Bisnis Online

Persiapan Awal Untuk Membuat Toko Online Bagi Pemula

Persiapan Awal Untuk Membuat Toko Online Bagi Pemula
Salam Klik Mania
Internet di jaman sekarang ini bukan termasuk barang mewah lagi, sekarang hampir semua orang menjadi penggunanya ibarat seperti kebutuhan utama, bisa di sandingkan dengan kebutuhan primer di jaman modern ini.
 
Di era sekarang, selain sebagai pengguna internet, kita bisa memanfaatkan sebagai sarana untuk menghasilkan pendapatan, terlebih jika kita jeli dalam melihat persaingan, yang semakin hari semakin tidak bisa terbendung. Semua berlomba dalam menawarkan produk serta hasil daganganya, semua bisa terlihat secara langsung di dunia nyata.
 
Dengan memanfaatkan internet, kita bisa menembus dunia maya melalui penawaran produk yang jauh lebih efisien, kita bisa menekan pengeluaran untuk berpromosi secara langsung, tidak harus terjun ke pasar.

 

 
TOKO ONLINE
 
Solusi yang tepat bagi hampir semua marketing, toko online adalah tempat berbelanja menggunakan fasilitas blog atau website sebagai toko untuk memajang semua barang dagangannya, hanya berbekal gambar yang di pasang, pengelola toko online bisa menjelaskan secara rinci apa yang mereka jual dan tawarkan, memberikan diskripsi yang jelas mengenai fungsi utama atau kualitas barang yang di tawarkan.
 
Hal ini jelas lebih efisien, karena sekali pengunjung melihat dan membaca bisa langsung memahami, begitu juga dengan pengunjung yang berikut, jadi kita tidak perlu lagi menjelaskan secara berulang ulang kepada setiap calon pembeli mengenai sebuah produk yang sedang kita promosikan.
 
Dengan adanya Toko online kita bisa meluaskan pasar kita, bahkan ke berbagai pelosok asalkan ada jaringan internet, pembeli tidak harus bersusah payah datang ke toko yang mungkin jaraknya bisa di katakan relatif jauh. Pengelola Toko online bisa memanfaatkan jasa pengiriman barang, untuk megirimkan barang yang di jual sampai ke tangan pembeli.

 

 
Persiapan Awal Untuk Membuat Toko Online Bagi Pemula
 
Peluang usaha toko online ini bisa di jalankan siapa saja, dan tidak harus bermodal besar, hanya kiat memasarkan produk yang  di unggulkan serta keyakinan bahwa produk tersebut dapat di terima di pasaran, yang penting kita siap bersaing dengan harga di luar dan tentunya kualitas yang paling di utamakan.

 

 
Apa Sarana Yang di Butuhkan?
 
1. Anda tentunya harus mempunyai produk atau jasa yang di unggulkan, hal ini variatif,tergantung jenis produk serta jasa apa yang anda tekuni untuk saat ini.
 
2. Sebuah blog atau web,tentunya anda harus memilikinya, fungsinya sangat jelas, untuk memajang dan memanerkan produk apa yang sedang anda tawarkan, jika tidak mempunyai kemampuan atau waktu untuk membuat blog, serahkan saja pada jasa pembuat blog atau website, sekarang ini banyak sekali yang meyediakan jasa tersebut.
 
Siapkan nama blog anda, usahakan memilih nama blog atau website yang tepat sesuai jenis produk unggulan yang sedang anda tawarkan.Pilih Template "Store", toko online yang mendukung.
 
3. Sertakan alamat dan nomor telepon yang jelas pada blog anda, serta nomor rekening bank , usahakan lebih dari 1 nomor rekening, sediakan pula ruang posting untuk mengkonfirmasi pembayaran, untuk pembeli yang sudah melakukan proses pembayaran.
 
4. Maksimalkan SEO (Search Engine Optimation) Blog anda agar mudah di temukan di mesin pencari, hal ini sangatlah penting,semakin banyak orang melihat blog anda, semakin besar pula kemungkinan produk anda terjual lebih banyak, anda bisa belajar melalui internet, banyak sekali yang menyediakan tutorial tentang SEO pada blog, atau kalau pusing dengan masalah ini, bisa serahkan ke jasa SEO tentang blog dan website.
 
5. Berpromosi secara offline maupun online, ada banyak cara untuk melakukan hal ini, bisa anda melakukanya dengan gratis,bisa melalui media sosial dan video seperti youtube dan ada pula berpromosi secara berbayar, tentukan pilihan anda berpromosi sesuai dengan anggaran di kantong anda.
 
6. Jalinlah kerja sama dengan "Jasa pengiriman barang" yang bonafid, tentu saja produk yang anda tawarkan bukan hanya untuk pemasaran lokal daerah anda sendiri, besar kemungkinan pembeli anda dari luar daerah atau luar pulau, saat ini jasa pengiriman barang yang bagus adalah jasa pengiriman yang mempunyai status tracking.
 
Jadi kita atau pembeli bisa langsung cek secara online, status keberadaan barang, sudah terkirim atau lagi dalam perjalanan.
 
Selain sarana seeperti yang di sebutkan di atas, yang terlebih penting adalah masalah kepercayaan, kalau toko online anda bisa di percaya (bukan menipu) dan pelayanan serta servis dari toko online anda memuaskan, maka kelangsungan toko online anda akan berkelanjutan dalam jangka panjang.
 
Usahakan membuat halaman testimoni untuk para pembeli, selain sebagai arsip, halaman tersebut akan menumbuhkan kepercayaan terhadap calon pembeli yang lain.
 
sekian dari Klik mania internet sehat, semoga bermanfaat.
 

 

Loading...


Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *