Ulasan Bisnis

4 Penyebab Pengusaha Kekurangan Modal Usaha

Penyebab Pengusaha Kekurangan Modal Usaha – Ada beberapa faktor Penyebab utama pengusaha mengalami kekurangan modal, Penyakit pengusaha pemula adalah terlalu agresif dalam mengembangkan bisnisnya, hingga tak memiliki tabungan.

Tiap sen keuntungan yang didapat dari bisnis, semua dijadikan modal atau ekspansi bisnis atau perluasan ke usaha yang lainnya. Tentu saja hal ini lebih baik dibandingkan, keuntungan bisnis untuk berfoya-foya. Tapi masalahnya, dari mana lagi dapat tambahan modal, kalau tidak mempunyai simpanan.

Ada 4 penyebab pengusaha kekurangan modal

1. Ketipu

Penyebab kekurangan modal usaha yang pertama dikarenakan kena tipu, pengusaha wajib mempunyai kepercayaan pada patner kerja atau kepada klien konsumen, Namun jika percaya buta maka hal yang akan dialami adalah kena tipu dalam bisnis.

Ketipu bisa diartikan dengan pengalaman ketika orang lain, secara sengaja atau tidak sengaja mengambil hak atau uang kita. Misalnya sudah bayar, barang  tak dikirim atau dikirim tak sesuai dengan pesanan. Atau sebaliknya barang sudah dikirim tapi nggak dibayar.

bagaimana cara mengatasinya? Ingat cari orderan itu perkara yang mudah, tapi cari yang mau bayar tepat pada waktunya, itu yang susah.

Tips agar tak kena tipu yang menyebabkan kekurangan modal

  • Untuk pelanggan baru, kasih batasan utang, jika mau order lagi, harus bayar bon kmaren
  • untuk perusahaan yang belum jelas atau guram yang tidak jelas track recordnya. Mintakan bayar di muka tanpa penawaran pembayaran lain.

Baca juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Resiko

2. Rugi operasional

Loading...

kerugian operasional terjadi karena salah memperhitungkan biaya-biaya yang harus dikeluarkan dalam perputaran bisnis, sebagai contoh kita sudah memperhitungkan biaya pengiriman barang, namun adanya kenaikan harga bahan bakar. Mau tidak mau kita harus menanggung selisih biaya dengan kenaikan BBM.

Rugi operasional termasuk salah satu penyebab kekurangan modal pada pengusaha, contoh lain jika kita menjalani bisnis butik misalnya, gaji karyawan adalah kewajiban yang harus dibayarkan. jika keadaan sepi maka omzet menurun dan penghasilan menurun juga dan kita dituntut membayar upah gaji.

3. Piutang Macet

Nah, masalah ini ada kesalahan yang sering terjadi yang disebabkan oleh faktor dari luar. karena kita menerapkan sistem piutang dalam bisnis dengan relasi bisnis dan karena satu hal, relasi tersebut tidak membayar piutang. atau tidak tepat waktu membayar piutangnya.

Dengan terjadinya piutang yang macet, maka kita harus menanggung biaya pengadaan barang untuk perputaran usaha kita. Sebaiknya pilihlah pembayaran dimuka atau bayar setengah dulu, begitu barang sampai bayar penuh sebagai solusinya.

4. pertumbuhan melebihi profit

Berkurangnya modal yang disebabkan pertumbuhan bisnis melebihi profit ini tergolong kasus ringan. Kekurangan modal yang terjadi bisa kita atasi dengan mencari permodalan dari luar.

Dari mana kita dapatkan permodalan? yaitu dengan menggandeng investor supaya mau menggelontorkan uang untuk investasi ke bisnis kita. Tentu dengan penawaran yang bagus dengan pembagian keuntungan bisnis kita.

Pertambahan modal yang melibatkan investor dan tips pembagian profit

Perlu diperhatikan dalam penambahan modal melibatkan investor, jangan kita membagi hasil dari persenan dana investasi yang investor berikan. Jika itu yang dilakukan maka rugilah kita.

Solusinya adalah dengan membagi keuntungan atau laba bisnis kita, dengan persenan pembagian yang sudah disepakati dalam perjanjian. Nah demikianlah cara mendapatkan tambahan modal guna mengatasi masalah kekurangan modal bisnis.

Baca juga : Perlunya Pondasi Hati Untuk Pengusaha Pemula

Jika anda sekarang mengalami yang namanya kekurangan modal cara dan tips bisnis diatas bisa jadi solusi terbaik Anda. Salam sukses!



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Agus Eka Prakasiwi

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy