Internet

Perbandingan Android 10 dan iOS 13, Mana Lebih Unggul?

Android 10 VS iOS 13

Perbandingan Android 10 dan iOS 13 – Android dan iOS merupakan dua sistem operasi mobile terbaik yang masing-masing memiliki penggemarnya sendiri. Hingga kini, banyak yang melakukan perbandingan antara Android dan iOS melalui berbagai smartphone yang didukungnya.

Apalagi kedua OS ini juga belum lama ini merilis versi terbarunya. Google terlebih dahulu merilis versi terbaru Android 10 pada 3 September 2019, sedangkan iOS 13 mulai resmi meluncur pada 19 September 2019.

Peluncurkan versi terbaru dari kedua sistem operasi ini tentu membuat para pengguna ingin segera merasakan berbagai peningkatan atau keunggulan yang dimilikinya.

Perbandingan Android 10 dan iOS 13

Kedua OS ini memang memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Meski memiliki sejumlah fitur baru yang hampir sama, namun Android 10 dan iOS 13 juga memiliki perbedaan yang cukup kontras.

Mau tau seperti apa perbandingan antara Android 10 dan iOS 13 dalam berbagai fitur yang mereka miliki? Simak ulasan berikut!

1. Privasi Pengguna

Sumber: thecybersecurityplace.com

Selama bertahun-tahun, keamanan data pengguna merupakan salah satu keunggulan dan menjadi nilai lebih utama bagi berbagai perangkat buatan Apple. Untuk itu, masalah ini kemudian juga menjadi perhatian bagi mereka dalam peluncuran iOS 13.

Apple sendiri sebelumnya mengatakan bahwa dalam OS terbarunya ini, pengguna memiliki kontrol yang besar dalam perizinan lokasi ataupun perizinan pembagian informasi.

Tak cukup sampai di situ, di iOS 13 juga terdapat metode sign-in terkini yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke sebuah aplikasi atau website secara anonymous sehingga tak perlu khawatir dapat terlacak.

Sementara itu, Google pun turut memperhatikan masalah keamanan privasi pengguna ini kepada sistem terbarunya. Mereka juga menambahkan sejumlah update keamanan untuk browser andalan mereka, yakni Chrome.

Meski demikian, karena bisnis periklanan merupakan salah satu sumber pendapatan terbesarnya, apa yang ditawarkan Android 10 bisa jadi tidak lebih baik ketimbang yang dimiliki iOS 13.

Baca juga: 7 Alasan Pengguna iPhone Enggan Beralih ke Android, Bukan Cuma Gengsi

2. Fitur Dark Mode

Sumber: engadget.com

Fitur Dark Mode merupakan salah satu fitur yang diunggulan oleh Android 10 maupun iOS 13. Ya, kedua sistem operasi ini memang seolah saling bersaing memberikan pengalaman fitur Dark Mode terbaik.

Secara umum, fitur ini akan lebih bersahabat dengan mata pengguna, apalagi pada saat penggunaan di malam hari atau dalam keadaan gelap. Selain itu, fitur ini juga dapat membuat daya baterai ponsel menjadi lebih hemat.

Google sebenarnya sudah memberi dukungan fitur pada OS Android Pie, namun sayangnya belum banyak aplikasi yang mendukung fitur ini. Dan pada Android 10 terbaru, sebagian besar aplikasi yang dikembangkan Google dikabarkan sudah mendukung fitur tema gelap.

Sedangkan pada iOS 13, fitur Dark Mode tampak lebih ungguk karena fitur ini memiliki cakupan yang lebih luas, mulai dari wallpaper, notifikasi, aplikasi pesan, widget, hingga kalender. Sejumlah aplikasi besutan Apple juga dikabarkan telah memiliki fitur ini.

3. Aplikasi Foto

Sumber: wired.com

Untuk aplikasi foto, Google menawarkan aplikasi Google Photos yang memiliki sejumlah fitur yang dibutuhkan oleh para pengguna. Berbagai layanan seperti berbagi foto, backup, dan editing foto juga cukup mudah dioperasikan.

Selain memiliki fitur yang lengkap, Google Photos juga memberi kapasitas penyimpanan cloud yang besar kepada para penggunanya, yakni 15GB, secara gratis.

Di sisi lain, di iOS terdapat aplikasi Apple Photos yang dibekali sederet fitur seperti editing foto dengan tools yang bervariasi, termasuk kemampuan untuk melakukan pengaturan pencahayaan foto.

Meski demikian, kapasitas penyimpanan cloud yang diberikan aplikasi ini tidak terlalu besar, yakni hanya 5GB untuk pengguna dengan akun gratis.

Baca juga: 10 Aplikasi Foto Editor Gratis Terbaik untuk Gadget Android dan iOS

4. Maps

Sumber: macworld.co.uk

Untuk aplikasi peta, Google Maps mungkin lebih unggul dalam hal popularitas. Para pengguna mungkin sudah tak asing dengan beberapa fitur utama seperti Street View yang memungkinkan kita untuk melihat peta dalam mode 3D.

Fitur ini memang telah lama dimiliki Google Maps dan bukan merupakan suatu hal yang luar biasa. Bahkan, kini terdapat sejumlah fitur pembaruan lain yang lebih keren dan canggih di aplikasi peta milik Google ini.

Di sisi lain, pengguna perangkat Apple baru saja bisa merasakan fitur ini melalui aplikasi Apple Maps di iOS 13. Di OS terbarunya ini, pengguna akhirnya dapat menikmati fitur yang memungkinkan mereka untuk melihat ke sekeliling dalam mode 3D melalui fitur Look Around.

5. Aplikasi Pesan dan Video Call

Perbandingan Android 10 dan iOS 13
Sumber: businessinsider.com

Untuk Apple, urusan perpesanan video ini call ini difokuskan pada aplikasi Apple Messages dan FaceTime. Kedua aplikasi ini merupakan andalah vendor berlogo apel tergigit ini yang menawarkan sistem komunikasi yang terenkripsi dan lebih aman.

Sementara dari Google, ada banyak aplikasi yang menawarkan fungsi-fungsi tersebut. Misalnya saja Google Voice, Google Duo, Hangouts, dan aplikasi Messaging yang menjadi bawaan di hp-hp dengan OS Android.

Banyaknya pilihan aplikasi tersebut justru malah membuat pengguna bingung. Apalagi pengguna tentunya tidak dapat menggunakan terlalu banyak aplikasi untuk berkomunikasi. Terlebih lagi, beberapa aplikasi juga memiliki fungsi yang serupa.

Di sisi lain, aplikasi Messages dan FaceTime yang dimiliki Apple ini secara default telah tersedia untuk perangkat iOS, sehingga lebih memudahkan para pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain.

6. Voice Assistant

Perbandingan Android 10 dan iOS 13
Sumber: techspot.com

Voice assistant atau asisten suara merupakan salah satu fitur canggih yang banyak dimiliki oleh berbagai perangkat canggih, termasuk smartphone. Untuk fitur ini, Apple memiliki Siri yang mulai diluncurkan pada 2011 dan telah digunakan pada sejumlah perangkat terbarunya.

Menurut banyak pengamat dan pengguna, performa Siri dinilai tidak lebih baik ketimbang Google Assistant yang dimiliki oleh kompetitornya tersebut. Google Assistant dinilai lebih baik dalam mengenali dan memahami perintah suara yang diinginkan penggunanya.

7. Swipe Keyboard

Perbandingan Android 10 dan iOS 13
Sumber: macworld.com

Salah satu fitur terbaru yang menjadi unggulan bagi iOS 13 adalah QuickPath. Dengan fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk menggunakan gesture tertentu dalam mengetik pesan.

Bagi pengguna perangkat iOS, fitur ini memang merupakan sesuatu yang baru ditemui pada sistem versi terbaru ini. Namun, bagi pengguna Android, mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur Swipe Keyboard yang telah lama hadir di sejumlah perangkat Android.

Itulah tadi beberapa perbandingan antara Android 10 dan iOS 13 berserta keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh masing-masing OS di berbagai sektor. Kalau menurutnya, mana, nih, yang lebih canggih?


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close