Review ProdukTekno

Perbedaan Oppo Reno 2 dan Reno 2F yang Baru Hadir di Indonesia

Kemarin pada Selasa (8/10/2019), Oppo kembali meluncurkan smartphone terbaru mereka di Indonesia. Kedua smartphone terbaru tersebut masing-masing adalah Oppo Reno 2 dan Reno 2F.

Dengan selisih harga di antara keduanya hingga Rp 2 jutaan, kedua perangkat ini memang memiliki segmen dan spesifikasi yang cukup berbeda.

Baca juga: Resmi Dirilis, Oppo Reno2, Reno2 Z dan Reno 2F, Berikut Harga dan Specs nya

Perbedaan Oppo Reno 2 dan Reno 2F

Oppo Reno 2 dan Reno 2F memiliki sejumlah perbedaan di beberapa sektor spesifikasi, seperti pada kamera, chipset, hingga memori. Sisanya, spesifikasi yang dimiliki keduanya terbilang cukup identik.

Mau tau seperti apa perbedaan lengkap dari spesifikasi Oppo Reno 2 dan Reno 2F? Simak ulasan berikut!

Kamera

Sumber: kompas.com

Untuk sektor fotografi, Reno 2 dibekali dengan 4 kamera belakang, dengan konfigurasi masing-masing 48MP (Sony IMX 586), 13MP (telephoto), 8MP (ultra-wide), dan 2MP (monokrom) untuk efek portrait.

Sedangkan pada bagian depan, Reno 2 memiliki kamera dengan mekanisme pop-up dan beresolusi 16MP. Kamera ini juga memiliki desain ‘sirip hiu’ seperti pendahulunya.

Smartphone ini juga memiliki sejumlah fitur menarik yang bakal mendukung perekaman video.

Fitur tersebut di antaranya wide-angle, Ultra Steady Video yang memungkinkan pengguna merekam video tanpa ada getaran atau goncangan, serta Video Dynamix Zoom yang dapat membuat fokus ke audio ketika merekam.

Sementara itu, untuk Oppo Reno 2F, sebenarnya memiliki spesifikasi kamera (desain dan konfigurasi) yang kurang lebih sama dengan yang dimiliki Reno 2.

Perbedaannya hanya pada kamera 48MP yang pada Reno 2F menggunakan sensor buatan Samsung, yakni ISOCELL GM1.

2. Performa

Sumber: kompas.com

Dari sektor performa, Reno 2 dan Reno 2F dibekali dengan chipset dari dua vendor berbeda. Untuk Reno 2, dapur pacunya mengandalkan chipset premium menengah, yakni Snapdragron 730G. Sedangkan untuk Reno 2F, ditenagai dengan chipset dari MediaTek, yakni Helio P70.

Kedua perangkat ini juga sama-sama bakal disokong dengan kapasitas RAM sebesar 8GB. Namun untuk memori internalnya, Reno 2 lebih lega dengan 256GB. Sedangkan Reno 2F, memiliki penyimpanan internal yang lebih rendah, yakni 128GB.

Kedua smartphone terbaru Oppo ini juga hadir dengan dukungan sistem operasi Android 9.0 Pie serta antarmuka ColorOS 6.

Reno 2 dan Reno 2F juga merupakan salah dua smartphone yang nanti akan menerima upgrade Android ke versi 10 yang akan segera diresmikan dalam waktu dekat.

“Reno 2 akan menerima upgrade ke Android Q [Android 10] pada Desember 2019, sementara Reno 2F pada kuartal pertama 2020,” tutur Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia dalam live streaming peluncuran Reno 2 Series yang bertempat di Jakarta dan disiarkan melalui akun Twitter @oppoindonesia, Selasa (8/10/2019).

Spesifikasi yang Sama

Sumber: kompas.com

Secara umum, kedua smartphone ini memang memiliki sejumlah spesifikasi yang sama. Beberapa di antaranya adalah kesamaan pada ukuran layar, baterai, sistem operasi, resolusi kamera depan, dan jumlah kamera belakang.

Reno 2 dan Reno 2F juga sama-sama menawarkan layar berjenis AMOLED berukuran 6,5 inci dan beresolusi FHD+. Di sektor catu daya, keduanya sama-sama memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh yang yelah didukung dengan fitur fast charging VOOC 3.0 berdaya 20W.

Baca juga: Mengenal 3 Teknologi Fast Charging dari Oppo yang Baru Diluncurkan

Perbandingan Harga

Sumber: kompas.com

Terkait harga yang ditawarkan oleh pihak Oppo, Reno 2 dibanderol dengan harga Rp7.999.000 dan bisa dipesan dengan sistem pre-order mulai 8-30 Oktober 2019. Sedangkan untuk penjualan perdananya pada 31 Oktober 2019.

Selama masa pre-order, konsumen akan mendapatkan bonus OPPO Enco Q1 (wireless noise cancelling headphone) senilai Rp1.599.000.

Sementara itu, untuk Reno 2F bisa mulai dipesan pada 8-17 Oktober 2019 dengan harga Rp5.399.000. Sedangkan penjualan perdananya pada 18 Oktober 2019.

Selama masa pre-order, ponsel ini juga menawarkan gift menarik berupa JBL GO Wireless Speaker kepada para konsumennya.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close