutkan bahwa posting yang memiliki kata kunci pada judulnya, lebih baik daripada yang tidak menggunakannya. Ada perbedaan peningkatan sebesar 10 persen lebih dalam hasil pencarian.

Hebatnya lagi penggunaan trik ini tidak terbatas hanya pada blog saja, tetapi bisa juga digunakan untuk Youtube. Bahkan inilah yang selama ini digunakan oleh para youtube marketer dalam optimasi video mereka, sehingga dalam waktu beberapa jam saja video mereka bisa mendapatkan posisi pertama hasil pencarian youtube.

Penjelasan singkat tentang beberapa istilah yang digunakan dalam postingan ini :

  • SEO Search Engine Optimization = Proses optimasi sebuah halaman website agar mendapatkan peringkat tertinggi di hasil penelusuran.
  • Keyword/kata kunci = kata yang diketikkan pada kotak pencarian mesin pencari.
  • Exact Match Domain = alamat domain yang mengandung kata kunci

NB:

Jika anda serius ingin meningkatkan posisi hasil pencarian blog anda di Google, jangan lupa untuk berlangganan tulisan saya berikutnya tentang optimasi blog di mesin pencari. Insya Allah jika tidak ada halangan, semua akan saya share untuk anda sekalian.

Author seolicious

Hanya seorang penikmat kehidupan online.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Mas makasih atas informasinya,,, mau nanyak,, kalau didalam blog kita isinya tentang cerita kehidupan kita pribadi,, emang boleh ya mas,,saat takut melanggar peraturan google pula,, please balas balas mas,, masik pemula

  2. Tergantung enaknya pembuatan kalimat untuk judul, keyword bisa dimana saja. Cuman usahakan menggunakan kalimat aktif dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0