Perangkat Keamanan Rumah

Perangkat Keamanan Rumah Wajib dipasang Sebelum Mudik

Umumnya, libur lebaran dimanfaatkan banyak sebagian orang untuk pulang kampung. Agar hati merasa tenang, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk memasang perangkat keamanan rumah.

Pastinya berbagai macam barang berharga seperti dokumen penting dan alat elektronik jarang dibawa bepergian. Apabila rumah dalam keadaan kosong, pastinya timbul kecemasan apabila barang-barang tersebut raib dicuri.

Oleh sebab itu, perangkat keamanan rumah sangat dibutuhkan untuk melindunginya. Meskipun terlihat sepele, namun perangkat home security ini banyak bermanfaat, terutama untuk meminimalisir tindak kejahatan.

Saat ini  banyak sekali jenis alat pengaman rumah yang dapat Anda gunakan, dengan berbagai fungsi dan dilengkapi aplikasi untuk mengontrol kondisi rumah dari jarak jauh.

Baca juga6 Tips Agar Perjalanan Mudik Terasa Menyenangkan (Tidak Membosankan)

Perangkat Keamanan Rumah yang Wajib Anda miliki

1. Door Sensor

Perangkat Keamanan Rumah

Door sensor atau alarm rumah saat ini sudah banyak digunakan sebagai perangkat keamanan rumah. Alat ini bisa Anda pasang di beberapa pintu utama rumah yang memiliki akses keluar ruangan.

Door sensor  berfungsi untuk mendeteksi upaya pembukaan pintu secara paksa. Apabila alat ini diaktifkan, maka secara otomatis alarm akan berbunyi.

Loading...

Alarm rumah umumnya memiliki beberapa deteksi sensor, diantaranya, gerak, door/window contactsmoke detector, dan heat detector.

Beberapa jenis produk door sensor dapat membedakan gerakan manusia dengan hewan kecil peliharaan, karena sudah dilengkapi teknologi PIR Pet Immune.

Selain itu ada pula yang sudah dilengkapi dengan access control dan electronic locking, alat perangkat keamanan rumag tersebut memiliki CCTV systems dan intrusion detection.

2. Glass Break Alarm

Perangkat Keamanan Rumah

Glass Break Alarm adalah sebuah peringatan yang berasal dari getaran kaca. Alat ini digunakan untuk mencegah pencuri atau orang tak dikenal masuk ke dalam rumah.

Untuk menggunakan Glass Break Alarm cukup diletakkan pada jenis kaca rumah atau juga pada pintu rumah yang berbahan dasar kaca.

Cara kerja alat pengaman ini, di saat kaca mengalami getaran cukup kencang, maka secara otomatis alarm akan berbunyi.

3. Alarm nirkabel / Wireless Alarm

Perangkat Keamanan Rumah

Wireless alarm adalah sistem alarm tanpa menggunakan kabel yang berfungsi untuk mengirim notifikasi auto dial/sms ke nomor tertentu apabila pintu terdeteksi adanya orang yang melewati sensor gerak.

Kelebihan menggunakan Wireless Alarm apabila rumah Anda sangat luas, beberapa sistem kabel dapat dihubungkan bersama untuk menciptakan sistem keamanan rumah.

Instalasi perangkat keamanan rumah berupa alat nirkabel ini juga tidak terlalu rumit, selain itu alat ini juga menggunakan tenaga baterai, jadi apabila listrik mati tetap akan berfungsi.

4. CCTV

Perangkat Keamanan Rumah

Sampai saat ini, CCTV (Closed Circuit Television ) masih populer digunakan sebagai perangkat keamanan rumah, berbagai jenis bangunan atau lokasi-lokasi tertentu.

CCTV menggunakan kamera video untuk menampilkan dan merekam gambar pada waktu dan tempat di mana pun perangkat ini dipasangkan.

Sebagai alat yang berfungsi untuk kamera pengintai ini dapat dipasangkan di banyak lokasi strategis untuk mengamati suatu keadaan tertentu.

5. Home Security Camera

Perangkat Keamanan Rumah

Home Security Camera termasuk dalam golongan CCTV, namun sudah memiliki teknologi yang lebih canggih. Alat ini bisa melihat hingga 360 derajat dengan cara berputar ke segala arah untuk merekam situasi sekeliling.

Home Security juga memiliki IP camera dan terhubung koneksi internet sehingga segala yang terlihat bisa dipantau melalui smartphone.

Saat ini, Teknologi home security terbaru juga sudah terintegrasi dengan AI (Artificial Intelligence)  kecerdasan buatan sebagai pendeteksi gerakan.

Ababila ada orang yang bergerak di dalam ruangan maka pemilik rumah akan langsung mendapatkan notifikasi di perangkat ponselnya.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *