Artikel Adsense

Proses Persetujuan Akun Adsense Full Approved Mengalami Perubahan Waktu

Permohonan pendaftaran dan persetujuan akun adsense mengalami perubahan, terutama untuk beberapa negara tertentu. Pihak google adsense memberlakukan cara baru sehingga proses pendaftaran akun adsense sangat dimudahkan, karena hanya melalui 1 tahapan saja, dan banyak kemuingkinan besar untuk langsung di setujui. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk negara Indonesia, sebab negara kita tidak termasuk dalam daftar negara pendaftaran adsense dengan cara baru.

Untuk Indonesia masih menggunakan cara lama dan harus melalui 2 tahapan seperti biasa, akan tetapi mulai akhir agustus 2015 persetujuan akun adsense sepenuhnya mengalami perubahan waktu, sehingga tidak bisa di pastikan berapa hari atau berapa lama untuk mendapatkan persetujuan akhir atau full approved. Hal ini yang membuat sebagian para blogger mengalami nasib yang tergantung, karena tidak ada kepastian di tolak atau di setujui dengan jangka waktu yang tidak di tetapkan.

Tidak ada yang tahu persis mengapa pihak google memberlakukan hal tersebut, karena hal ini tidak seperti biasanya. Untuk proses normal pendaftaran dan pengajuan akun adsense adalah sebagai berikut.

  • Mendaftar adsense melalui dashboard blogger, jika tombol earnig sudah aktif /menyala. atau…
  • Mendaftar adsense melalui Adsense.com untuk blog wordpress self hosting
  • Mengisi data URL blog dan alamat yang di perlukan.
  • Melakukan verifikasi akun melalui nomor ponsel.
  • Setelah itu pihak adsense akan memverifikasi dan mengirim email dalam 2-3 hari.
  • Sampai tahap ini, biasanya permohonan langsung di terima, tapi belum sepenuhnya. Kita bisa melakukan login ke dashboard adsense untuk membuat unit iklan
  • Memasang unit iklan di blog
  • Mengajukan permohonan ulang (review ke 2)
  • Menunggu persetujuan akhir atau full aprroved.

Baca :Lama Review Tahap Ke 2 Pengajuan Adsense

Biasanya untuk menunggu persetujuan akun adsense tahap ke dua ini hanya memerlukan waktu 2 – 3 hari jam kerja saja, atau dalam jangka waktu 1 minggu dan paling lambat adalah 1 bulan. Setelah itu kita akan di beritahukan melalui email apakah di setujui atau di tolak. Dengan begitu kita tidak terlalu berharap harap cemas untuk memperoleh kepastian.

Nah, semenjak pemberlakuan pendaftaran adsense dengan cara baru di negara yang telah di tentukan, justru negara indonesia mengalami hal yang tidak menyenangkan. Proses pengajuan adsense tahap ke 2 menjadi terkatung katung alias mengambang, karena kepastian waktunya tidak bisa di tentukan. Hal ini banyak di alami oleh calon publisher yang mengajukan pendaftaran adsense khususnya review tahap ke 2 pada awal september 2015.

Kegelisahan juga ikut mewarnai member forum IAPD (Indonesia Adesense Publisher Disccusion) yang banyak member baru ingin mendapatkan persetujuan akun adsense sepenuhnya (full apparoved). Tidak banyak yang bisa kita lakukan kecuali hanya menunggu dan menunggu sambil terus mengupdate artikel. Tidak tahu secara pasti pihak google akan memberi keputusan.

pengajuan adsense
Gambar dari Forum IAPD

Tetapi baru baru ini sudah ada kabar bahwa sebagian pendaftar adsense yang melalui tahap review ke 2 sudah ada yang di terima, walaupun harus sabar menunggu lama (Tepatnya pertengahan oktober 2015). Alhamdulilah, berarti pihak google memang masih memperdulikan calon publisher yang berada di wilayah Indonesia. Mungkin dengan pemberlakuan cara baru tersebut, sistem pengajuan review tahap ke 2 mengalami sedikit hambatan, atau mungkin juga pendaftar publisher adsense Indonesia terlalu banyak jumlahnya.

