tempat usaha

Anda Pedagang Pemula? Pilih Kios Sebagai Tempat Usaha Anda

Salah satu kunci dalam kesuksesan berdagang adalah tempat usaha. Memilih tempat strategis akan memiliki peluang lebih besar untuk dilirik pelanggan dibandingkan dengan tempat usaha yang terpencil.

Hal inilah yang menyebabkan pedagang berbondong-bondong mendapatkan tempat usaha yang strategis agar barang dagangannya laris terjual.

Walaupun banyak pedagang menginginkan tempat usaha yang strategis tapi tidak semua dapat mengabulkannya. Salah satu kendala besar yang dijadikan faktor penghambat adalah masalah biaya. Terlebih jika pedagang tersebut adalah pedagang baru. Jangankan untuk membeli, sekadar menyewa tempat saja akan menyedot modal yang tidak sedikit.

Jika Anda tergolong pedagang baru alias baru terjun ke dunia usaha, tapi menginginkan tempat yang strategis, usahakan agar memilih tempat usaha yang tidak permanen terlebih dahulu. Lebih baik kita mencoba mengetes pasar lebih dahulu dengan berjualan di area yang kecil seperti di kios atau sering disebut dengan lapak yang biasanya lokasinya strategis.

Selain menghemat pengeluaran, juga untuk mengetahui apakah lokasi penjualan kita bakal cocok dengan barang-barang yang akan kita jual nantinya.

tempat usaha
Lapak suku cadang motor antik via merdeka.com

Berikut beberapa keuntungan berjualan di kios atau lapak

1. Harga lebih terjangkau

Seperti disebutkan di atas, harga sewa di kios lebih murah dibanding tempat usaha lain apalagi dengan harga sewa toko. Dimana harga sewa toko dengan kios bisa terpaut sampai 80%. Itu sebabnya banyak pedagang yang lebih memilih menyewa banyak kios di bandingkan dengan menyewa toko.

Dengan harga sewa yang lebih murah membuat para pedagang dengan mudah memberikan penawaran harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat di bandingkan dengan tempat usaha yang lain.

Loading...

2. Waktu sewa yang relatif singkat

Berbeda dengan toko atau bagunan permanen yang menerapkan aturan penyewaan minimal satu tahun, di kios biasanya pedagang akan diberikan waktu oleh manajemen pusat perbelanjaan selama 3 bulan untuk penyewaan pertama kali. Kalau jualan sepi, pedagang bisa tidak meneruskan sewa atau pindah lokasi.

3. Tempat Strategis

Kita ketahui kios pada umumnya berada pada lokasi strategis. Entah itu berada di pasar modern atau di kios mal yang memang terkenal mempunyai basis calon pembeli yang besar.

4. Lebih fleksibel

Walaupun kios di pusat perbelanjaan modern kesannya adalah tempat ‘pinggiran’, tapi justru itulah yang membuatnnya fleksibel di mata pembeli. Dimana calon pembeli akan mudah menghampiri barang yang dijual tanpa harus berpikir panjang seperti kalau masuk ke toko.

Lalu bagaimana caranya agar usaha kita berkembang ketika membuka usaha di kios?

Kiat membuka tempat usaha di kios atau lapak

tempat usaha
Lapak baju pinggir jalan via bisnis.news.viva.co.id

1. Tentukan produk atau barang yang hendak dijual

Hal ini sangat penting karena untuk menyasar pembeli kita harus tahu produk atau barang apa yang akan kita jual. Apakah merupakan kebutuhan banyak orang? Atau hanya untuk kalangan tertentu saja?

2. Tentukan harga produk dengan karakteristik pembeli dan tempat jualan
Jika sasaran pembeli kita adalah kalangan masyarakat menengah ke bawah dan produk yang dijual terbilang murah maka ada baiknya kita memilih tempat atau kios di pasar modern yang harganya relatif terjangkau dan banyak dilalui calon pembeli.

Tapi, jika sasaran pembeli kita adalah masyarakat ke atas ada dan harga produk tersebut mahal, maka kita bisa memilih kios di mal yang juga banyak dikunjungi kalangan masyarakat kelas menengah ke atas.

3. Lakukan survei

Yaitu melihat adakah kompetitor di tempat kita memulai usaha. Sebab jika persaingan begitu ketat, kita sebagai pedagang pemula harus siap bersaing dengan pemain lama. Dimana dengan ikut berkompetisi kita harus meningkatkan layanan dan kualitas produk dibandingkan dengan kompetitor.

4. Penyewaan langsung tanpa perantara

Hal ini tentu saja berkaitan dengan biaya, dimana menyewa kios secara langsung dengan manajemen mal atau pusat perbelanjaan akan lebih murah dibandingkan dengan Event Organizer (EO).

5. Pilih lokasi yang strategis

Ya, ini yang sangat menentukan. Pilihlah lokasi berjualan yang strategis, yakni yang banyak dilalui orang, seperti: dekat dengan tangga berjalan (ekskalator), lift, pintu masuk, dan dekat arena bermain anak-anak. Dimana dengan posisi yang strategis akan membuat pengunjung setidaknya tahu tentang keberadaan kios kita.

Baca juga : Investasi Benda Seni Menawarkan Keuntungan Berlipat Ganda

Tapi tentunya anda harus siap dengan hara sewa yang lebih mahal di bandingkan dengan harga sewa kios di posisi lain.


Loading...

Bagikan

ionenasition

Penulis

Seorang Pekerja Yang Tergila-gila Dengan Dunia Tulis Menulis. Anda Dapat Menjumpai Saya Di: https://www.instagram.com/ionenasution/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *