Dunia Internet

Perpustakaan Nasional Indonesia, Cara Mudah Agar Hobi Membaca

Perpustakaan Nasional Indonesia – Pada kesempatan yang baik ini, saya akan berbagi kepada teman-teman sekalian tentang cara mendaftar di Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas).

Apa itu Perpusnas ? adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berada di Jakarta. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di Wikipedia.

Jika sudah mengetahui apa itu Perpusnas, maka langsung saja kita melakukan pendaftaran, seperti dibawah ini :

Pendaftaran

  • Silahkan klik link ini, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

Perpustakaan Nasional Indonesia

  • Apabila sudah masuk, silahkan klik link yang bertanda panah. Kemudian, silahkan klik daftar dan anda akan dibawa ke halaman baru, seperti gambar dibawah ini.

Perpustakaan Nasional Indonesia

  • Jika sudah, silahkan klik “lanjutkan pendaftaran”. Silahkan isi data-data yang diminta, jangan berbohong alias tulis apa adanya saja.
  • Apabila semua proses sudah dilalui akan ada pemberitahuan, seperti gambar dibawah ini.

Perpustakaan Nasional Indonesia

  • Jangan lupa catat nomor anggota dan passwordnya agar sewaktu-waktu, ketika mau login tidak kebingungan karena lupa tidak dicatat.

Mulai Membaca

Setelah sukses mendaftarkan diri, maka saatnya kita mulai membaca. Untuk memulainya, silahkan klik link ini dengan memasukkan nomor anggota dan password.

Apabila sukses login akan ada 20 nama penerbit yang bukunya bisa kita baca. Dan kedua puluh penerbit tersebut adalah :

  1. Alexander Street Press
  2. Alexander Street Video
  3. Balai Pustaka
  4. Brill Online
  5. Cambridge University Press
  6. Cengage Learning
  7. Ebrary
  8. Ebsco Host
  9. IGI Global
  10. [NELITI] Repositori Studi Kebijakan Indonesia
  11. Indonesia Heritage Digital Library
  12. Digital Angkasa
  13. Lexis Nexis
  14. Myilibrary
  15. Proquest
  16. Sage Knowledge
  17. Taylor & Francis
  18. Ulrichs
  19. Westlaw
  20. IG Publishing

Untuk mulai membaca, silahkan lakukan klik pada salah satu nama atau gambar penerbit. Disini saya melakukan klik kepada Digital Angkasa, dan berikut gambarnya.

Perpustakaan Nasional Indonesia

Jika ingin membaca salah satu buku yang berada di rak, lakukan saja klik, maka kita akan dibawa ke tab baru dan siap untuk membacanya.

Harus Sering Membaca

Data UNESCO menunjukkan jika minat baca bangsa Indonesia berada pada angka 0,001 yaitu hanya ada 1 orang yang membaca per 1.000 penduduk.

Informasi ini saya ketahui di rmol yang tentunya sangat memprihatinkan, padahal dengan membaca pengetahuan kita bisa semakin terbuka dan bertambah. Selain itu, membaca juga merupakan kebiasaan orang-orang sukses yang ada di dunia ini, seperti Bill Gates atau Mark Zuckerberg.

Semoga artikel singkat mengenai Perpusnas ini dapat menginspirasi saya pribadi dan teman-teman semua untuk lebih giat lagi membaca buku.

Jika ingin membaca buku secara lengkap, tentu kalian harus datang ke Perpustakaan yang ada di kota/kabupaten kalian masing-masing atau langsung mengunjungi Perpusnas di Jalan Salemba Raya No.28 A, DKI Jakarta – 10430.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close