Loading...

Dengan adanya bukti tersebut, kita sebagai calon publisher adsense masih ada harapan dan rasa optimis untuk di terima, mungkin saat ini kita harus perlu banyak bersabar saja, sampai pihak google mengembalikan kondisi seperti semula. Tetap semangat untuk menulis posting, buat artikel yang berkualitas agar pihak adsense dan google terkesan. Semoga artikel ini bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

28 Comments

  1. Saya udah 3 hari nunggu masih belum ada kabar….
    min kalo untuk syarat, minimal postingan berapa bisa di approve ya ?

  2. mampir ke blog ane gan.
    newbie
    masih cupu ane gan .
    butuh banyak bimbingannya gan

  3. “Sampai tahap ini, biasanya permohonan langsung di terima, tapi belum sepenuhnya. Kita bisa melakukan login ke dashboard adsense untuk membuat unit iklan”

    saya sudah mendaftar tapi, earning sudah aktif, log in ke adsense sudah bisa, tapi gak bisa membuat unit iklan, apa maksudnya? apa yang harus saya lakukan?

  4. Wah begitu toh, saya daftar adsense 3 hari lulus tahap 1, sekarang lagi tahap 2, masalahnya sejak awal saya daftar tidak ada sama sekali email dari adsense terkait pendaftaran saya, ketika saya login ke adsense, saya lihat begitu aja akun saya aktif dan bisa memasang script ads, meski belum tampil iklannya, beberapa jam kemudian saya login, saya disuruh untuk menyetujui TOS mereka, sudah saya lakukan, dan sampai postingan ini saya tulis, belum juga full approved 😀

    Step 1 saya lulus tanggal 11 Maret 2017, berarti saat komentar saya ini dipublish, sudah 5 hari berlalu 😀

  5. Mengajukan permohonan ulang untuk taplhap review ke 2 gimana caranya mas?? lolos untuk review 1 juga ga ada pmberitahuan wktu itu, trus ane coba bkin unit iklan dan pasang di blog, udah 2 minggu iklan ga tayang”,

    1. Caranya dalah dengan menempatkan kode unit iklan dalam blog mas..setelah itu menunggu persetujuan yang dikirimkan melalui email.

    1. Belum mas, nanti apabila sudah disetujui akan mendapatkan balasan email dari pihak Adsense, jadi saat ini hanya bisa menunggu saja.

    1. Boleh saja @mas poniran revisi dan perbaikan artikel, asal jangan mengganti judulnya. 😀
      Saya dulu pas ditolak terus langsung saya revisi sebelum didaftarkan lagi.

    1. Y a sabar dulu saja mas, banyak teman juga yang lagi menunggu review ke 2. Harusnya tidak sampai selama ini. Ini terjadi sekitar 2 bulan terakhir, sebelumnya lancar saja.

  6. Senasib saya uda digantung dr september, tp sy cancel terus bikin account baru terus, ternyata ad perubahan system kyknya emang harus ditungguij brarti, semoga cepat di approved juga blog saya

  7. Waduh… jadi enak nih… Mas Gani…
    Lah… itu postingan saya jadi image artikelnya… weleh…
    Hehehe….

    Semoga dedyakas,com segera menyusul… Yihaa… hehe 😀

    1. Nah,,itu sebagai contoh bahwa sumber artikel bisa dari mana saja 😀
      Yah, mas dedy semoga cepat diterima blognya.

      saya juga pernah mengalami hal serupa, gk enak rasanya jika di gantungin terus,,hehe

  8. Semoga pihak Google berkenan memperlakukan Calon Publisher Indonesia seperti halnya di Negara lain