Adsense Di Youtube

Pertama Kali Youtube Berdiri Ternyata Untuk Video MakComblang

Situs video streaming and sharing paling populer dijagat raya ini ternyata punya kisah tersendiri pada awal mula berdiri, tak disangka situs video dengan milyaran pengunjung setiap bulan ini pernah mengalami masa-masa sulit saat pertama kalinya.

Pendiri youtube yang terdiri dari 3 orang yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim ternyata tidak punya gagasan membuat youtube untuk berbagi, tetapi untuk menjual jasa pencari jodoh atau lebih dikenal “Makcomblang”

Kisah ini terungkap baru-baru saja ketika salah satu pendiri youtube Steve Chen mengungkapkan dalam sebuah pembicaraan di konferensi SXSW di Austin, Texas, AS. Chen menyebutkan bahwa “YouTube started as an online dating site“, yaitu sebagai video jasa pencari jodoh.

Konsep Youtube Pertama kali

Youtube pertama kali berdiri bertepatan dengan “Valentine days” atau hari kasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 februari, awal mulanya dengan ide dan gagasan untuk ajang mencari jodoh akan mendapat sambutan yang yang meriah.

Konsep youtube pertama kali adalah mengajak para lajang untuk mengunggah video profil mereka dan mengungkapkan kriteria pasangan yang sedang dicari, tetapi ternyata youtube tidak mendapatkan sambutan yang hangat alias tidak ada orang yang mendaftar sama sekali.

Hingga akhirnya ditunggulah sampai hari berikutnya, tetapi juga tidak ada satupun orang yang mengupload video. Steven chen mengungkapkan kenangan pertama kalinya adalah saat-saat yang paling sulit, bahkan tidak ada orang yang melirik youtube.

pendiri youtube

Youtube Merubah konsep

Loading...

Akhirnya setelah 5 hari tidak mendapatkan satu orang pengupload video, maka para pendiri youtube akhirnya merubah konsep untuk “Mak comblang”, mereka memutuskan untuk membuka semua jenis video untuk diupload. Mulailah pada saat itu banyak orang yang tertarik dan mulai meramaikan youtube.

Suatu keputusan yang tepat yang diambil para “Founder youtube”, akhirnya situs video ini menjadi ramai dan sangat populer. Hingga pada akhirnya youtube dibeli oleh google seharga 1,6 juta dollar AS pada tahun 2006 yang lalu.

Sekarang youtube sudah sangat populer, bahkan menjadi situs video paling populer di dunia. Milyaran video dari berbagai macam jenis dan kategori bisa kita lihat, semua berkat keputusan yang diambil setelah gagalnya konsep “Makcomblang”



Loading...

Baca selengkapnya

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

5 Comments

  1. Wah… baru tahu saya, ternyata awalnya youtube untuk online dating site. Sepertinya Youtube ndak ada saingan ya? adakah youtube versi Indonesia?

    salam

  2. Setiap mendengar kisah masa lalu seseorang ataupun sejarah sebuah start up selalu ada kisah unik dan menarik ya mba Shafira, seperti Youtube ini. Yang ingin saya tanyakan saat menjadi video pencari jodoh itu berbayar atau gratis ya mba Shafira 😀

    1. Sepertinya gratis juga mas, seperti yang dikutip dalam penbicaraan SXSF.. Walaupun untuk menyediakan jasa pencari jodoh.

      Mungkin akan memperoleh imbalan jika kedua jodoh sudah saling cocok dan dipertemukan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button