Internet

Pertanyaan Seputar Dunia Internet: Dari Apa Itu Internet Hingga Berapa Besar Internet

Berapa banyak orang yang online di dunia ini? apa yang mereka lakukan ketika online? Dua pertanyaan di atas adalah bagian kecil dari pertanyaan seputar dunia internet.

Jika pertanyaan seputar dunia internet dilemparkan kepada penduduk bumi pasti akan ada banyak sekali pertanyaan yang muncul.

Pertanyaan Seputar Dunia Internet

Gambar: gettyimages.com

Seperti yang sudah disebutkan di awal yang namanya pertanyaan seputar dunia internet pasti akan selalu ada. Dan berikut ini akan disebutkan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.

Apa saja pertanyaannya?

Dilansir dari The Guardian, berikut ini pertanyaan yang sering ditanyakan:

1. Apa Itu Internet?

Ini adalah pertanyaan yang sering muncul. Dan ketika ada pertanyaan yang seperti ini muncul, maka Anda bisa menjawabnya dengan sederhana.

Internet adalah jaringan yang lebih luas yang memungkinkan jaringan komputer di seluruh dunia terhubung, baik itu pribadi, perusahaan, pemerintah, universitas, atau organisasi.

Saat Anda mengirimkan email ke rekan kerja, update status di media sosial, hingga mencari berbagai macam informasi melalui browser, maka itulah yang dinamakan internet.

Loading...

2. Seberapa Besar Internet?

The Guardian mengatakan bahwa untuk mengetahui berapa besar internet, maka bisa dilihat melalui jumlah informasi yang melewatinya, kurang lebih sekitar 5 exabyte per hari.

Untuk membangun jaringan internet sendiri juga tidak mudah, karena dibutuhkan ratusan ribu mil kabel untuk mencapai ke beberapa negara.

Lihat:

pertanyaan seputar dunia internet
Gambar: telegeography.com

Ratusan ribu mil kabel internet ini pun, kebanyakannya ditanam di bawah laut, dan melalui kabel bawah laut inilah semua koneksi terhubung dari negara satu ke negara yang lain.

3. Berapa Banyak Energi yang Digunakan Internet?

Salah satu perusahaan asal China, Huawei memperkirakan bahwa industri teknologi informasi dan komunikasi menggunakan 20% listrik dunia.

Berdasarkan data di atas, diperkirakan pada tahun 2025 mendatang, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi akan mengeluarkan emisi karbon lebih dari 5%.

Kemungkinan besar konsumsi energi pada tahun-tahun mendatang juga akan terus meningkat, mengingat perkembangan internet begitu cepat.

4. Apa Itu WWW?

WWW adalah kepanjangan dari World Wide Web. WWW adalah cara untuk melihat dan berbagi informasi melalui internet.

Informasi yang disajikan World Wide Web dimulai dari teks, musik, foto, video atau apa pun itu, dan tertulis di halaman web yang disajikan melalui browser.

The Guardian mengatakan, Google menangani lebih dari 40.000 pencarian per detik dan memiliki 60% dari pasar browser global melalui Chrome.

The Guardian juga mengatakan, ada hampir 2 miliar situs web yang tersebar di seluruh dunia. Namun, kebanyakan situs web yang ada itu, sebagian besar tidak ada atau sepi pengunjung.

5. Berapa Banyak Orang Online?

Di beberapa negara hampir semua orang online. Lebih dari 98% penduduk Islandia online, Denmark, Norwegia, Luksemburg, dan Bahrain pun juga begitu.

Di Inggris 95% penduduknya online, Amerika Serikat 89%, Spanyol 85%, Jerman 84%, Perancis 80%, dan Italia 64%.

Bagaimana dengan Indonesia?

Tak ada studi tentang negara Indonesia. Namun yang jelas, bisa dipastikan Indonesia juga online, meskipun tidak diketahui berapa persennya.

Lihat:

Berdasarkan studi yang dibuat oleh The Guardian, Afrika menjadi benua yang lemah dalam hal akses internet atau online, di mana di beberapa negara, seperti Sierra Leone, Guinea, dan Liberia hanya 7 hingga 11% yang online.

6. Apa yang Dilakukan?

1 menit di internet terlihat seperti ini:

2 juta menit panggilan dari SkypeTerdapat 350.000 tweet di Twitter
243.000 foto diposting di Facebook65.000 foto di Instagram
400 jam video diunggah di YouTubeTerdapat 4 juta pencarian di Google

Data di atas merupakan studi yang dilakukan oleh Cisco. Dan perusahaan asal Amerika Serikat itu mengatakan bahwa sebagian besar lalu lintas internet konsumen adalah video.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu ketika seseorang online, maka sebagian besar yang dilakukannya adalah membuka media sosial.

Kesimpulan

Kurang lebih itulah pertanyaan seputar dunia internet yang sering atau banyak ditanyakan oleh masyarakat.

Internet sendiri untuk saat ini memang sudah tidak asing, namanya pun sudah didengar banyak orang. Hanya saja, yang menjadi permasalahan dari internet adalah sulitnya dalam hal akses.

Baca: Kecepatan Internet di Indonesia Sangat Buruk, Benarkah?

Jika di kota-kota besar, mungkin akses internet amat sangat mudah untuk diakses atau ditemukan. Namun, ketika berada di sebuah desa atau jauh dari yang namanya perkotaan, terkadang akses internet sangatlah sulit ditemukan.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *