Tekno

Tak Perlu Buru-buru, Inilah 5 Pertimbangan Sebelum Update ke iOS 13

Beberapa Alasan yang Menjadi Pertimbangan Sebelum Update ke iOS 13

Sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa iOS 13 memang dibekali dengan banyak fitur baru dibandingkan versi iOS sebelumnya. Meski demikian, ada pula sejumlah pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum melakukan update ke iOS 13 ini.

Melasir Gadget Hacks, ada sekitar 200 perubahan atau fitur baru yang dihadirkan untuk sistem operasi iOS 13 ini. Namun sayangnya, masih terdapat beberapa fitur yang ternyata belum dapat berjalan secara optimal sebagaimana diekspektasikan sebelumnya.

Baca juga: Inilah Fitur Terbaru iOS 13 dan Cara Update

Pertimbangan Sebelum update ke iOS 13, Tidak Perlu Buru-buru

Bagi kamu pengguna iPhone atau iPod Touch yang kebagian update iOS terbaru, mungkin sebaiknya tidak terlalu buru-buru melakukan upgrade dan menunggu hingg waktu yang tepat.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa alasan yang mungkin dapat menjadi pertimbangan sebelum update ke iOS 13.

1. Dark Mode Masih Belum Optimal

Dark mode iOS 13
Sumber: 9to5mac.com

Fitur Dark Mode memang menjadi salah satu fitur andalan yang paling ditunggu-tunggu dan paling ingin segera dinikmati oleh para pengguna perangkat iOS.

Meski diklam lebih nyaman di mata dan dapat menghemat konsumsi baterai, namun fitur ini masih belum terlalu optimal.

Menurut laporan, masih ada beberapa bagian yang masih belum optimal dan masih menampilkan latar belakang berwarna putih.

Tercampurnya latar putih cerah dengan mode delap tidak hanya akan menggangu dari sisi estetika, namun juga dapat mengganggu kenyamanan mata.

2. Belum Semua Aplikasi Mendukung Dark Mode

aplikasi dark mode iOS 13
Sumber: 9to5mac.com

Saat ini, sebagian besar aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh Apple meang telah mendukung fitur Dark Mode ini. Bahkan, Apple juga telah meluncurkan API untuk memanfaatkan fitur terbaru ini.

Meski demikian, beberapa aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga masih ada yang belum dapat mendukung tema gelap.

Namun, ini memang bukan merupakan kekurangan yang terlalu fatal, karena ke depannya pasti semua pengembang akan berusaha untuk menghadirkan dukungan fitur ini bagi aplikasi buatan mereka.

Untuk saat ini, ketika fitur Dark Mode belum ada untuk semua aplikasi, tentu akan membuat mata kurang nyaman pada saat perpindahan dari antarmuka gelap ke layar yang lebih terang.

Baca juga: Usai Aplikasi Gmail, Play Store Juga Kebagian Dark Mode

3. Masalah Pemindahan Aplikasi

Pemindahan Aplikasi iOs 13
Sumber: 9to5mac.com

Menurut beberapa laporan, saat ini fitur pemindahan yang ada di IOS 13 masih mengandung sejumlah bug yang bisa saja mengakibatkan beberapa gangguan.

Apple kini juga menambahkan opsi Rearrange Apps yang bisa diakses dengan menekan lama layar. Dan jika opsi tersebut diambil, dapat mengakibatkan tampilan aplikasi menjadi teracak dan membuat bingung pengguna.

4. Perubahan Cara Kerja 3D Touch

Cara Kerja 3D Touch Apple
Sumber: 9to5mac.com

Tidak hanya perangkat yang tidak dibekali 3D Touch, Apple juga menambahkan penggantian fungsi tekan lama 3D untuk semua tipe iPhone.

Jadi nantinya, pengguna dapat mengaktifkan menu opsi yang diperluas, baik dengan tekan lama maupun dengan sentuhan paksa.

Ini artinya, baik iPhone dengan atau tanpa 3D Touch tidak ada bedanya. Perubahan ini mungkin saja dilakukan Apple untuk mengakomodasi iPhone 11 terbaru ini yang tidak lagi didukung dengan fitur 3D Touch.

5. Belum Dapat Di-Jailbreak

Jailbreak iphone
Sumber: 9to5mac.com

Seperti iOS yang baru dirilis pada umumnya, iOS 13 ini juga belum dapat dilakukan jailbreak. Bagi pengguna yang biasa dengan bebas melakukan dan menggunakan fitur jailbreak, mungkin harus menunggu waktu sampai ditemukan cara yang dapat menembusnya.

Praktik jailbreak pada perangkat iOS sendiri mirip dengan rooting di perangkat Android, dan sebenarnya ini tidak direkomendasikan oleh Apple sendiri.

Itulah sejumlah pertimbangan sebelum melakukan update ke iOS 13 yang belum lama dirilis ini. Bagi kamu yang sudah terlanjur melakukan upgrade, saat ini masih bisa ditemui sejumlah situs web yang menawarkan tutorial dan bahan untuk downgrade ke iOS 12.4.1.

Meski demikian, sebenarnya Apple sangat tidak merekomendasikan pengguna yang sudah berada di iOS 13 untuk downgrade ke iOS versi berapa pun.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close