BloggingOptimasi Blog

10 Macam Persepsi Salah dalam SEO yang Sering Dianggap Benar

Ada banyak hal yang berkaitan dengan dunia blogging dan SEO, mulai dari strategi, teknik, hingga eksperimen yang digunakan masing masing blogger. SEO menjadi bagian dari dunia blogging yang memiliki peran penting. Maka dari itu banyak blogger yang memiliki asumsi masing masing mengenai SEO, bahkan ada berbagai macam persepsi salah dalam SEO yang seringkali dianggap benar oleh kita karena mengikuti pendapat seseorang.

Jadi antara blogger satu dengan blogger yang lainnya tentu ilmu yang mereka berikan bisa tidak sama karena dasar mereka dalam menguasai hal tersebut juga berbeda. Karena sebab itulah, kadang akan menimbulkan persepsi salah, baik si orang lain yang membuat persepsi tidak benar, ataupun dari orang itu sendiri.

Salah satunya dalam hal SEO, banyak persepsi salah dalam seo yang berkembang secara turun temurun sehingga hal itu dianggap benar. Contohnya seperti yang akan saya bahas di kesempatan kali ini.

Persepsi salah dalam SEO

persepsi salah dalam seo

Disini saya ingin memberikan pembahasan mengenai macam macam persepsi salah dalam SEO yang mungkin seringkali kita anggap benar. Dengan ini kita seharusnya bisa meminimilasir berbagai hal yang memang tidak penting untuk dilakukan dan lebih memaksimalkan berbagai persepsi yang memang dianggap benar.

Berbagai hal yang berkaitan dengan persepsi salah dalam SEO ini tentunya seringkali didapatkan oleh seseorang dari berbagai forum blogging ataupun grup di sosial media atapun dari blog. Memang sih, kadang kala karena kita hanya menganggap semua informasi itu benar, kita jadi mempercayainya begitu saja lalu sharing informasi itu ke orang lain dan akan menyebabkan orang banyak yang tahu. Semakin banyak orang yang membicarakannya, informasi itu tentunya akan semakin tersebar luas entah itu benar ataupun salah.

Atau bisa juga informasi yang kita dapatkan itu hanya sebuah “propaganda” saja dan tidak sepenuhnya itu benar. Maka dari itu, disini saya ingin memberikan penjelasan kepada anda semuanya mengenai persepsi salah dalam seo yang semoga bisa memberi manfaat buat anda. Silakan simak.

1. SEO itu sulit dan tidak pasti

Ini adalah persepsi salah dalam SEO yang seringkali dipikirkan oleh seorang blogger, terutama blogger pemula. Sebenarnya seo itu ilmu yang tidak sulit dan juga pasti. Karena dasar dari SEO itu juga bergantung pada yang namanya algoritma google. Jadi kita melakukan optimasi dengan mengacu kesana. Tapi yang namanya algoritma google itu selalu bergerak terus menerus, jadi hal yang perlu dilakukan adalah kita terus menerus mengupdate pengetahuan, dan pengalaman dengan bereksperimen.

Jadi yang menyebabkan anda gagal dalam SEO itu bukan karena sulitnya sendiri, hal itu bisa jadi karena anda kurang pengetahuan, kurang pengalaman, atau salah dalam mengaplikasikan hal tersebut. SEO itu juga ada batas kewajaran dengan hal yang telah ditentukan. Jadi gak bakal dapat terwujud bila kita ingin memposisikan blog baru kita untuk bersaing dengan blog yang sudah terkenal dan lama.

Maka dari itu, anda perlu memahami lebih dulu mengenai ilmu seo. Jadi tidak akan menghakimi bahwa ilmu seo itu sulit dan tidak pasti. Pelajari bagaimana algoritma google bekerja. Karena dari situlah anda bisa mendapatkan berbagai hal yang mungkin yang sebelumnya anda anggap tak mungkin.

2. Beriklan di adwords akan mendongkrak posisi di mesin pencari

Google sendiri pernah mengatakan bahwa beriklan di adwords tidak akan mempengaruhi posisi di mesin pencari, kecuali posisi yang diberi label iklan itu sendiri. Jadi google tidak bisa di suap untuk menampilkan web yang sering beriklan untuk bisa tampil di posisi teratas mesin pencari. Karena kita tahu jika hal itu terjadi, maka pemilik modal pasti akan menguasai seluruh halaman mesin pencari, nah sebagai orang kecil bisa apa.

Jadi anggapan beriklan di adwords akan mendongkrak posisi di mesin pencari itu sama sekali tidak benar. Itu adalah persepsi salah dalam seo yang seringkali masih ada dipikiran orang banyak.

Iklan di google adwords ini memiliki tujuan utama untuk mendatangkan banyak pengunjung. Nah jika web yang diiklankan tersebut menjadi terkenal, disukai banyak orang dan banyak yang mencarinya, itu baru bisa mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari. Jadi dengan beriklan di adwords tidak selalu bisa membuat web tampil dihalaman pertama google. Ingat itu.

3. SEO itu tidak butuh modal

Kita tidak bisa menganggap bahwa seo itu tidak butuh ilmu modal. Memang kita bisa dengan mudah mempelajari dari internet, ya itu sudah lengkap kok, anda pun sebenarnya tak perlu khusus SEO lagi. Namun bukan berarti praktik seo itu tidak butuh modal.

Terkadang kita perlu mengeluarkan sedikit uang untuk mengoptimasi web kita. Atau bahkan berbagai upaya dan praktik yang dilakukan itu juga modal. Jadi bukan hanya modal tenaga dan uang, tapi modal pengetahuan dan berbagai eksperimen itu lebih penting.

4. Web yang sudah tua tidak perlu dioptimasi

Perlu anda tahu, SEO itu perlu tindak lanjut yang dinamis, artinya dari waktu ke waktu harus tetap dijaga dan dikerjakan, tidak sekali buat langsung ditinggal begitu saja dan mengharapkan posisi tetap berada di nomor 1. Itu tidak mungkin, SEO itu adalah sesuatu yang harus dimanaged setiap waktu jika ingin posisinya tidak di rebut oleh web lain.

Anda tahu jasa SEO bukan? Jasa seo itu ada yang menggunakan layanan bulanan atau tahunan, jadi dalam waktu itu akan terus dioptimalkan agar bisa menduduki peringkat pertama. Karena jika tidak, persaingan yang semakin banyak tentunya akan menggeser web itu ke halaman yang jauh dari jangkauan.

Web yang sudah tua dan sudah memiliki peringkat yang bagus di SERP juga harus selalu dijaga agar bisa selalu mengikuti perkembangan seo. Karena tanpa optimasi terus menerus juga akan menjadikan web semakin tidak ramah terhadap mesin pencari, lama lama peringkatnya pun turun.

Jika anda memiliki blog, usahakan agar bisa mengoptimasi setiap hari, paling mudahnya adalah dengan terus menerus mengupdate tulisan. Semakin banyak konten berkualitas yang tersimpan di database google, maka itu akan membuat web lebih ramah terhadap mesin pencari.

Begitu pula dengan toko online, jika semakin banyak konten dari produk yang tersimpan di database google, maka hal itu akan membuat toko online itu semakin bisa memenangkan persaingan. Namun ini tentu tak menjamin berhasil jika memang saingannya begitu berat.

Untuk web statis tentu karena tidak memproduksi konten, maka yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menautkan berbagai macam link internal maupun eksternal yang bermanfaat. Selain itu konten, video dan gambar juga perlu diperbanyak. Web statis seperti web jasa memang butuh seo offpage yang mendominasi daripada offpage.

5. Yang penting nulis banyak, tidak perlu riset keyword

Ini adalah persepsi salah dalam blogging yang seringkali saya dengar. Memang sih dengan seringkali nulis ini akan membuat google memahami web kita dan lebih kenal dengan web kita. Namun nulis banyak tanpa riset keyword itu hanya akan menghabiskan banyak waktu kecuali untuk web media news. Karena riset keyword juga memegang peranan terpenting yang perlu dilakukan jika mengingingkan web tampil dihalaman pertama google.

Saya sendiri pernah memiliki blog dengan jumlah artikel sebanyak 1000 artikel. Tapi ternyata blog satu lagi dengan jumlah artikel sebanyak 200 justru menghasilkan uang 3 hingga 8 kali lebih banyak karena banyak artikel yang nongkrong di page one google. Jadi riset keyword sebelum nulis itu menjadi kunci seorang blogger yang jangan sampai dilupakan. Yang penting persepsi salah dalam seo semacam ini jangan anda pelihara ya!.

Jadi lebih baik nulis artikel dengan jumlah yang cukup saja misal antara 2 hingga 5 artikel perhari dengan riset keyword yang mantap daripada menulis hingga 10 artikel tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Kecuali kalau anda memiliki blog yang memang tidak memerlukan mesin pencari seperti blog cerita, pengalaman dan sejenisnya.

6. CMS WordPress lebih SEO friendly

CMS mempengaruhi SEO, apakah itu benar? Ini adalah persepsi salah dalam seo yang seringkali orang anggap benar. Kita tahu, bahwa semua pengembang cms tentunya mengembangkan platformnya agar SEO friendly, baik itu wp, blogspot, joomla, ataupun platform lokal seperti dari blogdetik. jadi dengan menggunakan wordpress itu tidak menjamin webnya bisa tampil dihalaman mesin pencari begitu saja.

Perlu anda tahu, CMS wordpress adalah CMS open source yang memiliki pengembang yang begitu banyak. Jadi dengan berbagai macam plugin dan theme yang cocok, maka anda akan menjadikan web anda lebih seo friendly. Tapi yang perlu diingat CMS wordpress sendiri tidak bisa berbuat apa apa perihal seo, itu semua dari yang webmaster atau blogger lakukan untuk mengoptimasi web atau blognya tersebut.

7. Backlink yang banyak dalam waktu singkat akan memperburuk web

Ini juga menjadi persepsi salah dalam blogging, backlink yang datang dalam waktu singkat itu tidak selamanya berdampak buruk terhadap seo. Google pun tidak semudah itu menghakimi bahwa semua backlink yang datang dalam waktu singkat itu adalah spam. Karena bisa jadi artikel yang dimaksud itu viral dan banyak blogger yang menuliskannya kan bisa langsung mendapatkan backlink dalam waktu singkat bukan?

Pada praktiknya, orang yang menggunakan semacam jasa backlink memang ada yang seperti demikian. Backlink dalam jumlah banyak langsung hadir dalam satu waktu memang bisa membuat blog tersebut tumbang. Asalkan hal tersebut memang ketahuan dari spam dan berasal dari situs yang tidak memiliki bahasa sejenis dan topik yang relevan.

Adanya fitur disavow tools yang disediakan google menandakan bahwa google masih butuh seseorang untuk melaporkan backlink spam. Jadi google sendiri belum bisa membedakan secara baik mengenai backlink spam ataupun bukan.

8. Backlink sudah tidak mempengaruhi peringkat

Saya seringkali baca dari blog lain bahwa backlink sudah tidak mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Tapi percayalah bahwa ini adalah persepsi salah dalam seo. Backlink masih menjadi hal yang memiliki peran penting dalam faktor perangkiran web. Karena jika tidak mengandalkan backlink, justru hasil yang disusun oleh mesin pencari juga tidak akan relevan.

9. Backlink dari situs dewasa, judi dan sejenisnya memperburuk SEO

Memang, google itu sangat sangat benci terhadap spam. Namun bagaimanapun juga, google juga belum bisa sepenuhnya mengerti mana itu backlink spam mana bukan, mana web spam mana bukan. Yang menjadi acuan paling dari kerelevanan konten dan juga bahasa yang tersedia. Google sendiri memang sudah memiliki list situs situs buruk yang dikumpulkan secara manual, karena kalau menggunakan robot pasti tidak akan bisa menyeleksinya.

Jadi tidak semua backlink yang berasal dari situs dewasa dan judi akan memperburuk peringkat seo anda. Karena blog saya sendiri pernah mendapatkan hingga hampir ratusan ribu backlink jahat. Yaitu dari situs dewasa, game judi, forum semacam kencan online dan sebagainya tapi buktinya tidak apa apa. Mungkin ada yang ingin menjahili situs saya dengan spam ke situs tersebut, tapi hal itu justru malah menjadikan blog itu masih utuh sampai sekarang dan lebih ramah SEO.

Hal itu tentunya karena google belum mencium bau dari web web tersebut, jika memang sudah pasti blog tersebut juga tumbang. Jadi backlink dari situs dewasa juga memang buruk dan jangan sampai blog atau web kita mendapatkannya dari situ. Tapi memang jika itu terjadi, maka itu tidak akan memperburuk posisi SERP kita. Terlebih lagi sekarang algoritma penguin 4.0 yang menjalankan secara realtime dan hanya pada 1 page saja. Jadi jika page itu yang kena, page lain gak berpengaruh.

10. Sosial media sangat berpengaruh terhadap SERP

Perlu anda tahu, bahwa sosial media memang memiliki peran penting bagi kemajuan sebuah web. Tapi dengan share di sosial media tidak akan mempengaruhi hasil pencarian untuk suatu web. Jadi kurang lebih sosial media ini baik fb ads, atau menggunakan cara spam, sama seperti halnya google adwords yang telah saya bahas di poin nomor 2 di atas.

11. Duplikat konten (teks, video, gambar) mempengaruhi SEO

Jika kita menyalin dari situs besar lalu mempublishnya di blog sendiri dengan tanpa mengubahnya, maka hal itu akan berdampak langsung pada artikel itu, yaitu akan sulit terindeks dan mendapatkan posisi yang bagus.

Namun sebaliknya, jika kita memiliki konten yang unik, lalu disalin oleh situs besar, maka kita sendiri yang akan ditendang oleh mesin pencari. Seperti itulah kerja robot google. Mereka belum bisa membedakan mana yang konten benar benar asli yang pertama kali diterbitkan dengan konten yang plagiat. Bahkan jika situs besar terbukti plagiat dan dilaporkan oleh pemilik blog, kadangkala hal itu tidak akan diproses.

12. DA, PA, alexa rank, dan sebagainya membuat web ramah mesin pencari

Sekali lagi ini adalah persepsi salah dalam SEO. Saya sendiri sering menemukan blog dengan PA DA dan juga berbagai rank yang kecil tapi bisa nangkring dihalaman atas sendiri. Sementara yang memiliki peringkat seperti itu lumayan gede, malah dibawahnya.

Jadi intinya google memiliki sitem peringkat sendiri yang tidak dibeberkan kepada siapapun. Mereka selalu menjaga rahasia mereka untuk melindungi siapapun memanipulasi semuanya. Karena jika google bergantung kepada rank semacam itu dan hal itu bisa dimanipulasi dengan mudah, maka hasil pencarian akan kacau nantinya.

Yang tak kalah penting dalam persepsi salah dalam seo adalah seperti artikel panjang pasti bisa mengalahkan pesaing di halaman utama itu juga tak benar. Misal lainnya seperti keyword density harus pas yaitu kurang dari 2%, SEO onpage lebih penting daripada seo offpage. Atau penggunaan meta tag dengan keyword yang pas dan sebagainya juga itu tidak semuanya benar.

Demikianlah pembahasan mengenai persepsi salah dalam SEO. Jika ada yang tidak setuju dengan pendapat saya yang telah dianalisa ini mari kita bicarakan di kolom komentar. Karena ilmu SEO yang benar benar valid sendiri adalah dimiliki oleh para petinggi google yang membidangi hal ini. Saya hanya memberikan apa yang saya tahu. Terima kasih juga telah berkunjung, sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

6 Comments

  1. paling sering dengar tentang perbanyak tulisan aja, gak perlu dengerin orang harus pelajari seo..

    meski tau kalau itu salah,

    seo masih berperan penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close