Internet

Menikmati Indahnya Pesona Alam di Bukittinggi

Dengan kesibukan aktifitas yang begitu padat setiap harinya tentu membuat diri stres maka dari itu diri kita membutuhkan hiburan. Setiap individu mempunyai caranya sendiri untuk menghilangkan stres ada yang kulineran bersama keluarga, ada yang berlibur ke luar kota ataupun hanya memanjakan diri dirumah. Bagi anda yang ingin liburan tapi waktu liburan singkat alangkah baik memilih tempat liburan yang dekat aja seperti objek wisata di kota bukittinggi sumatra barat.

Objek wisata bukittinggi sumatra barat merupakan pusat wisata yang terkenal akan keindahan alam dan berbagai macam makanan yang memanjakan lidah. Maka dari itu  ramai wisatawan berkunjung ke bukittinggi untuk melepas penat. Suasana udara yang sejuk dengan berbagai macam destinasi wisata yang menarik, membuat bukittinggi menjadi pilihan utama bagi wisatawan.

Baiklah saya akan mengenalkan  tempat-tempat  terfavorit  yang ramai dikunjungi oleh wisatawan:

1. Jam gadang yang menjulang tinggi

bukittinggi
Jam gadang bukittinggi via wikipedia/commons

Saya akan menjelaskan mengapa jam gadang membuat wisatawan ramai ingin mengunjunginya. Jam gadang merupakan simbol dari kota bukittinggi yang terletak di tengah-tengah kota. Jam gadang yang dalam arti kamus bahasa indonesia yaitu jam besar. Jika anda berlibur ke kota bukittinggi tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke jam gadang.

Bagi pengunjung yang berkunjung ke jam gadang bisa menikmati indahnya menara jam ini mengabadikan moment  dengan berfoto yang nantinya menjadi kenang-kenangan. Selain itu, di kawasan jam gadang sering di adakan event music live dengan mendatangkan artis minang kabau yang membuat suasana menjadi ramai.

Ada yang lebih menarik lagi nih, jika pergi berlibur tentunya tak luput dari yang namanya oleh-oleh buat keluarga, teman, sahabat. Di sekitar jam gadang banyak pedagang yang menjual aksesoris berupa baju, sendal, topi, tas,  gantungan kunci, maupun lainnya. Yang identik dengan jam gadang dan kota bukittinggi.

2. Lubang jepang yang bikin penasaran

bukittinggi
Lobang jepang via wikipedia/commons

Setelah membahas jam gadang kali ini saya akan menjelaskan tentang lubang jepang yang tidak kalah ramai dikunjungi oleh pengunjung. Lubang jepang kalau kedengaran udah jelas ya lubang yang dibangun oleh orang jepang.  Oke baiklah saya akan menjelaskan yang lebih detail tentang lubang jepang. Lubang jepang awalnya dibangun oleh jepang pada tahun 1942 yang menjadi pertahanan yang di kerjakan oleh para romusha yang berasal dari jawa, kalimantan, juga sulawesi.

Pada saat ini lubang jepang menjadi tempat wisata karena besarnya rasa ingin tahu wisatawan tentang lubang jepang. Lubang jepang mempunyai banyak ruangan dan juga lorong terowongan yang bisa tembus ke lokasi lainnya. Adapun ruangan di lubang jepang yaitu ruang penyergapan, ruang penjara,  ruang pengintaian, dan juga ruang penyimpanan senjata.

Loading...
bukittinggi
Lobang jepang via wikipedia/commons

Karena berjalannya waktu,  sekarang di dalam lubang jepang ada tambahan seperti cafe untuk tempat bersantai menikmati berbagai macam minuman dan makanan.

Yang  membuat wisatawan semakin enjoy dalam menikmati liburan. Bukan itu saja, yang lebih menariknya lagi untuk muda mudi sudah ada mini theater.

Hanya sekedar info, waktu saya berkunjung ke sini harga tiket masuk pada saat itu sekitar enam ribu rupiah saja. Bagi anda yang menggunakan tenaga pemandu wisata maka anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar dua puluh ribu rupiah.

Menurut saya, bagi anda pemula yang berkunjung ke tempat wisata ini alangkah baiknya menggunakan tenaga pemandu. Agar  mendapatkan info yang lebih lengkap tentang lubang jepang dan yang lebih penting lagi agar anda tidak tersesat karena terowongannya yang begitu membingungkan.

Setelah beberapa jam mengelilingi lubang jepang anda juga bisa membeli cideramata khas dari sini untuk itu anda berpindah ke panorama. Disana banyak penjual cinderamata yang sesuai dengan yang anda suka. Tentunya, dengan harga yang terjangkau dan tidak menguras kocek anda.

