Pentingnya Slogan dalam Membantu Perkembangan Bisnis

Pentingnya Slogan – Membuat sebuah slogan atau tagline untuk suatu usaha bukanlah sesuatu yang mudah. Terkadang seseorang harus menyempatkan waktunya selama berjam-jam hanya untuk membuat sebuah slogan yang sederhana dan mudah diingat oleh orang lain.

Kamu yang sudah menjalani atau mungkin akan memulai suatu usaha pasti sudah mengalami masalah tersebut, karena siapapun orangnya pasti ingin membuat slogan yang lain daripada yang lain.

Jika sampai saat ini kamu masih belum juga menemukan slogan yang tepat untuk usahamu, ada baiknya belajar dari perusahaan-perusahaan besar dibawah ini agar ide-ide yang selama ini terendap di kepala bisa keluar lebih cepat dan menghasilkan slogan yang brilian.

Pentingnya Slogan, Tak Sepenting Logo?

Jika ada orang yang mengatakan slogan itu tidak terlalu penting, karena yang terpenting dalam suatu usaha itu adalah membuat logo.

Pernyataan diatas harus diluruskan, karena suatu logo tanpa adanya slogan akan terasa hambar. Dan sebaliknya, slogan tanpa logo justru malah akan terasa hambar.

Jadi, keberadaan keduanya saling membutuhkan satu sama lain, karena sampai saat ini merek-merek terkenal yang ada di dunia pun harus memiliki sebuah logo dan slogan yang menarik untuk menunjang kelangsungan bisnis mereka.

Baca jugaMembuat Logo Online Sendiri untuk Blog atau Website Perusahaan Secara Praktis, Mudah dan Tidak Ribet

Apa Itu Slogan?

Sebuah usaha sudah seharusnya memiliki sebuah slogan. Dan yang dimaksud slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu, sebagaimana yang dilansir dari KBBI.

Selain slogan, adapula yang namanya tagline. Namun, dalam penjelasan KBBI belum tercantum apa itu yang dimaksud dengan tagline. Akan tetapi, apabila kita mencari tahu informasi dari berbagai macam sumber, arti slogan dan tagline hampir sama hanya saja slogan sering berubah-ubah, sedangkan tagline bersifat tetap.

Contoh:

Extra Joss – Stamina Plus Nyali dirubah menjadi Laki Fearless. (Slogan)

Klikmania – Will Inspires You. (Tagline)

Kaskus – The Largest Indonesian Community. (Tagline)

Jadi, slogan bisa berubah-ubah mengikuti perkembangan pasar atau target. Adapun untuk tagline lebih bersifat tetap dan memang dipersiapkan untuk membangun sebuah brand.

Bagaimana Membuat Slogan?

Menurut HowStuffWorks, dalam membuat slogan harus memiliki beberapa karakteristik. Dan karakteristik tersebut adalah:

Mudah Diingat

Memang tak mudah membuat slogan yang sederhana, namun mudah diingat. Akan tetapi, kamu bisa belajar dari beberapa slogan yang sederhana, seperti contoh dibawah ini:

Net TV – Televisi Masa Kini.

Indomie – Indomie Seleraku.

Energen – Minum Makanan Bergizi.

Memberikan Dampak

Yang dimaksud dampak disini adalah dampak positif, karena bagaimanapun seseorang akan lebih tertarik apabila sebuah perusahaan memberikan jaminan keuntungan atau setidaknya memberikan hasil akhir yang bermanfaat untuk para penggunanya.

Contoh:

Giant – Banyak Pilihan, Harga Lebih Murah.

Alfamart – Belanja Puas, Harga Pas.

BukaLapak – Situs Belanja Online dan Jual Beli Mudah Terpercaya.

Perusahaan Besar yang Memiliki Slogan Menarik

Kini, setelah melewati beberapa paragraf dan poin per poin, tibalah waktunya untuk kita menengok perusahaan-perusahaan besar yang memiliki slogan keren. Dan perusahaan-perusahaan tersebut adalah:

1. Nike: “Just Do It”

Produk keluaran Nike sebenarnya dibuat khusus untuk para atlet. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan cepatnya perkembangan perusahaan, maka masyarakat umum pun bisa menggunakan produk yang mereka keluarkan.

pentingnya slogan

brandchannel.com

Slogan “Just Do It” atau lakukan saja dalam bahasa Indonesia akhirnya terbentuk berkat andil Kennedy + Weiden. Slogan buatan Kennedy + Weiden ini, akhirnya benar-benar membuat produk Nike menyebar ke berbagai belahan dunia, karena mereka meyakini bahwa segala sesuatu bisa terjadi bila kamu “Just Do It.”

2. Apple: “Think Different”

Sebagian besar masyarakat dunia saat itu mengira jika Apple adalah perusahaan yang memproduksi komputer tua. Namun, setelah slogan “Think Different” disematkan di setiap produk yang mereka keluarkan, mulailah stigma Apple berubah menjadi komputer yang memiliki beberapa inovasi dan kecanggihan teknologi.

pentingnya slogan

consultbfg.com

Forbes mengatakan, bahwa harga saham Apple saat itu langsung meningkat tiga kali lipat dalam waktu satu tahun pertama peluncuran slogan. Meskipun saat ini “Think Diffferent” sudah tidak digunakan lagi (pensiun), setidaknya ini menjadi bukti jika slogan yang bagus dapat membantu perkembangan bisnis.

3. Sosro: “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro”

“Pelepas Dahaga Asli,” adalah slogan pertama dari PT. Sinar Sosro untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat Indonesia. Kemudian, slogan itu terus berevolusi dari tahun ke tahun hingga saat ini menjadi “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro.”

pentingnya slogan

id.wikipedia.org

Kini, hampir semua tempat makan menyediakan teh botol sosro, dan apabila kita mendengar nama teh botol sudah pasti akan teringat nama sosro, karena label itu benar-benar melekat kuat diingatan masyarakat Indonesia.

4. Semen Gresik: “Kokoh Tak Tertandingi”

Slogan yang dibuat Semen Gresik ini benar-benar menampar para kompetitornya, karena slogan “Kokoh Tak Tertandingi” seolah-olah membuat merek lain tidak ada apa-apanya dalam urusan kekuatan.

pentingnya slogan

duaagung.co.id

Itulah pentingnya slogan, karena dengan slogan sebuah usaha dapat memperkenalkan keunggulannya hanya dengan sebuah kalimat sederhana. Semen Gresik sendiri saat ini sudah berganti nama menjadi Semen Indonesia pada tahun 2012 yang kemudian memiliki beberapa anak perusahaan, diantaranya adalah Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Semen Thang Long.

Kesimpulan

Memang membutuhkan waktu, ide dan masukkan orang lain dalam membuat sebuah slogan yang keren. Cara yang paling mudah untuk menemukan slogan terbaikmu adalah dengan mencari tahu apa yang kamu jual, apa yang kamu tawarkan dan apa yang unik dari usaha yang kamu jalankan.

Baca Juga: Teknik Menentukan Ciri Khas Bisnis Yang Anda Jalankan

Saat ini kamu sudah mengetahui bagaimana pentingnya slogan dalam membantu perkembangan bisnis. Oleh karena itu, pikirkanlah dengan sebaik mungkin untuk membuat slogan yang menarik.

Jadi, sebuah logo adalah representasi sebuah merek yang dapat dilihat. Adapun slogan adalah representasi sebuah merek yang dapat didengar, dan posisi keduanya sama-sama penting dalam sebuah usaha.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares