Blogging

Penyebab Blog Tidak Menghasilkan Uang yang Perlu Anda Pelajari

Banyak dari mereka yang baru saja terjun ke dunia blogging mengeluhkan bahwa sudah bekerja keras untuk membuat artikel, banyak tenaga yang terbuang dan sebagainya namun belum bisa mendapatkan uang juga. Nah dari sinilah saya ingin memberikan sedikit tips mengenai penyebab blog tidak menghasilkan uang.

Perlu semuanya tahu, bahwa blog bukanlah mesin pembuat uang yang sehari jadi. Namun banyak juga yang membuat blog itu seakan-akan menjadi hal yang bisa mengalirkan uang ke rekening bank dengan cepat dan mudah.

Mungkin mereka hanya melihat beberapa hasil saja dari para pendahulu yang telah sukses, tanpa melihat jerih payahnya dalam membangun blog. Mulai dari beli domain, hosting, biaya update artikel yang berkala, biaya reset keyword, biaya ini dan itu.

Segala sesuatu yang hasilnya banyak, karena kualitas dari blog itu sendiri. Ada yang hanya membutuhkan sedikit artikel tapi sudah bisa menghasilkan banyak uang, ada pula yang sudah punya banyak artikel namun belum bisa juga menghasilkan sepeser uang pun. Nah maka dari itu, hal yang harus anda perhatikan adalah kualitas yang dihasilkan dari blog tersebut. Apakah sudah benar-benar seperti yang diharapkan pembaca atau belum.

Memiliki suatu hobi yang bisa mendatangkan banyak uang merupakan salah satu hal yang menyenangkan, karena dengan hobi semua justru terasa jadi mudah. Misalnya membuat artikel yang berhubungan dengan musik, kalo anda memang hobi musik. Saat menuliskan artikel di blog, rasanya juga sangat mudah seperti ada yang menuntun.

Nah jika semua artikel yang ditulis merupakan kesukaan anda, maka akan menciptakan rasa yang lebih mantap untuk para pembaca.

Penyebab Blog Tidak Menghasilkan Uang

penyebab blog tidak menghasilkan uang

Ada beberapa penyebab blog tidak mendapatkan uang, ini bisa jadi karena faktor dari diri anda sendiri maupun dari blog dan persaingan terhadap sesama blogger lain yang memiliki tema artikel serupa. Nah hal ini bisa menjadi PR buat anda. Cari tahu penyebabnya dari mana, apakah berasal dari faktor internal maupun eksternal?

Di bawah ini ada beberapa penyebab blog tidak menghasilkan uang, semua ini saya dapatkan saat kebanyakan mereka mengatakan hal itu. Saat di tanyai kenapa blog belum ada penghasilan?

Trafik sepi

Berapa kali sehari Anda cek statistik blog? Rasanya memang tidak sabar ya melihat kemajuan blog kita. Namun jangan teralalu berharap lebih terhadap kemajuan blog kita sendiri apabila kita tidak melakukan banyak hal yang bisa mengubahnya.

Nah yang perlu diperhatikan adalah dengan menjadikan trafik blog yang anda buat menjadi uang.

Untuk itu butuh proses yang panjang, dan kadangkala hal itu karena trafik masih sepi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan trafik blog kita sepi, mulai dari faktor internal maupun eksternal.

Nah beberapa hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti:

1. Kurangnya SEO

SEO atau yang bisa diartikan sebagai salah satu langkah untuk membuat artikel dalam blog kita menjadi lebih tinggi hasilnya di peringkat mesin pencari.

Bagi sebagian besar blog maupun website, trafik yang berasal dari SE (Search engine) merupakan trafik yang terbesar, kadangkala mereka akan menggunakan berbagai cara untuk bisa bersaing di halaman google.

Ada beberapa jenis SEO yang sering digunakan oleh sebagian orang, yaitu SEO Onpage dan SEO offpage. Hal inilah yang kadangkala menimbulkan suatu masalah tersendiri bagi mereka pemula.

Nah anda dapat menggunakan teknik SEO onpage untuk lebih dioptimalkan daripada yang lainnya. Karena SEO onpage sifatnya tidak mengelabuhi Search Engine, namun lebih mengutamakan pada kualitas konten.

Misalnya anda menggunakan berbagai hal yang menyebabkan kurang baiknya reputasi blog di mata google, maka anda harus hati hati. Contohnya bisa berasal dari backlink yang kurang berkualitas, membuat artikel yang khusus untuk mesin saja. Atau membuat banyak cara lain yang pada dasarnya bukan memperbaiki kualitas konten dan juga reputasi blog.

Mungkin anda mulai sekarang harus mempelajari SEO lebih lanjut agar trafik yang dihasilkan lebih banyak dan tertarget. Pilihlah sarana untuk mempelajarinya di tempat yang benar-benar terpercaya, sehingga tidak akan menjadikan rugi sendiri nantinya.

2. Artikel tidak memadai

Banyak sebagian orang mengatakan bahwa blognya sudah memiliki artikel yang memadai, namun kok belum menghasilkan trafik yang tinggi. Nah setelah mereka ditanya, ternyata baru 10 artikel atau 20 artikel. Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi anda semua yang masih bingung akan hal ini.

Perlu anda tahu, blog yang sudah menghasilkan banyak artikel memiliki banyak sekali konten yang memadai. Bukan hanya satu atau dua artikel saja, namun ratusan bahkan ada yang puluhan ribu. Mereka bersusah payah dengan ada yang menulis sendiri atau menggunakan jasa content writer yang banyak bertaburan.

Nah mulai dari saat ini, yang harus anda lakukan adalah dengan membuat artikel yang memadai dulu, paling tidak ya antara 100 sampai 1000 artikel. Mungkin anda mengira mereka yang sudah bisa menghasilkan banyak trafik dari mesin pencari, mereka menggunakan berbagai teknik yang sangat mudah kelihatanya.

Namun mereka juga sering mengalami trial and error, karena dari situlah mereka bisa belajar untuk menjadi yang terbaik dan berusaha untuk bisa menepis error yang sering melandanya tersebut. Inilah penyebab blog tidak menghasilkan uang yang perlu anda perhatikan. Buatlah artikel yang berkualitas dan juga selalu update secara teratur dan konsisten.

3. Blog masih baru

Salah satu penyebab blog tidak menghasilkan uang  karena blog masih baru. Mungkin belum ada 1 bulan atau masih dibawah 3 bulan. Selain masih belum dirayapi oleh mesin pencari, blog yang masih baru pastinya belum memiliki artikel yang memadai, sehingga mereka belum bisa mendapatkan trafik dari artikel tersebut.

Saya punya blog yang masih baru sekitar umur 1 bulanan dan pengunjungnya masih sangat sedikit. Itupun harus selalu di update artikel secara contunue. Dari hasil pengalaman saya, bahwa blog yang masih dibawah 3 bulan belum bisa menghasilkan uang yang bisa dibilang mencukupi kebutuhan. Paling tidak ya antara umur 3-5 bulan baru mulai menampakkan tanda-tanda yang jelas.

4. Blog tidak terurus

Menjadi blogger itu harus berani bekerja keras terlebih dahulu, walaupun belum memiliki penghasilan. Ya seperti itu, walau sudah 3 bulan belum menghasilkan uang juga. Setidaknya harus tetap bersabar, karena ngblog juga termasuk dalam investasi jangka pendek, namun hasil yang di dapatkan sangat tidak pasti, dan kembali modal nya juga tidak pasti.

Namun kalau pengelolaannya benar dan terawat, maka dalam 5 bulan bahkan kurang sudah bisa kembali modal seperti sedia kala.

Jadi inilah yang menyebabkan mereka blogger yang sudah lama berkecimpung dalam hal ini, mereka menjadikan banyak blog hingga ratusan blog dengan jumlah dana investasi yang besar. Sehingga mereka medapatkan modal kembali dalam waktu dekat dan hasilnya pun akan besar.

Referensi lain : Cara Menjadi Blogger yang Baik dan Bertanggung jawab

Kurang banyak pengalaman

Mereka yang baru mengenal tentang blog atau masih awam belum bisa mendapatkan penghasilan dari blognya. Untuk menemukan pengalaman terbaik dalam ngeblog, maka harus benar-benar dilatih sejak awal.

Karena semakin lama anda ngeblog, maka akan menjadikan kita lebih punya skill dalam mengelola dan mengurus blog. Mulai dari membuat artikel yang ramah bagi pembaca, mempelajari berbagai teknik SEO dan sebagainya.

Dengan semakin banyak pengalaman, anda akan semakin bisa lebih fleksibel dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin akan dialami mengenai blog.

Malas ngeblog

Nah ini bisa menjadi hal yang sudah umum. Mereka yang sudah sukses ataupun belum sukses kadangkala akan menjadikan dirinya malas untuk melangkah, sehingga akan menghambat pekerjaannya.

Sifat suka menunda juga kadang jadi alasan tersendiri untuk nanti-nanti dalam ngeblog, karena bagi mereka nanti saja bisa dilakukan kenapa harus sekarang. Nah sekarang gantilah pola pikirnya, kalau sekarang saja bisa kenapa harus nunggu nanti.

Jadi pekerjaan apapun yang bisa dilakukan hari ini, maka akan menjadikan hal yang bagus dan diprioitaskan untuk dilakukan hari itu juga. Jangan nunggu besok atau nunggu bulan depan, karena ini bisa menjadi masalah tersendiri buat anda di waktu yang akan datang.

Referensi lain : Tips Mengatasi Jenuh Ngeblog yang Dapat Anda Coba

Itulah beberapa penyebab blog tidak menghasilkan uang yang perlu anda pahami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya. thanks.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

3 Comments

  1. salam kenal mas…saya mau nanya kenapa blog saya ada yang klik tapi tak menghasilkan uang..ini blognya..http ://my-campur-sari.blogspot.com

  2. penyebab paling sering dilakukan : salah ngincer keyword,
    masih pemula tapi keukeuh nginver keyword susah, miasl : obat wasir, tips seo, harga asus
    (short tail kw)

    atau ngincer keyword yang ga ada yang nyari, ibarat bikin warung tapi di tengah hutan,
    misal : cara berajalan yang baik

    :p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close