3. Ngarai sianok yang kaya akan perpohonan nan hijau

bukittinggi
Ngarai sianok via http://moretiffanikoe.blogspot.com

Nah kali ini, kita masuk ke pembahasan tentang ngarai sianok. Ngarai sianok yang artinya lembah yang curam dan berbatasan kota bukittinggi. Disini anda bisa memanjakan mata anda dengan indah alam yang hijau, udara yang sejuk yang baik untuk kesehatan anda.

Selain itu, ngarai sianok mempunyai panorama alam yang membuat anda lebih rileks dengan adanya perpohonan nan hijau yang memanjakan mata anda.

Tentunya anda ingin mengetahui berapa budget yang anda keluarkan untuk mengunjungi wisata yang satu ini. Anda cukup mengeluarkan empat ribuan saja ya per orangnya.

4. Benteng fort de cock yang indah

bukittinggi

Tempat wisata yang satu ini adalah benteng belanda yang dahulu berfungsi sebagai benteng pertahanan dalam menghadapi perlawanan terhadap rakyat minang kabau. Tetapi, pada saat ini ukuran benteng tidak sebesar dulu. Benteng fort de cock sekarang telah direnovasi dengan cat dinding putih dan hijau. Pada sudut bangunannya terdapat meriam jaman penjajahan dahulu.

Jika wisatawan ingin menaiki benteng ini sampai ke puncak atas maka wisatawan bisa melihat keindahan pepohonan yang hijau, udara yang sejuk sehingga dijamin melepaskan stres yang dikarenakan kesibukan pekerjaan anda ya.

5. Taman margasatwa dan kinantan yang ramai akan satwa langka

bukittinggi
Taman margasatwa dan kinantan via http://baritominang.blogspot.com

Bagi anda yang membawa sang buah hati bagus sekali mengajak mereka ke tempat wisata yang satu ini. Dikarenakan anda bisa mengenalkan berbagai macam-macam hewan yang ada di taman margawasatwa ini secara langsung. Ini sangat bagus untuk sensorik otak balita maupun anak anda ya.

Mereka bisa melihat langsung hewan-hewan yang selama ini mereka ketahui di sekolah, di rumah maupun melalui televisi. Maka dari itu membuat mereka lebih tahu secara langsung.

Selain itu, anda juga mendapatakan pengatuhan tentang hewan-hewan apa saja yang ada di pulau sumatra. Taman margasatwa sekarang juga museum zoologi juga loh. Museum zoologi di dalamnya terdapat hewan-hewan yang sudah di awetkan oleh ilmuwan mulai dari  burung, harimau, buaya, ular dan juga berbagai macam jenis orang hutan. Anda bisa melihat secara langsung hewan-hewan tersebut secara dekat loh tanpa takut di terkam.

Taman margasatwa juga aquarium juga loh, bagi anda yang sangat hobi koleksi berbagai macam ikan anda disini menemui jenis ikan baru. Ikan-ikan yang ada di aquarium ini sangat bervariasi dan juga unik yang membuat pengetahuan anda lebih.

Baiklah sekarang saya akan memberitahu anda berapa budget yang anda keluarkan untuk memasuki taman margasatwa dan kinantan. Pada saat hari biasa anda cukup mengeluarkan lima ribu rupiah saja sedangkan di hari libur atau weekend anda membayar delapan ribu rupiah saja. Cukup murah bukan? Dan untuk memasuki kawasan aquarium anda dikenakan biaya cukup seribu rupiah saja.

6. Rumah adat banjuang puti bunsu kaya akan budaya khas minang kabau

Rumah Adat Baanjuang
Rumah adat baanjuang via http://www.indonesiakaya.com

Karena anda sudah memasuki taman margasatwa  dan kinantan sangat disayangkan jika anda tidak mengunjungi rumah adat banjuang puti bunsu ini. Karena di dalamnya banyak sekali benda-benda pusaka ranah minang dan berbagai macam budaya minang.

Isi rumah adat berupa perlengkapan pertanian yang di gunakan oleh petani pada jaman dulu. Selain itu, pakaian pengantin khas minang kabau beserta perhiasan yang digunakan pengantin putra dan putri minang. Ada juga pajangan pelamin khas minang beserta patungnya. Bukan hanya itu saja ada juga macam-macam uang kuno yang ada di jaman dahulu sangat menarik ya.

Jika anda memasuki ruamah adat banjuang puti bunsu ini dijamin sangat bahagia karena anda bisa melihat secara langsung apa saja khas minang kabau. Nilai plusnya, di dalam rumah adat banjuang puti bunsu ini ada orang yang bisa menjelaskan jika ada yang ingin anda tanyakan. Anda juga bisa mengabadikan moment selama di rumah adat banjuang puti bunsu dengan baik.

