Review ProdukTekno

Resmi di Indonesia, Inilah Perbedaan Redmi Note 8 dan Note 8 Pro

Xiaomi kembali meluncurkan smartphone terbarunya dari seri Redmi Note di Indonesia pada Kamis (17/10). Kedua ponsel terbaru tersebut adalah Redmi Note 8 dan Note 8 Pro. Kehadiran dua smartphone dari seri populer Xiaomi tersebut memang banyak dinantikan oleh konsumen di Tanah Air.

Kedua ponsel ini juga dilengkapi dengan sejumlah peningkatan dari seri sebelumnya, yakni Redmi Note 7. Salah satunya adalah hadirnya 64MP Quad Camera pada Redmi Note 8 Pro yang diklaim sebagai smartphone pertama yang menggunakannya.

Perbedaan Redmi Note 8 dan Note 8 Pro

Layar

Sumber: selular.id

Sekilas, kedua smartphone ini memang memiliki layar yang sama. Namun keduanya memiliki ukuran layar yang berbeda. Redmi Note 8 sendiri dibekali dengan layar ‘Dot Drop’ dan berukuran 6,3 inci. Sedangkan Redmi Note 8 Pro layarnya berukuran sedikit lebih besar, yakni 6,53 inci.

Selain itu, kedua ponsel ini juga memiliki rasio screen to body yang berbeda. Jika Redmi Note 8 memiliki rasio layar ke bodi 90 persen, Redmi Note 8 Pro memiliki rasioa screen to body mencapai 91,4 persen.

Desain

Sumber: selular.id

Pada bagian depan, Redmi Note 8 dan Note 8 Pro memiliki desain yang serupa. Namun pada bagian belakang, kedua ponsel terbaru besutan Xiaomi ini memiliki sedikit perbedaan.

Redmi Note 8 sendiri mengusung tampilan belakang yang sama persis dengan Redmi Note 7, yaitu masing tampil dengan desain kotak pada bagian belakangnya.

Sementara itu, pada Redmi Note 8 Pro, tampilan mengalami peningkatan karna memiliki desain G3 dengan 4 curve. Dengan desain yang diusung ini, Xiaomi mengklaim pengguna akan semakin lebih mudah untuk memegang atau menggenggam perangkat ini.

Kamera

Sumber: selular.id

Untuk sektor fotografi, duo smartphone seri Redmi Note ini sama-sama berbekal Quad Camera. Perbedaan hanya pada besaran resolusi yang dimiliki oleh setiap kamera yang disematkan pada masing-masing ponsel.

Sebagai seri yang lebih tinggi, Redmi Note 8 Pro juga memiliki sensor kamera yang lebih besar. Dengan sensor utama sebesar 64MP, perangkat ini merupakan smartphone pertama yang dibekali dengan kamera sebesar itu.

Sedangkan untuk tiga kamera lainnya masing-masing adalah 8MP lensa ultra wide-angle, 2MP lensa makro, dan 2MP kamera dengan depth sensor.

Di sisi lain, Redmi Note 8 mengusung kamera yang lebih kecil namun masing terbilang sangat besar di kelasnya, yakno 48MP. Sedangkan tiga lensa pendukungnya sama seperti yang dimiliki oleh Redmi Note 8 Pro, yakni 8MP lensa ultra wide-angle, 2MP lensa makro, dan 2MP depth sensor kamera.

Sementara itu, pada bagian depan, Redmi Note 8 Pro telah berbekal kamera selfie berukuran 20 MP, lebih besar jika dibandingkan dengan yang ada di Redmi Note 8 dengan 13MP.

Meski demikian, kamera depan kedua ponsel ini sama-sama telah didukung dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk semakin menyempurnakan hasil foto. Beberapa fitur AI pada kamera selfie tersebut di antaranya AI Potret, AI Beauty, AI Face Unlock, AI Scene detection, dan lain-lain.

Baca juga : Xiaomi Punya Paten Kamera Selfie Unik, Begini Penampakannya

Dapur Pacu

Dari sektor dapur pacu, Redmi Note 8 bakal ditengai oleh chipset Snapdragon 665 yang mengalami sedikit peningkatan dibandingkan Note 7 yang memakai Snapdragon 660.

Sementara untuk Redmi Note 8 Pro sendiri mengandal performa dari chipset buatan MediaTek, yakni Helio G90T. Chipset tersebut sendiri diklaim diciptakan secara khusus untuk mendukung performa kencang bagi para pecinta game mobile.

Xiaomi bahkan menyebutkan bahwa smartphone terbarunya ini memiliki skor Antutu sebesar 283,33.

Baterai

Untuk urusan catu daya, kedua ponsel ini memiliki kapasitas yang sedikit berbeda. Jika Redmi Note 8 Pro kapasitas baterainya sebesar 4.500 mAh, Redmi Note 8 hanya hadir dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Meski demikian, baik Redmi Note 8 maupun Note 8 Pro sama-sama telah didukung dengan fitur fast charging 18W.

Varian Warna

Meski sama-sama hadir dengan tiga varian warna, namun warna-warna yang dimiliki kedua smartphone ini memiliki nama yang berbeda.

Untuk Redmi Note 8, konsumen di Indonesia dapat memiliki tiga varian warna, yakni Moonlight, Space Black, dan Neptune Blue. Sedangkan untuk Redmi Note 8 Pro, varian warna yang dihadirkan adalah Pearl White, Mineral Grey, dan Forest Green.

Fitur-Fitur Lain

Kelebihan lain dari Redmi Note 8 adalah kemampuan speaker-nya yang cukup baik. Dengan kehadiran dukungan teknologi 1217 super linear speaker dengan Smart AR, bakal meningkatkan kualitas audio bass hingga 60 persen.

Sementara itu, Redmi Note 8 Pro menjadi ponsel Xiaomi pertama yang telah dibekali dengan fitur NFC. Selain itu, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Liquid Cool.

Harga

Kedua smartphone terbaru besutan Xiaomi ini ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda tergantung varian konfigurasi RAM/ROM yang dimilikinya.

Untuk Redmi Note 8 sendiri hadir dengan tiga varian. Varian termurah yaitu dengan konfigurasi RAM/ROM 3GB/32GB yang dibandeerol dengan harga Rp 1.999.000.

Sedangkan untuk varian 4GB/64GB harganya Rp 2.199.00, dan varian 6GB/128GB harganya Rp 2.799.000.

Sementara itu, Redmi Note 8 Pro hanya memiliki dua konfiguras RAM/ROM. Varian pertama 6GB/64GB, dibanderol dengan harga Rp 2.999.000 dan varian tertinggi dengan 6GB/128GB, dibanderol dengan harga Rp 3.399.000.

Untuk Redmi Note 8 sendiri bisa mulai dipesan secara online pada 23 Oktober 2019 mendatang melalui situs resmi Xiaomi atau melalui akun toko resmi Xiaomi di platform Shopee.

Sedangkan untuk versi Redmi Note 8 Pro, penjualan perdana akan dimulai pada 29 Oktober 2019 pukul 12.00 juga melalui Shopee atau situs resmi Xiaomi.

Gimana, kamu tertarik untuk membeli salah satu smartphone terbaru dari Xiaomi ini?


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close