7. Air terjun lembah anai dengan air yang menyejukkan

Air terjun lembah anai adalah air terjun yang berukuran tidak terlalu besar yang berada di pinggiran jalan kota bukittinggi menuju kota padang. Anda bisa mandi di sekitar air terjun dengan air murni dari alam yang sangat sejuk dan juga bagus untuk kesehatan. Air terjun ini memanjakan mata para wisatawan karena pesona alam yang begitu indah.

Nah, tidak lengkap rasanya jika anda tidak berfoto bukan. Anda bisa berfoto selfie maupun bareng keluarga anda.

8. Pasar ateh ( atas ), pasar lereng, pasar bawah yang penuh dengan berbagai macam makanan khas bukittinggi

tempat wisata bukittinggi
Pasar ateh bukittinggi via https://islandcapitol.wordpress.com

Di bukittinggi, ada 3 pasar yang masing-masing berbeda yang di jual oleh pedagangnya. Pasar atas terdapat berhadapan dengan jam gadang yang biasanya di penuhi dengan jualan oleh-oleh khas bukittinggi. Juga ada barang-barang lainnya.

Sedangkan pasar lereng yaitu pasar yang jalannya miring biasanya menjual berbagai macam barang juga. Lalu pasar bawah setelah melewati pasar lereng anda akan memasuki pasar bawah yang menjual berbagai macam makanan maupun bumbu masakan. Dipasar bawah anda akan menemukan bendi yaitu sejenis delman. Anda bisa menaiki bendi ini sesuai rute jalanan yang anda inginkan sambil menikmati jalanan bukittinggi.

Singakat cerita, setelah menjelaskan tempat wisata yang paling populer di bukittinggi saya akan menjelaskan tentang makanan apa saja yang bisa memanjakan lidah anda. Berikut makanan khas bukittinggi:

  1. Nasi kapau yang memanjakan lidah anda

    tempat wisata bukittinggi

Dari namanya sedikit membingungkan ya, oke baiklah saya akan membantu memecahkan kebingungan anda. Nasi kapau adalah nasi ramas khas dari nagari kapau, sumatra barat dan terkenal dengan kenikmatan yang luar biasa. Di dalam sebungkus nasi kapau berisi nasi, sambal, dan juga berbagai macam lauk pauk khas kapau. Berupa gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cincang, gulai bebek, gulai paruik.

Menu lauk pauk nasi kapau tidak hanya semua gulai ya ada juga ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado. Selain itu variasi lauk pauknya ada juga dendeng batokok ( di pukul ), belut balado. Dan yang paling spesial menunya yaitu rendang. Rendang sangat terkenal dengan khas masakan sumatra barat.

Jika anda tertarik untuk menyicipi nikmatnya nasi kapau maka anda menyiapkan uang sekitar dua puluh ribu rupiah saja ya. bisa memilih lauk pauk sesuai dengan keinginan anda. Tapi bagi penderita kolestrol tinggi jangan terlalu banyak menambahkan kuah santan nya ya.

  1. Kerupuk sanjai nan gurih bikin ketagihan wisatawan

Nah, kerupuk sanjai sangat terkenal juga loh bagian dari khas oleh-oleh dari kota bukittinggi. Kerupuk sanjai terbuat dari singkong yang di oleh orang-orang profesional menjadi kerupuk yang gurih. Macam-macam kerupuk sanjai sangat bervariasi ada yang pedas, asin, original, dan juga ada juga yang manis juga.

Kerupuk sanjai bisa anda nikmati langsung atau anda bisa mencampurkan kerupuk sanjai ketika anda makan sate, lontong, soto atau pun makanan lainnya yang sesuai dengan selera anda. Kerupuk sanjai di bukitinggi sangat berbeda dengan kerupuk-kerupuk lainnya karena mempunyai cita rasa sendiri yang membuat kita ketagihan.

  1. Sate danguang-danguang yang menggoyang lidah wisatawan

    Sate Danguang-danguang bukittinggi

Bagi anda yang pecinta sate, silahkan mencoba  sate danguang danguang. Sate ini banyak ditemukan di Payakumbuh. Namun, di Bukittinggi pada malam hari ada gerobak yang menjual sate jenis ini. Yang membedakan dengan sate pada umumnya, sate ini daging tipis-tipis yang sudah menyerap bumbu yang mengandung kelapa. Untuk kuahnya dibumbui dengan bumbu rahasia yang resepnya sudah dari nennek moyang katanya sih. Rasanya tidak terlalu pedas tapi membuat kita makin nagih.

Sate disajikan menggunakan piring plastik kecil yang dilapis daun pisang bersama beberapa potong lontong dan juga beberapa tusuk daging satenya. Nah, bagi kamu yang sudah membeli kerupuk sanjai kamu dapat menaburkan kerupuknya di atas satenya. Cobain deh dijamin kamu pasti suka. Jangan lupa di tambahkan kuah karinya biar makin mantap.

  1. Es tebak bikin segar pada saat panasnya terik matahari

    Es tebak bukittinggi

Ayo tebak, apa sih es tebak itu? Es tebak adalah nama es khas di bukittinggi yang hampir sama dengan es campur. Biasanya ada beberapa penjual sate danguang-danguang juga menjual es tebak. Biasanya gerobaknya gandengan jadi jika anda mesan sate danguang-dangaung anda juga memesan es tebak. Terasa komplit bukan? Setelah pedes-pedasan anda bisa menikmati segarnya es tebak.

Biasanya sih, es Tebak  isinya berbagai macam campuran agar-agar, sejenis cendol, tape, dan potongan roti tawar  kemudian diberi es serut yang menggunung. Bukan itu saja yang lebih menariknya lagi es tebak  disiram susu kental manis dan sirup manis sehingga membuat cita rasanya semakin nikmat.

  1. Cindua langkok mempunyai tekstur yang lembut sehingga pecah di mulut

Cindua langkok yang artinya cendol lengkap guys. Cendol langkok mempunyai dua warna yang berbeda yaitu ada warna merah muda dan juga hijau yang teksturnya lunak. Ada juga lupisnya, lupis adalah terbuat dari pulut putih lalu di atasnya di taburi kelapa putih. Lalu untuk satu mangkok cindua langkok ada lupis, 2 warna cendol yang berbeda, lalu gula merah, dan tidak ketinggalan ada santan yang membuat rasanya semakin gurih.

  1. Ampiang dadiah dengan cita rasa yang berbeda bikin penasaran

Ampiang dadiah ini juga terkenal di bukittinggi. Ampaing dadiah adalah emping dengan susu fermentasi kerbau, biasanya sering di temukan di rumah makan padang atau pasar atas.  Bagi yang penasaran dengan rasanya silahkan di coba. Hitung-hitung menambah pengetahuan kan ya.

  1. Kopi Kawa daun yang bikin hangat

    Kopi kawa bukittinggi
    Kopi kawa via http://raunraunyuk.blogspot.com

Beberapa  tahun belakangan ini kopi kawa daun sangat hangat menjadi perbincangan orang loh. Banyak yang penasaran dengan kopi kawa daun maka pada saat baru keluar selalu ramai pengunjung di setiap penjual yang menjual kopi kawa daun. Selain itu, para penjual mengkreasikan tempat duduknya yaitu dengan terbuat dari kayu sehingga ada juga tempat lesehannya.

Biasanya kopi kawa daun dibuka pada saat sore hari. Jadi semakin dinginnya cuaca bukittinggi di hangatin dengan minum kopi kawa daun. Kopi kawa daun terbuat dari daun kopi lalu direbus sehingga rasanya pun bukan rasa kopi tapi serasa minum teh tetapi ada rasa kopinya juga.

Kopi kawa daun bisa di tambahkan susu kental putih juga loh. Bagi yang ingin lebih konsentrasi dengan rasa originalnya juga bisa kopi kawa daun dengan gula pasir saja. Jika yang ingin pake telur juga bisa namanya kopi kawa daun telur jadi silahkan anda pesan sesuai keinginan anda ya.

Tidak lengkap jika minum kopi kawa daun tanpa ada makanan pedamping. Biasanya, si penjual juga menyediakan berbagai macam gorengan mulai dari goreng pisang, goreng tahu, goreng ubi. Bukan hanya itu saja biasanya juga sala lauak. Sala lauak adalah gorengan khas sumatra barat loh. Yang komposisinya tepung, berbagai macam bawang-bawangan dan adanya ikan di giling. Wah semakin lengkap ya, cuaca dingin perut demo minta di isi dengan yang hangat-hangat.

Kesimpulan dari liburan ke bukittinggi

Anda tentunya mencari hari libur yang tepat. Selain itu anda juga mempersiapkan budget yang pas agar perjalanan anda semakin puas bisa berkunjung ke pusat wisata yang ada di bukittinggi. Anda bisa memilih ke mana tujuan tempat wisata yang ingin anda kunjungi. Setelah itu anda juga memilih makanan khas bukittinggi sesuai dengan selera anda. Dan yang lebih penting sesuai dengan kesehatan anda ya. Selamat menikmati.

Referensi lain : Hutan Magrove Kulon Progo



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

  1. saya pernah membaca artikel tentang lubang Jepang, katanya disitu angker banyak kejadian-kejadian gaib, itu bener gak sih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *